Rumus Statistika Dasar Matematika Beserta Contoh Soal Terbaru

Rumus Statistika Dasar Matematika Beserta Contoh Soal - Statistika merupakan ilmu yang berkaitan dengan perencanaan, pengumpulan data, analisis, presentasi dan interpretasi data. Dengan istilah lain statistika berhubungan dengan data data. Istilah Statistik dan Statistika tadi berbeda. Untuk Statistik adalah sebuah data, sedangkan Statistika merupakan ilmu yg berkaitan menggunakan data yang kemudian data tadi disimpulkan serta didiskripsikan. Ilmu statistika ini memiliki konsep yg diambil menurut Teori Probabilitas. Dalam hal ini masih ada rumus statistika dasar Matematika yang digunakan untuk menyelesaikan contoh soal statistika dasar.
Ketika kita dibangku Sekolah Menengah Atas, niscaya telah diajarkan materi Statistika Dasar Matematika yg mencakup Simpangan, Mean, Modus, Median, Jangkauan serta Ragam. Materi ini jua sering dijadikan sebagai soal soal Ujian Nasional. Misalnya soal menghitung Simpangan, Mean, Modus, Median, Jangkauan ataupun Ragam. Nah dalam kesempatan kali ini saya akan mengungkapkan mengenai rumus statistika dasar Matematika bersama model soal statistika dasar. Untuk detail bisa anda simak di bawah ini.

Rumus Statistika Dasar Matematika Beserta Contoh Soal

Rumus statistika dasar dalam Matematika bisa dijabarkan sebagai beberapa rumus lainnya yaitu rumus Simpangan, rumus Mean, rumus Modus, rumus Median, rumus Jangkauan dan rumus Ragam. Berikut penjelasan rumus serta contoh soal statistika dasarnya:

Rumus Mean Statistika (Nilai Rata Rata)

Rumus statistika dasar yang pertama membahas tentang rumus mean atau nilai homogen homogen. Mean adalah perhitungan rata homogen menurut sebuah data. Untuk mencari Mean cukup mudah yaitu membagi jumlah datanya menggunakan banyaknya data itu sendiri. Rumus Mean sendiri terbagi menjadi beberapa rumus lainnya yakni rumus mean data tunggal, rumus mean distribusi frekuensi, dan rumus mean adonan.
Baca pula : Metode Penyelesaian Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Lengkap
Rumus Mean Data Tunggal

Rumus Mean Distribusi Frekuensi
Keterangan:
xi = data ke i
fixi = frekuensi yg sinkron menggunakan nilai xi

Rumus Mean Gabungan

Rumus Modus Statistika

Rumus statistika dasar selanjutnya membahas tentang rumus modus. Modus merupakan nilai yg acapkali muncul dalam sebuah data. Modus mempunyai simbol yaitu "Mo". Untuk menghitung modus bisa dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama berlaku buat mencari modus data tunggal. Cara menghitungnya cukup gampang yakni mencari data yang frekuensinya paling tinggi. Kemudian cara mencari modus yang ke 2 berlaku buat data kelompok. Untuk data gerombolan , maka anda harus menggunakan rumus modus misalnya dibawah ini:
Keterangan:
Mo = Modus
L = Tepi bawah kelas yg frekuensinya tinggi atau Kelas Modus
i = Interval kelas
b1 = Frekuensi kelas modus dikurangi kelas modus sebelumnya
b2 = Frekuensi kelas modus dikurangi kelas modus sesudahnya
Baca pula : Rumus Pemfaktoran Aljabar Matematika Beserta Contoh Soal

Rumus Median Statistika (Nilai Tengah)

Rumus statistika dasar selanjutnya membahas tentang rumus median atau nilai tengah. Median memiliki simbol yaitu "Me". Untuk menghitung median dapat dilakukan menggunakan dua cara. Cara yang pertama berlaku buat mencari median data tunggal. Cara menghitungnya cukup mudah yakni mencari nilai tengah dari data yang paling rendah sampai data yang paling tinggi. Selain itu anda jua bisa menggunakan rumus berikut:
Kemudian cara mencari median yang kedua berlaku buat data gerombolan . Untuk data gerombolan , maka anda harus menggunakan rumus median misalnya dibawah ini:
Keterangan:
Qj = Quartil ke j
Lj = Tepi bawah kelas Qj
i = Interval kelas
j = 1, dua, 3
n = Banyaknya data
fk = Frekuensi kumulatif sebelum kelas Qj
f = Frekuensi kelas Qj

Rumus Jangkauan Statistika

Rumus statistika dasar selanjutnya membahas tentang rumus jangkauan. Untuk mencari jangkauan dalam statistika dasar bisa memakai rumus di bawah ini:

Rumus Simpangan Statistika

Rumus statistika dasar selanjutnya membahas mengenai rumus simpangan. Rumus simpangan dapat dibagi lagi sebagai beberapa rumus lainnya yaitu rumus simpangan quartil, rumus simpangan baku dan rumus simpangan homogen homogen.
Baca pula : Pengertian, Rumus serta Sifat Sifat Notasi Sigma Matematika
Rumus Simpangan Quartil

Rumus Simpangan Baku

Rumus Simpangan Rata Rata

Rumus Ragam Statistika

Rumus statistika dasar yang terakhir membahas mengenai rumus ragam. Untuk menghitung ragam dalam statistika dasar bisa menggunakan rumus di bawah ini:

Contoh Soal Statistika Dasar
1. Berapakah nilai mean berdasarkan data berikut 20, 25, 25, 30, 35, 50, 60?

Jawab.

2. Berapakah nilai modus berdasarkan data berikut 20, 25, 25, 30, 35, 50, 60?

Jawab.
Modus = 25
Hal ini dikarenakan nilai 25 ada sebesar 2 kali bila dibandingkan menggunakan nilai lainnya.

3. Berapakah nilai median menurut data berikut 20, 25, 25, 30, 35, 50, 60?

Jawab.
Median = 30
Hal ini dikarenakan nilai 30 terletak dibagian paling tengah.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus statistika dasar serta model soal statistika dasar. Statistika dasar Matematika meliputi beberapa rumus lain yaitu rumus mean, modus, median, jangkauan, simpangan dan ragam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru