Rumus Luas Permukaan dan Volume Prisma Rumus Mudah Terbaru

Rumus Luas Permukaan serta Volume Prisma (Rumus Mudah)Dalam Matematika terdapat materi tentang bangun ruang. Salah satu bangun ruang yg sering kita jumpai ialah prisma. Bangun prisma adalah bangun ruang yg memiliki alas serta tutup berbentuk segitiga dan sisi tegak yang bentuknya persegi/persegi panjang. Ada yang mengungkapkan bahwa prisma adalah bangun ruang yg mempunyai penampang melintang yang berukuran serta bentuknya hampir serupa. Bangun ruang ini memiliki rumus luas bagian atas prisma serta rumus volume prisma seperti halnya bangun ruang lainnya.
Ketika kita dibangku sekolah, terdapat materi mengenai bangun ruang ini. Bahkan para anak didik diharuskan buat mengetahui rumus rumus prisma lengkap. Hal ini dikarenakan prisma tadi seringkali digunakan sebagai soal ujian. Nah pada kesempatan kali ini aku akan mengungkapkan mengenai rumus luas permukaan prisma dan rumus volume prisma. Untuk detail bisa anda simak di bawah ini.

Rumus Luas Permukaan serta Volume Prisma (Rumus Mudah)

Sama halnya misalnya bangun datar yang mempunyai sifat dan karakteristik ciri, bangun ruang pun jua demikian. Prisma sebagai salah satu bangun ruang mempunyai aneka macam sifat dan karakteristik ciri tersendiri. Sebelum membahas mengenai rumus luas permukaan prisma dan rumus volume prisma, saya akan menjelaskan tentang karakteristik dan sifat dari prisma.
Baca pula : Kumpulan Rumus Matematika SMP Kelas 9 Beserta Penjelasan Lengkap
Berikut karakteristik dan sifat prisma menjadi berikut :
  1. Prisma mempunyai bidang sisi yg berjumlah lima sisi.
  2. Prisma memiliki titik sudut yg berjumlah enam buah.
  3. Prisma mempunyai rusuk yg berjumlah sembilan butir.
  4. Alas serta tutup prisma mempunyai bentuk yg sama dan kongruen.
  5. Sisi samping prisma mempunyai bentuk persegi panjang.
  6. Prisma memiliki rusuk rusuk yg tegak.
  7. Diagonal bidang sisi pada prisma memiliki berukuran yang sama.

Rumus Luas Permukaan Prisma

Seperti yang sudah aku bahas diatas bahwa prisma memiliki alas serta tutup yang bentuknya sama dan kongruen. Maka menurut itu buat menghitung luas permukaannya harus mengetahui nilai luas alas atau luas tutup serta luas selimutnya. Jika disimpulkan akan sebagai rumus luas bagian atas prisma misalnya dibawah ini :
Luas Permukaan = (2 x Luas Alas)+ Luas Selimut
Luas Selimut = Keliling Alas x Tinggi Prisma

Rumus Volume Prisma

Selanjutnya saya akan membahas mengenai rumus volume prisma. Untuk menghitung volume prisma, anda hanya cukup mengalikan luas alas prisma dengan tinggi prisma. Jika disederhanakan akan menjadi rumus dibawah ini :
Volume = Luas Alas x Tinggi
Contoh Soal bangun prisma
Bangun prisma mempunyai volume 480 cm3. Apabila alas prisma berbentuk segitiga siku siku menggunakan panjang sisi 12 centimeter dan tinggi alas 16 cm. Hitunglah akbar tinggi prismanya!
Baca pula : Rumus Debit Air Beserta Cara Menghitungnya Dengan Benar
Pembahasan.
Diketahui : V = 480 cm3; a = 12 cm; t = 16 cm
Ditanyakan : Tinggi prisma = ?
Jawab :
Volume = Luas Alas x Tinggi
480 = (1/2 x a x t) x Tinggi
480 = (1/2 x 12 x 16)x Tinggi
480 = 96 x Tinggi
Tinggi = 480/96
Tinggi = lima cm
Jadi tinggi prisma merupakan lima centimeter.
Sekian penerangan mengenai rumus luas bagian atas prisma serta rumus volume prisma. Saya jua menyertakan model soalnya supaya anda memahami rumus prisma diatas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru