Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal Cara Cepat Terbaru

Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat) - Dalam materi Fisika kita seringkali mendengar istilah suhu. Suhu tadi memiliki satuan Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin. Skala suhu tersebut memiliki besar yg tidak sama beda. Selain itu skala suhu ini acapkali dijadikan sebagai soal soal ujian sekolah. Maka menurut itu setiap siswa diharapkan supaya dapat memahami rumus konversi suhu serta menerapkannya pada model soal konversi suhu. Sering kali para siswa dihadapkan dalam soal konversi skala suhu celcius sebagai fahrenheit, serta lain sebagainya.
Suhu ialah ukuran atau strata panas dan dingin sebuah benda. Untuk mengukur besarnya suhu umumnya memakai alat bernama Thermometer. Alat ukur tersebut dapat dipakai buat mengukur suhu badan seseorang maupun suhu benda eksklusif. Kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus konversi suhu dan contoh soal konversi suhu. Langsung saja bisa anda simak pada bawah ini.

Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)

Sebelum membahas tentang rumus konversi suhu dan contoh soal konversi suhu, saya akan mengungkapkan macam macam skala suhu terlebih dahulu. Berikut beberapa macam skala suku beserta penjelasannya:
Baca pula : Rumus Usaha Dalam Fisika Beserta Contoh Soalnya
Skala Celcius
Skala suhu yg pertama ialah Celcius. Skala ini pertama kali ditemukan oleh Sarjana Swedia yang bernama Andreas Celcius. Skala suhu tadi mempunyai titik beku air sebesar 0ᵒC dan titik didih air sebesar 100ᵒC.

Skala Reamur
Skala suhu selanjutnya artinya Reamur. Skala suhu ini pertama kali ditemukan sang Rene Antoine Ferchault de Reaumur. Skala suhu Reamur mempunyai titik beku air sebanyak 0ᵒR dan titik didih air sebanyak 80ᵒR.

Skala Kelvin
Skala suhu selanjutnya ialah Kelvin. Skala suhu ini pertama kali ditemukan oleh Lord Kelvin. Berdasarkan pendapatnya bila suhu memiliki akbar 0ᵒ maka dianggap absolut. Suhu nol mutlak tersebut bisa diperoleh apabila partikel tidak beranjak serta nir memperoleh panas apapun. Hal ini dikarenakan kalor sebanding dengan kebutuhan energi kinetik pada partikel tadi. Besar 0ᵒK sama dengan -273,15ᵒC. Skala suhu Kelvin memiliki titik beku air 273ᵒK dan titik didih air 373ᵒK.

Skala Fahrenheit
Skala suhu yang terakhir merupakan Fahrenheit. Skala suhu ini ditemukan sang Gabriel Fahrenheit selaku ilmuan berdasarkan Jerman. Penggunaan skala suhu Fahrenheit paling poly dinegara Amerika Serikat. Fahrenheit menerapkan adonan Es dan Garam buat memperoleh titik beku air sebesar 32ᵒF serta titik didih air sebesar 212ᵒF.

Rumus Konversi Suhu

Rumus konversi suhu ini dipakai buat menyatakan suhu dalam skala eksklusif ke skala lainnya. Dengan kata lain skala suhu Celcius bisa diubah atau dikonversi sebagai skala suhu Reamur, Kelvin dan Fahrenheit ataupun kebalikannya. Berikut tabel rumus konversi suhu lengkap:

Contoh Soal Konversi Suhu

Setelah tahu rumus konversi suhu diatas, selanjutnya aku akan membagikan beberapa model soal  konversi suhu. Untuk misalnya saya mengambil skala Celcius yg dapat diubah atau dikonversi menjadi skala Reamur, Fahrenheit dan Kelvin.
Baca pula : Rumus Massa Jenis (Densitas) Beserta Satuan dan Contoh Soalnya
Konversi Skala Celcius Menjadi Reamur
Untuk model soal konversi suhu yang pertama merupakan membarui skala Celcius sebagai skala Reamur. Cara mengubahnya dapat menggunakan rumus konversi suhu dibawah ini:
R = (4/lima) C
Contoh Soalnya
Sebuah benda memiliki suhu sebesar 150ᵒC. Hitunglah besar suhu benda tersebut dalam skala Reamur!
Jawab.
R =  (4/5) C
    = 4/5 x 150
    = 120
Jadi suhu benda sebesar 150ᵒC sama menggunakan 120ᵒR.
Konversi Skala Celcius Menjadi Fahrenheit
Untuk model soal konversi suhu selanjutnya ialah mengubah skala Celcius sebagai skala Fahrenheit. Cara mengubahnya dapat menggunakan rumus konversi suhu dibawah ini:
F = (9/5) C + 32
Contoh Soalnya
Sebuah benda memiliki suhu sebanyak 150ᵒC. Hitunglah besar suhu benda tadi pada skala Fahrenheit!
Jawab.
F = (9/5) C + 32
   = (9/5 x 150) + 32
   = 270 + 32
   = 302
Jadi suhu benda sebesar 150ᵒC sama menggunakan 302ᵒF.
Konversi Skala Celcius Menjadi Kelvin
Untuk contoh soal konversi suhu selanjutnya adalah membarui skala Celcius menjadi skala Kelvin. Cara mengubahnya bisa memakai rumus konversi suhu dibawah ini:
K = C + 273
Contoh Soalnya
Sebuah benda memiliki suhu sebanyak 150ᵒC. Hitunglah akbar suhu benda tersebut dalam skala Kelvin!
Jawab.
K = C + 273
    = 150 + 273
    = 423
Jadi suhu benda sebesar 150ᵒC sama menggunakan 423ᵒK.

Sekian penerangan mengenai rumus konversi suhu serta contoh soal konversi suhu. Mengubah atau mengkonversi skala suhu yg satu dengan yg lainnya bisa dilakukan menggunakan rumus yang sinkron. Namun yang perlu kita ketahui bahwa setiap skala suhu memiliki akbar titik beku serta titik didih air yg berbeda beda. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI