Sejarah dan Penjelasan Tentang Software Modo Untuk Modelling 3 Dimensi

Tugas Softskill


Assalamu’alaikum..

Dalampembahasan kali ini saya ingin membahas mengenai salah satu software modellingdesign, yaitu MODO. Memang software 3d Modelling ini terdengarawam untuk orang yg bukan memilih design, namun tak disangka pengguna MODOini telah poly pada Indonesia. Oke langsung saja ya disimak :

Sedikit sejarah Modo

Modoadalah aplikasi yg bergerak dalam bidang animasi tiga dimensi. Pertama kali modo101 keluar dalam tahun 2018. Modo tadi walnya dikembangkan padaplatform Amiga dan dibundel dengan Amigaberbasis workstation Video Toaster yangpopuler di studio televisi diakhir 1980-an dan awal 1990-an . Merekaberbasis di Mountain View, California.

Setelah lebihdari tiga tahun pembangunan, akhirnya modo 201 pra-diumumkan dalam tahun 2018. Banyakfitur baru termasuk kemampuan untuk melukisdi 3D (Brush,BodyPaint 3D), multi-layer tekstur blending, sepertiyang terlihat di Lightwave,dan, yang paling penting, solusi render yangmenjanjikan shading fisik berbasis rendering, lensayang sangatbagus. Dan akhirnya modo 201benar-sahih dirilis pada 24 Mei2006.

Modo 201adalah pemenang dari Apple Design Awards untukBest Use of MacOS X Graphicsuntuk tahun 2018. Pada bulan Oktober2006, modo juga memenangkan"Best 3D /Animasi Software" dari majalah MacUser. Padabulan Januari 2018, modo memenangkanGame Developer Frontline Award untuk "Seni AlatTerbaik".

Modo 202dirilis pada lepas 1 Agustus 2006. Pada bulan Maret 2018, Luxology dirilis modo 203sebagai update gratis. Ini termasuk alat editing UV baru, renderinglebih cepat dan DXF penerjemah baru.

Modo 301dirilis pada tanggal10 September 2018 menambahkan animasidan patung untuktoolset nya. Alatanimasi mencakup kemampuan untuk menghidupkan kamera, lampu,morphs dan geometri serta mampu mengimpor.mdd file.

Modo 302,dirilis pada lepas 3 April 2008 dengan beberapa update tool, modo 302 adalah upgrade gratis bagipengguna yg ada.

Modo 401dirilis padatanggal 18 Juni 2009. Rilis ini memiliki banyak animasi dan perangkat renderdan baru tersediadi 64-bit Windows. Pada tanggal 6 Oktober 2009, modo 401 SP2 dirilis dan diikutioleh modo 401 SP3 pada 26 Januari 2010 dan SP5 pada 14 Juli tahunyang sama.
Modo 501dirilis padatanggal 15 Desember 2010. Versi ini adalah yang pertama untuk berjalan pada 64-bitMac OS X. Ini berisi dukungan untuk Pixar Subbagian Permukaan,lebih cepat rendering dan editor koneksi visualuntuk menciptakan rig animasi yang bisa digunakan kembali.
Modo 601dirilis pada 29 Februari 2012. Ini merupakan versi saat ini dan menawarkan alat tambahan karakter animasi, dinamika, sistem tujuan umum deformers,dukungan untuk pemodelan retopology dan berbagaiperangkat tambahan render.

Modo memungkinkanseniman untuk memilih "pivot point" dari alat atau tindakan secararealtime hanya menggunakan mengklik suatutempat. Dengan demikian, modomenghindari membuat object terpisah "menyesuaikan pivot point"mode. Selain itu, object dapat memberitahu modountuk mendapatkan orientasi sumbu alat itu dariyang dipilih atau diklik pada elemen, melewatikebutuhan untuk terpisah"menyesuaikan alat axis" mode.

Mesh Pertimbangan

Mododapat mengimpor beberapa format file . Memilih yg tepat , mengingat situasi,sangat krusial buat menciptakan Anda menerima hasil yg sempurna . Ketiga formatfile yg akan dibahas adalah OBJ , FBX serta Collada . Masing-masing beroperasisecara tidak sama tergantung dalam situasi dan akan diuji dengan geometr. Karenamodel yang diimpor adalah sangat rinci , mempunyai beberapa tingkatkompleksitas.

Foto-realistisRendering








Anda akan menggunakanpenciptaan preset materi baru untuk digunakan pulang kemudian serta menggunakanreflektor buat menerangi dan menaikkan tampilan contoh Anda . ( Sangat miripdengan fotografi set langsung ) Banyak Render Output yg kemudian pada AfterEffects .

Renderer modo adalah sinar-pelacak berbasisfisik. Ini termasuk fitur seperti caustic, dispersi,render stereoskopik, efek fresnel, hamburanbawah permukaan, refraksi kabur (misalnya kacaburam), pencahayaan volumetrik(smokey efek bar),dan Pixar-dipatenkanJauh Shadows.

Fitur UntukModelling

1. Mesh Instancing
2. Mesh Paint Tool
3. Solid Sketch
4. Edge Slide
5. Polygon ReductionTool
6. Reference Layers
7. Sketch Bevel
8. Loop Slice
9. Flex tool (formesh posing)
10. Retopologymodeling
11. N-Gon SDS
12. 1-Click MacroRecording
13. LUA, and/orPerl; Scripting Engines
14. Bridge Tool
15. High-SpeedOpenGL Navigation
16. ExtensiveFalloff System Including Path and Lasso
17. Complete InputRemapping of Mouse and Keyboard
18. Smooth UV Interpolationon SDS Meshes
19. Soft and lazyselections
20. Tool Pipe – toolcustomization

Fitur Untuk Sculpting

1. Multi-Ressculpting based on Pixar Subdivision surfaces
2. Mesh-basedsculpting
3. Image-basedsculpting
4. Push tool
5. Smooth tool
6. Carve tool
7. Flatten tool
8. Fold tool
9. Inflate tool
10. Smudge tool
11. Move tool
12. Tangent Pinchtool
13. Spin tool
14. Emboss tool
15. Image ink(sculpt with image)
16. Brushes andbrush editor/browser
17. Spline-basedstrokes are supported

Modo tidakdianggap sebagai sistem animasikarakter sejati, namun memiliki banyak kemampuan animasi.
1. Bernyawa hampir sifatsetiap item (geometri,kamera, lampu)
2. Editor grafik dengan kurvamanipulasi animasi
3. deformers Layerable
4. Sistem waktu frame, detik,SMPTE atau kode Film
5. Morph Target animasi
6. Membaca file MDD darisistem animasi lainnya
7. track View
8. Kinematika seluruh bagian
9. saluran menghubungkan
10. pengubah saluran

dan kini modo mengeluarkan versiterbarunya, yaitu modo 801.

Mungkinitu saja pembahasan Modo 3D Modelling,bila terdapat istilah yg keliru an kurang berkenan mohon dimaafkan. Terima kasih.^^

Wassalamu’alaikum..




Baca SelengkapnyaDisini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI