Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya Terbaru

Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya - Bunyi adalah getaran yg dapat merambat pada zat cair, gas maupun padat. Bunyi yg merambat dalam zat (cair, padat, gas) mempunyai kecepatan yg tidak sinkron beda. Untuk zat cair memiliki kecepatan perambatan bunyi sekitar 1400 meter per sekon menggunakan suhu 15ᵒC. Sedangkan buat zat gas memiliki kecepatan perambatan suara kurang lebih 340 meter per sekon menggunakan suhu 15ᵒC. Tetapi apabila suhunya 0ᵒC akan menciptakan pelambatan kecepatan lebih kurang 332 meter. Semua itu bisa dicari memakai rumus pemantulan bunyi. Selain itu anda jua dapat memahaminya pada contoh soal pemantulan bunyi.
Bunyi jua dapat dipantulkan menuju dinding pemantul. Prinsip dalam perambatan dan pemantulan bunyi diterapkan pada alat yang dipakai buat mengukur kedalaman laut. Selain itu, prinsip ini jua dipakai buat mengukur jeda antara 2 tempat yang memiliki tebing/dinding pemantul. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang rumus pemantulan suara bersama contoh soal pemantulan suara. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak di bawah ini.

Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya

Pemantulan bunyi bisa bermanfaat dalam kehiduoan sehari hari yaitu untuk memilih jarak keretakan logam yang terdapat dalam mesin atau pipa, buat memilih kesehatan dan jenis kelamin pada bayi memakai gelombang ultrasonik dalam alat USG, dan buat mengukur dalamnya bahari melalui gelombang sonar. Dibawah ini terdapat rumus pemantulan bunyi buat mengetahui jarak atau kedalaman berdasarkan asal bunyi menuju bendanya.
Keterangan Rumus Pemantulan Bunyi pada atas:
S = jeda asal bunyi dengan bendanya (m)
v = cepat rambat suara melewati medium (m/s)
t = waktu pemantulan (sekon)
Baca pula : Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya
Contoh Soal Pemantulan Bunyi
Untuk lebih tahu rumus pemantulan suara di atas, saya akan menaruh beberapa model soal pemantulan bunyi. Berikut contoh soal pemantulan bunyi :
1. Sebuah kapal memancarkan gelombang sonar menuju pada laut buat mencari harta karun. Cepat rambat suara sonar tersebut sekitar 2.800 m/s. Jika dalam waktu 4 sekon gelombang tadi dapat ditangkap pulang sang receiver. Maka berapakah kedalaman lautnya?
Pembahasan
Diketahui : v = 2800 m/s; t = 4 sekon
Ditanyakan : S = ?
Jawab:
S = (v x t) / 2
   = (2.800 x 4) / 2
   = 11.200/2
   = 5.600 m = lima,6 km
2. Sebuah kapal laut bisa memancarkan sonar dalam saat 3 detik sesudah gelombangnya kembali diterima menggunakan kedalaman 3000 meter. Berapakah besar cepat rambat bunyi sonar didalam laut?
Pembahasan
Diketahui : S = 3.000 m; t = 3 sekon
Ditanyakan : v = ?
Jawab:
       S = (v x t) / 2
3.000 = (v x 3) / 2
6.000 = v x 3
       v = 6.000/tiga = dua.000 m/s
Baca pula : Hubungan Antara Gaya serta Gerak Beserta Penjelasan
3. Ketika Riko sedang mendaki gunung ia berteriak didepan tebing. Kemudian ia mendengar suaranya pulang pada waktu 3 dtk. Berapakah jeda antara Riko dengan tebing tadi? (Jika cepat rambat suara yg berada diudara sekitar 360 m/s)
Pembahasan
Diketahui : v = 360 m/s; t = 3 sekon
Ditanyakan : S = ?
Jawab:
S = (v x t) / 2
   = (360 x 3) / 2
   = 1.080/2
   = 540 m
4. Ani berteriak didepan dinding pantul dan dapat mendengarkan suaranya lagi. Jika Ani berdiri didepan dinding dengan jarak 150 meter dan besar cepat rambat bunyi diudara 300 m/s. Berapakan waktu pemantulan bunyi Ani?
Pembahasan
Diketahui : v = 300 m/s; S = 150 m
Ditanyakan : t = ?
Jawab:
    S = (v x t) / 2
150 = (300 x t) / 2
300 = 300 x t
    t = 300/300
    t = 1 sekon
Demikianlah penerangan tentang rumus pemantulan suara bersama contoh soal pemantulan suara. Semoga artikel ini dapat berguna. Pada dasarnya rumus suara ini jua bisa kita pelajari menggunakan mudah melalui media kitab pegangan anak didik yg terdapat di sekolah.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI