Rumus Kapasitor Lengkap Dengan Contoh Soal Kapasitor Terbaru

Rumus Kapasitor Lengkap Dengan Contoh Soal Kapasitor - Dalam pelajaran Elektronika masih ada materi pembelajaran Kapasitor. Mungkin anda pernah mendengar komponen elektronika yang satu ini. Apa sebenarnya kapasitor itu? Bagaimana menyelesaikan model soal kapasitor? Apa saja rumus kapasitor? Kapasitor merupakan benda yg digunakan sebagai tempat penyimpanan muatan listrik. Kapasitor mempunyai dua pelat konduktor yg dipasang dengan cara berdekatan, umumnya dari menurut perak ataupun alumunium. Pelat konduktor pada kapasitor dipisahkan dengan medium dielektrik supaya muatan listrik bisa mengalir.
Kita bisa menjumpai penggunaan kapasitor pada lampu flash kamera ataupun papan sirkuit elektrik yang masih ada dalam komputer. Kapasitor memang dipakai untuk menyimpan muatan listrik, namun hanya bersifat sementara. Selain itu kapasitor juga bermanfaat buat penyaring daya listrik yg masuk, menjadi alat penyekat arus listrik searah, sebagai penghilang bunga api pada sistem pengapian mobil, dan masih poly lagi. Nah pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai rumus kapasitor lengkap dengan model soal kapasitornya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada bawah ini.

Rumus Kapasitor Lengkap Dengan Contoh Soal Kapasitor

Sebelum membahas tentang rumus kapasitor dan model soal kapasitor, aku akan mengungkapkan secara singkat mengenai kapasitor terlebih dahulu. Kapasitor merupakan benda yang digunakan menjadi loka penyimpanan muatan listrik. Kapasitor tersebut memiliki 2 pelat konduktor yg saling berdekatan tetapi nir saling bersentuhan. Kapasitor disimbolkan dengan huruf C. Berdasarkan ilmu elektro, Kapasitor dilambangkan dengan 2 garis sejajar yang luas serta dipisahikan menggunakan jarak. Adapun simbol kapasitor misalnya gambat berikut ini:
Baca jua : Pengertian Resistor, Jenis Resistor serta Fungsi Resistor Lengkap

Rumus Kapasitor

Berdasarkan bentuknya, kapasitor bisa dibagi sebagai 3 jenis yaitu kapasitas kapasitor, kapasitor bola, dan kapasitor keping sejajar. Setiap jenis kapasitor memiliki rumus kapasitornya masing masing. Hal ini dikarenakan penggunaan rumus pada contoh soal kapasitor juga berbeda beda. Berikut penerangan masing masing rumusnya:

Rumus Kapasitas Kapasitor
Kapasitas kapasitor adalah kemampuan kapasitor pada menyimpan muatan listrik. Kapasitas kapasitor dapat diartikan sebagai perbandingan permanen muatan Q pada Kapasitor menggunakan Beda Potensial antara 2 konduktor. Jika pada sederhanakan, maka akan sebagai rumus kapasitor pada bawah ini:
Keterangan:
C = Kapasitas Kapasitor (Farad)
Q = Muatan Listrik (Coulomb)
V = Beda potensial disetiap ujungnya (Volt)

Berdasarkan rumus kapasitor diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa nilai kapasitas kapasitor adalah perbandingan muatan listrik dengan beda potensial. Meski begitu, besar kapasitas dalam kapasitor dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu jenis material insulator (pemisah), posisi, bentuk dan ukuran ke 2 kepingnya.

Rumus Kapasitor Keping Sejajar
Kapasitor keping sejajar ialah jenis kapasitor yg terbuat berdasarkan dua keping konduktor dengan luas yg sama serta dipasang saling sejajar. Adapun rumus kapasitor keping sejajar menjadi berikut:
Keterangan:
C = Kapasitas Kapasitor (Farad)
ε0 = Permitivitas Ruang Hampa (8,85.10ˉˡ² C²/Nm²)
A = Luas Penampang pada setiap keping (m²)
d = Jarak antar keping
Baca jua : Jenis, Fungsi, serta Rumus Transformator (Trafo)
Biasanya rumus kapasitor keping sejajar digunakan buat menghitung nilai keping yg terisi udara. Namun bila isi keping berasal berdasarkan bahan medium dielektrik (miki, keramik serta porselen), maka wajib dibubuhi dengan koefisien dielektrik K. Apabila disederhanakan akan sebagai rumus kapasitor dibawah ini:

Rumus Kapasitas Kapasitor Bola
Selanjutnya masih ada rumus kapasitor bola. Kapasitor ini memiliki bentuk misalnya bola. Adapun rumus kapasitas kapasitor bola yaitu:
Keterangan:
C = Kapasitas Kapasitor (Farad)
ε0 = Permitivitas Ruang Hampa (8,85.10ˉˡ² C²/Nm²)

Contoh Soal Kapasitor

Agar anda lebih paham mengenai kapasitor, saya akan memberikan model soal kapasitor bersama pembahasannya. Berikut contoh soalnya:

Suatu kapasitor mempunyai akbar kapasitas 0,6 μF yg bermuatan dengan baterai kapasitas 25 Volt. Berapakan besar muatan yang terdapat dalam Kapasitor tadi?

Diketahui : C = 0,6 μF = 6 x 10ˉ⁷ F; V = 25 Volt
Ditanyakan : Q = ?
Jawab:
          C = Q/V
6 x 10ˉ⁷ = Q/25
          Q = 6 x 10ˉ⁷ x 25
          Q = 1,lima x 10ˉ⁵ Coulomb
Jadi akbar muatan dalam kapasitor tersebut artinya 1,5 x 10ˉ⁵ Coulomb.

Sekian penerangan tentang rumus kapasitor dan model soal kapasitor lengkap. Kapasitor memiliki pengertian yaitu sebuah benda yang bisa menyimpan muatan listrik. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru