Rumus Luas Permukaan dan Volume Kerucut Beserta Contoh Soal Terbaru

Rumus Luas Permukaan dan Volume Kerucut Beserta Contoh Soal - Kerucut adalah bangun ruang yang mempunyai satu rusuk serta 2 sisi. Bangun ruang ini termasuk kedalam bentuk limas istimewa. Kerucut memiliki sisi tegak yg berbentuk selimut kerucut serta nir berupa segitiga. Bangun ruang kerucut dapat kita jumpai disekeliling kita, contohnya topi ulang tahun dan sebagainya. Selain itu kerucut jua dijadikan menjadi soal soal ujian sekolah. Maka berdasarkan itu para murid diajarkan mengenai rumus luas permukaan kerucut, rumus volume kerucut bersama model soal kerucut.
Dalam ilmu Matematika memang sering kita jumpai macam macam bentuk bangun ruang juga bangun datar. Setiap bangun ruang mempunyai rumus luas bagian atas serta rumus volumenya masing masing. Seperti halnya bangun ruang kerucut ini. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menyebutkan mengenai rumus luas bagian atas kerucut dan rumus volume kerucut bersama model soal kerucut. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Luas Permukaan dan Volume Kerucut Beserta Contoh Soal

Kerucut mempunyai satu titik sudut, satu rusuk serta 2 bidang sisi yaitu alas kerucut dan selimut kerucut. Bangun ruang ini memiliki rumus luas bagian atas kerucut dan rumus volume kerucut. Berikut penerangan lengkap tentang rumus kerucut bersama model soal kerucut.
Baca juga : Metode Penyelesaian Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Lengkap

Rumus Luas Permukaan Kerucut

Hal pertama yang akan aku bahas ialah rumus luas permukaan kerucut. Rumus kerucut ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu rumus luas alas kerucut, rumus selimut kerucut dan rumus luas permukaan kerucut tadi. Alas kerucut berbentuk bulat yg memiliki jari jari. Sedangkan selimut kerucut berbentuk juring lingkaran. Untuk detail dapat anda perhatikan gambar di bawah ini.
Berdasarkan gambar diatas dapat kita peroleh 3 rumus yang berkaitan dengan luas kerucut yaitu rumus luas alas kerucut, rumus selimut kerucut serta rumus luas permukaan kerucut tersebut. Berikut rumus rumusnya:
Luas Alas Kerucut = πr²
Luas Selimut Kerucut = πrs
Luas Permukaan Kerucut = πr² + πrs atau
Luas Permukaan Kerucut = πr (r + s)
Keterangan :
π = phi, bernilai 22/7 atau tiga,14
r = jari jari alas kerucut
s = selimut kerucut

Rumus Volume Kerucut

Selain rumus luas bagian atas kerucut, adapula rumus volume kerucut. Berikut rumus kerucutnya
Volume Kerucut = 1/tiga πr²t
Keterangan :
π = phi, bernilai 22/7 atau tiga,14
r = jari jari alas kerucut
t = tinggi kerucut
Contoh Soal Kerucut
Sebuah kerucut memiliki jari jari alas 7 cm dan panjang selimut 25 centimeter. Berapakah volume dan  luas permukaan kerucut tadi?
Baca juga : Rumus Pemfaktoran Aljabar Matematika Beserta Contoh Soal
Pembahasan
Diketahui : r = 7 centimeter; s = 25 cm
Ditanyakan :  Volume dan  Luas Permukaan = ?
Jawab.
Sebelum menghitung volume kerucut, kita harus mencari tinggi kerucut terlebih dahulu. Untuk mencari tinggi kecurut bisa memakai rumus berikut
t² = s² - r²
   = 25² - 7²
   = 625 - 49
t² = 576
 t = √576
 t = 24 cm

Volume = 1/3πr²t
             = 1/3 x 22/7 x 7² x 24
             =  1.232 cm³

Luas Permukaan = πr (r + s)
                            = 22/7 x 7 (7 + 25)
                            = 22 x 32
                            = 704 cm²
Jadi volume dan luas permukaan kerucut adalah 1.232 cm³ dan 704 cm².

Demikianlah penerangan mengenai rumus luas permukaan kerucut, rumus volume kerucut serta model soal kerucut. Kerucut mempunyai satu titik sudut, satu rusuk dan dua bidang sisi. Semoga artikel ini dapat berguna. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru