Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya Terbaru

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya - Gelombang merupakan getaran yg bisa merambat. Gelombang tadi bisa dibagi sebagai 2 kategori yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Salah satu gelombang yang seringkali kita jumpai merupakan gelombang transversal. Gelombang transversal adalah jenis gelombang yang mempunyai arah getaran serta arah rambatnya saling tegak lurus. Jenis gelombang ini termasuk kedalam jenis gelombang mekanik karena perambatannya memerlukan medium. Selain itu adapula rumus gelombang transversal yang disertai menggunakan contoh soal gelombang transversal.
Gelombang transversal dapat diklaim sebagai Puncak Gelombang (titik paling tinggi yg masih ada pada gelombang), Simpangan (jarak antara titik gelombang yg posisinya setimbang), Bukit Gelombang (lengkungan yang letaknya diatas dengan posisi setimbang), Amplitudo (jeda antara pucak dengan dasar gelombang yang mempunyai posisi setimbang), Lembah Gelombang (lengkungan yg letaknya dibawah dengan posisi setimbang), serta Dasar Gelombang (titik paling rendah yg masih ada pada gelombang). Kali ini saya akan menjelaskan mengenai rumus gelombang transversal lengkap menggunakan model soal gelombang transversal. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya

Sebelum membahas rumus gelombang transversal serta model soal gelombang transversal, saya akan mengungkapkan sedikit tentang contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari hari. Contoh gelombang transversal dapat kita jumpai pada air yang menerima gangguan maka akan menyebabkan sebuah gelombang. Selain itu, gelombang transversal pula masih ada dalam gelombang tali, gelombang yg terdapat di dalam danau, serta gelombang pada ombak bahari.
Baca jua : Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya

Rumus Gelombang Transversal

Untuk menghitung besarnya gelombang transversal dapat menggunakan rumus gelombangnya. Di bawah ini terdapat rumus gelombang transversal sebagai berikut:
Keterangan rumus gelombang transversal di atas:
λ (Lamda) = panjang gelombang (m)
V = cepat rambat gelombang (m/s)
f = frekuensi gelombang (sekon atau dtk)
n = jumlah gelombang
t = ketika (sekon atau dtk)
Baca jua : Bunyi serta Rumus Hukum Archimedes

Contoh Soal Gelombang Transversal

Untuk lebih tahu tentang gelombang transversal, aku jua akan membagikan beberapa contoh soalnya. Berikut beberapa contoh soal gelombang transversal:

1. Sebuah tali digetarkan sampai menciptakan gelombang yang panjangnya 50 cm. Apabila periode gelombangnya mempunyai akbar 3 sekon, maka berapakah cepar rambat gelombangnya?

Pembahasan
Diketahui : λ = 50 centimeter = 0.5 m; t = tiga sekon
Ditanya : V = ?
Jawab :
V = λ / t
   = 0,lima/3
   = 0,167 m/s

2. Sebuah gelombang melakukan 240 kali getaran dengan ketika 2 menit. Apabila panjang gelombangnya 3 meter. Berapakah besar cepat rambat gelombangnya?

Pembahasan
Diketahui : n = 240 kali; t = dua mnt = 120 sekon; λ = 3 m
Ditanya : V = ?
Jawab :
Sebelumnya kita cari nilai frekuensi gelombangnya terlebih dahulu
f = n/t
  = 240/120 = dua Hz
Lalu masukan kedalam rumus gelombang transversal
V = λ x f
    = tiga x 2
    = 6 m/s

Demikianlah penjelasan mengenai rumus gelombang transversal bersama model soal gelombang transversal. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru