Sejarah Kelahirannya Si Kecil Virus


Assalamu’alaikum..

Yangnamanya virus di computer itu memang ga akan ada habisnya jika dibahas dariawal keluarnya-sekarang-sampai sampai nanti. Selalu saja bermunculan inspirasi-idekreativ dari orang yang jenius menciptakan virus virus tadi. Tetapi sayangnyakejeniusannya dibentuk menjurus buat menghambat. Yah awalnya buat iseng-iseng,buat sekedar tau, namun kini virus itu malah dijadikan bisnis tersendiri.hmm.. Kalian tau ga ? Dari mulanya sebenernya virus computer ini berdasarkan mana sih ?Ternyata virus computer ini asal mulanya menurut hasil penelitian loh, tepatnyailmuan yg terkenal. Penasaran ? Yuks eksklusif aja disimak sedikit SejarahKelahirannya Si Kecil Virus :

Dimulai Tahun 1949,

Yangmulanya.. Virus tercipta bersamaan menggunakan terciptanya personal komputer . Penciptanya Electronic Discrete Variable AutomaticComputer (EDVAC) yg adalah salah seseorang pencipta personal komputer , John Von Newman. Dan ia memaparkansuatu makalah hasil penemuannya. Makalah tersebut berjudul “Theory and Organization of ComplicatedAutomata” , makalah tadi berisi teori “self altering automata” yang adalah output riset berdasarkan para ahlimatematika. Dan yang mencenangkan didalam makalah tadi dibahas tentangprogram bisa menyebar menggunakan sendirinya. (memang otaknya jenius sekali :P )

Tahun1960,

Tepatnyadi AT & T Bell Laboratory, salah satu lab terbesar di global yg telahmenghasilkan poly hal misalnya bahasa C++ dsb. Di laboratorium ini penelitimembuat suatu permainan dengan suatu program menurut penemuan jhon newman tadi. Pada saat istirahat,para peneliti tersebut membuat permainan (game) menggunakan suatu program yang mampumemperbanyak dirinya, menghancurkan program versus serta mampu memperbaiki dirinyasendiri secara otomatis.

Permainanperang program ini dianggap Core War. Pemenang permainan ini pada pegang olehpemilik program yg memiliki residu terbanyak dalam ketika tertentu. Permainanini akhirnya menjadi permainan favorit pada tiap – tiap lab buat mengisi waktuistirahat para peneliti. Namun semakin usang acara yang diciptakan semakinberbahaya. Akhirnya lantaran sadar akan bahaya yang ditimbulkan program tadi,apalagi jika acara tersebut sampai bocor keluar laboratorium, maka setiapselesai permainan, program tersebut selalu dihapus dan dimusnahkan.

Selainitu jua dilakukan supervisi serta pengamanan yg semakin ketat terhadappermainan Core War ini.

Tahun 1970,

Sebuahprogram yg diklaim bisa membantu kelancaran kerja dikenalkan oleh perusahaanxerox. Struktur acara tersebut menyerupai virus. Tetapi sebenarnya programtersebut dipakai buat memaksimalkan ketika menggunakan bisa melaksanakan duaproses secara bersamaan.

Nah Baru deh pada Tahun 1980an,

Programperang berhasil menyebar keluar dari laboratorium serta menjadi terbuka dikalangan umum. Dimulai oleh pemaparan seorang peneliti sekaligus asistenprofesor pada ohio Universitas Cincinati, fred cohen. Dia mendemonstrasikansebuah program output penemuannya, yaitu acara yang bisa menyebar secaracepat ke dalam personal komputer secara otomatis.

Dan Pada deh dalam Tahun 1984di Amerika Serikat. Penggunaan, Istilah virus tersebut pertama kali digunakanoleh Fred Cohen karna istilah virus tersebutberasal dari program yg ia buat dan memiliki kecenderungan dengan istilah virusdalam konteks kedokteran (hayati).

Saya pernah baca disebuah artikel, Menurut Fred Cohen,virus adalah :

A program that can infect other programs by modifying them to include aslighty altered copy of itself. A virus can spread throughout a computer systemor network using the authorization of every user using it to infect theirprograms. Every programs that gets infected can also act as a virus thatinfection grows

Tenang tenang.. Artinyaada ko.. :P ini artinya…

virus adalah sebuah program yg bisa menginfeksi program laindengan cara memodifikasi acara tadi buat memasukkan sedikit (kode)penggandaan diri virus tadi. Sebuah virus bisa menyebar ke seluruh sistemkomputer atau network dengan memakai hak otorisasi setiap pengguna komputeruntuk menginfeksi acara mereka. Setiap acara yg telah terinfeksi bisapula bertindak sebagai virus buat memperluas daerah infeksinya

Sebagai selingan, Kalian pernah denger ga ? Kalo ga salahsekitar tahun 1988, pada Indonesia pernah digegerkan dengan munculnya endemi virusvirus ©Brain dan itu virus perdana yang terdapat di Indonesia, hehehe.. Atau yanglebih dikenal menggunakan nama virus Pakistan.

Sebenarnya,sebuah virus sama seperti sebuah acara biasa, sebagai akibatnya virus tersebut akanaktif apabila program virus tadi dihukum. Hal ini tidak sinkron dengan worm yangbisa aktif secara otomatis

Sebenarnyavirus sama saja dengan acara biasa lainnya, terdapat perbedaan yang mendasarantara virus dan program biasa yaitu bahwa virus dibuat buat menginfeksi danmenulari acara – program lainnya, memodifikasi, mengubah dan mamanipulasiprogram tersebut, bahkan sampai merusaknya.

Danyang paling krusial gunakan anti virus yang bonafide, dan yg pastinyayang asli (kalo dibayarin sih mau) hehehe..

Mungkinitu saja yg bisa saya bahas sedikit mengenai SejarahKelahirannya Si Kecil Virus .jika terdapat kata-kata yg salah mohon dimaafkan. Terimakasih atas kunjungnnya..^^


Wassalamu’alaikum..


Baca SelengkapnyaDisini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI