Salah Memasukkan Data Kepegawaian Diprogram PUPNS Status PNS Bisa Tercoret

Salahmemasukkan data kepegawaian menurut program Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil(PUPNS) yg dicanangkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dapat berakibatfatal.
Pasalnyaakibat terjadinya kesalahan ketika memasukkan data online PUPNS, pegawai yangbersangkutan bukan saja tidak menerima gaji atau tunjangan lainnya, bahkangara-gara keliru kevalidan entry data itu status PNS mampu dicoret.

Halitu dikemukakan Sekda Kota Cirebon, H Asep Dedi terkait perlunya kehati-hatiandalam mengentry data PNS melalui online tadi.

“ProgramBKN PUPNS ini wajib dilakukan semua PNS semua Indonesia. Meskipun sederhana,data yg diinput itu wajib sahih-benar valid serta sesuai dengan SK-nya, kalausalah nanti nir akan bisa gaji, bahkan statusnya mampu dicoret,” tegas Sekdasaat ditemui pada ruang kerjanya, Jumat (11/9).

Sekdamengatakan, 6.241 PNS se-Kota Cirebon wajib melakukan verifikasi pendataanulang menggunakan baik dan benar. Pengisian formulir data online yg menyangkutdata eksklusif status PNS itu harus dilengkapi menggunakan selengkap-lengkapnya,karena data yang dikirim itu akan sangat berpengaruh dalam kenaikan kepangkatandan tunjangan prestasi.

Menurutnya,pemkot Cirebon melalui BK-Dikalt akan membantu proses PUPNS.mekanismenya, sebelum mengentry data lebih dulu BK-Diklat untuk diberikanpenyuluhan serta pemahaman rapikan cara pengsian formulir PUPNS.

Meskipendataan ulang itu secara sendiri, lanjut Asep, namun buat membantu pengejaannyadikoordinir sang bagian pendataan pada SKPD masing-masing.

“Pelaksanaannyapekan depan, semua PNS akan diberikan pengenalan tata cara pengisian. Saatini sudah terdapat yg mendata ulang, namun serentaknya akan dilakukan pekandepan,” katanya.

Tujuandari PUPNS, kata Asep, buat memperoleh data yang akurat, terpercaya, sebagaidasar kebutuhan berbagi sistem warta kepegawaian ASN. Apalagi,menurutnya beredar kabar pegawai publik menggunakan ijazah palsu ataudokumen yg illegal.

“Iniprogram dari pemerintah pusat, pengerjaannya dipastikan akan cepat lantaran tidakbutuh ketika usang,” ujarnya.

Halsenada, disampaikan Kabid Informasi Kepegawaian (Inka) BK-Diklat Kota Cirebon,Yoyoh Rokayah, pelaksanaan buat pendataan ulan PNS akan dilakukan dalam 15-16September ini.

SemuaPNS, termasuk para pengajar-guru sekolah akan dipanggil buat dipandu lebih dulu,karena khawatir ada kesalahan waktu entry data.

Karenadata yang diinput eksklusif ke BKN, maka jangan sampai keliru karena bisaberakibat fatal.

Datautama yg perlu dicermati oleh PNS yakni, data langsung misalnya NIP usang danyang baru, tempat tanggal lahir, gelar depan dan belakang, pendidikan terakhir,riwayat pendidikan, data posisi serta jabatan, riwayat keluarga, data golongankepangkatan dan lepas mulai ditetapkan menjadi PNS.

Selainitu juga terdapat data pendukung yang manfaatnya menerangkan kinerja dan prestasipegawai bersangkutan.

“Salahsatu digit saja, akan dapat mensugesti data pada BKN, jadi perlu kehati-hatianmengisi formulirnya,” ucapnya.

Diamengatakan, akhir November data wajib telah diverifikasi di BKN, makanyaOktober ini telah terselesaikan seluruh. Dia mengimbau, sebelum meng-entry data PNSdiperkanankan menyiapkan lebih dulu bukti fisik sertifikat atau SK PNS. Karenajika sampai galat status PNS akan nir valid.

“Bahanyakalau tidak valid dengan data yg pada sentra, waktu ada kesempatan kenaikanpangkat, padahal sederhana sekali menyangkut kasus input data, tapikonsekuensinya akbar,” jelas Yoyoh.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru