Rumus Rumus Pangkat Perkalian Pembagian Pangkat Nol dan Negatif Terbaru

Rumus Rumus Pangkat (Perkalian, Pembagian, Pangkat Nol serta Negatif) - Dalam pelajaran Matematika terdapat materi mengenai pangkat. Materi ini tak jarang menciptakan para murid terkecoh dan menciptakan kebingungan saat awal pengerjaan. Materi pangkat meliputi perkalian pangkat, pembagian pangkat, pangkat negatif juga pangkat nol. Maka dari itu terdapat macam macam rumus pangkat seperti rumus perkalian pangkat, rumus pembagian pangkat, rumus pangkat nol, serta rumus pangkat negatif.
Sebenarnya materi ini tidak cukup sulit, lantaran pengerjaannya relatif mudah. Anda juga tidak perlu menghafal rumus yg panjang dan rumit misalnya rumus rumus lainnya. Karena rumus pangkat ini relatif sederhana serta gampang dipahami. Nah dalam kesempatan kali ini saya akan mengungkapkan tentang rumus perkalian pangkat, rumus pembagian pangkat, rumus pangkat nol, dan rumus pangkat negatif. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak pada bawah ini.

Rumus Rumus Pangkat (Perkalian, Pembagian, Pangkat Nol serta Negatif)

Dalam pembahasan ini akan aku jelaskan masing masing rumus pangkat yang ada misalnya rumus perkalian pangkat, rumus pembagian pangkat, rumus pangkat nol, serta rumus pangkat negatif. Kemudian diakhir penjelasan saya juga akan menyertakan kesimpulan rumus rumus yg terdapat.
Baca jua : Rumus Volume serta Luas Permukaan Balok Beserta Contoh Soal

Rumus Perkalian Pangkat

Rumus pangkat pertama yg akan saya bahas adalah rumus perkalian pangkat. Anda dapat memperhatkan bilangan berpangkat pada bawah ini:
Berdasarkan hasil perkalian pangkat diatas maka dapat disederhanakan menggunakan rumus pangkat. Apabila bilangannya sama dan homogen maka pangkatnya tinggal dijumlahkan saja. Data diatas memiliki bilangan dua yang pangkatnya 4 dan 5. Maka bisa disederhanakan sebagai pangkat 4 + 5 = 9. Berikut output pangkat menggunakan rumus perkalian pangkat:
Dari hasil tadi bisa kita simpulkan bahwa perkalian pangkat bisa disederhanakan menggunakan rumus pangkat. Berikut rumus perkalian pangkatnya:
Rumus perkalian pangkat diatas berlaku untuk operasi bilangan pangkat real.

Rumus Pembagian Pangkat

Rumus pangkat selanjutnya artinya rumus pembagian pangkat. Anda bisa memperhatkan sapta berpangkat pada bawah ini:
Apabila kita perhatikan, penyebut serta pembilangnya memiliki bilangan yang sama. Maka menurut itu kita bisa sederhanakan memakai rumus pembagian pangkat. Berdasarkan rumus pangkatnya bisa kita peroleh pangkat 6 - dua = 4 misalnya dibawah ini:
Baca jua : Rumus, Sifat serta Contoh Soal Deret Geometri
Dari hasil tersebut dapat kita simpulkan bahwa pembagian pangkat dapat disederhanakan memakai rumus pangkat. Berikut rumus pembagian pangkatnya:

Rumus Pangkat Nol (0)

Nol merupakan bilangan yang termasuk istimewa. Maka dari itu, apabila sebuah sapta apapun memiliki pangkat nol maka akan menghasilkan sapta 1. Berikut pembuktiannya memakai rumus pangkat nol:
Berdasarkan pembuktian diatas dapat kita peroleh konklusi bahwa seluruh sapta yg dipangkatkan nol akan bernilai 1. 

Rumus Pangkat Negatif

Bilangan negatif adalah sapta positif yg diinvers memakai operasi penjumlahan. Perhatikan operasi sapta dibawah ini!
n + (-n) = 0 menjadi (-n) = 0 - n
Berdasarkan operasi di atas dapat kita peroleh bahwa pangkat -n dapat ditulis sebagai 0 - n. Berikut rumus pangkat negatifnya:
Baca jua : Hubungan Antar Satuan Panjang Beserta Contoh
Dibawah ini terdapat beberapa rumus rumus pangkat lengkap:
Demikianlah penjelasan mengenai rumus perkalian pangkat, rumus pembagian pangkat, rumus pangkat nol, serta rumus pangkat negatif. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru