Rumus Proyeksi Penduduk

Jumlah penduduk dalam suatu wilayah atau negara pasti berubah seiring berjalannya waktu. Pertumbuhan penduduk ditentukan oleh beberapa faktor seperti kelahiran, kematian serta migrasi. Untuk meramalkan jumlah penduduk di masa yang akan tiba maka dibuatlah rumus proyeksi penduduk. Baca jua: Ciri daerah sub urban fringe

Proyeksi penduduk merupakan perhitungan jumlah penduduk pada masa yang akan datang dari asumsi perkembangan kelahiran, kematian dan migrasi. Di Indonesia data penduduk yg digunakan dan dipercaya buat keperluan proyeksi berasal dari sensus penduduk yg diselenggarakan pada tahun yg berakhir "0" serta survey antar sensus yang berakhir "5". Proyeksi ini dipakai untuk kepentingan pembangunan seperti perencanaan jangka pendek, menengah serta panjang. Perencanaan pembangunan tadi dapat berupa fasilitas pendidikan, kesehatan, perumahan, lapangan kerja dan lainnya.


Baca jua:

Promo intensif SBMTPN Quipper video serta kode diskonnya 
Memahami arti pendekatan kelingkungan geografi

Dalam demografi, dikenal beberapa rumus buat menghitung proyeksi penduduk, salah satunya merupakan rumus proyeksi penduduk geometris. Rumus proyeksi geometris merupakan sebagai berikut:

Keterangan:
Pn = penduduk dalam tahun n
Po = penduduk pada tahun awal
1 = angka konstanta
r =angka pertumbuhan penduduk (pada persen)
n = jumlah rentang tahun dari awalhingga tahun n
Contoh soal :
Misalkan dalam tahun 2018 jumlah penduduk indonesia tercatat 20 juta jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduk per tahun adalah 2 %. Berapakah proyeksi penduduk Indonesia dalam tahun 2018?
Pn = Po ( 1 + r )n
                 = 20 juta ( 1 + dua% )4
                 = 20 juta ( 1 + 0,02 )4
                 = 20 juta ( 1,02)4
                 = 20 juta ( 1,0824322)
                 = 21.648.644 juta
Jadi poyeksi penduduk Indonesia buat tahun 2018, menggunakan tingkat pertumbuhan penduduk 2% pertahun,merupakan 21,6 juta jiwa.


Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI