Sejarah Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Indonesia sudah usang dijajah oleh kolonialisme Belanda dan Jepang meskipun lama penjajahan tidak sama tiap pulau. Kesadaran kolektif mengenai rasa senasib sepenanggungan lalu lahir dan menciptakan masyarakat Indonesia sangat mendambakan sebuah kemerdekaan. Sejak tahun 1908 berbagai pergerakan nasional lahir demi mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Kejadian-insiden yg tidak terbayangkan sebelumnya kemudian terjadi serta membuat Indonesia mampu menyatakan kemerdekaan dalam 17 Agustus 1945. Inilah yg dinamakan berkat dan rahmat Allah yg maha kuasa. Lantas bagaimana sejarah kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia?. Berikut urutan persitiwanya.

1. Lima Agustus 1945 : Ir. Soekarno, Muhammad Hatta, Radjiman Wediodiningratke Saigon menemui PM. Koiso membahas kemerdekaan RIpada tanggal 17 September 1945. 
2. 6 Agustus 1945 : Hirosima dibom oleh Sekutu. 
3. 7 Agustus 1945 : Jepang membarui BPUPKI menjadi PPKI. 
4. 9 Agustus 1945 : Nagasaki dibom oleh Sekutu, kemudian Ir. Soekarno,Muhammad Hatta, Radjiman Wediodiningrat ke Dalat, Vietnam Selatan menemui Marsekal Terauchi, buat menetapkantanggal kemerdekaan Indonesia yaitu sekitar 24 Agustus 1945,tanggal diajukan karena agresi bom dari Sekutu.
5. 10 Agustus 1945 : Permintaan damai berdasarkan Jepang ditolak Sekutu. 
6. 14 Agustus 1945 : Ir. Soekarno, Muhammad Hatta, Radjiman Wediodiningratkembali dari Dalat.7. 15 Agustus 1945 : Jepang menyerah tanpa syarat dalam Sekutu, liputan kekalahanyang disembunyikan itu tersiar melalui radio DOMEI.golongan Muda yg mendengar pidato Hirohito berdasarkan radioDOMEI merupakan Sutan Syahrir. Penyerahan Jepang dilakukandi atas kapal MISSOURI yang sedang berlabuh pada TelukTokyo, dua September 1945. Terjadinya Vacum of Power diIndonesia. 
8. 16 Agustus 1945 : Terjadi insiden Rengasdengklok. 
9. 17 Agustus 1945 : Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Penyebarluasanberita Proklamasi. 
10. 18 Agustus 1945 : Sidang PPKI yang pertama. 
11. 19 Agustus 1945 : Sidang PPKI yg kedua. 
12. 22 Agustus 1945 : Sidang PPKI yang ketiga.
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sudah terealisasi dengan tertib serta aman.bentrokan-bentrokan berdarah yg dikhawatirkan sang semua pihak, nir pernahterjadi. Pemindahan kekuasaan dilaksanakan menggunakan sangat hati-hati untukmengurangi jatuh korban sia-sia. Kini sudah lahir lagi negara yang merdeka danberdaulat.menurut kalimat-kalimat yang masih ada di dalam Proklamasi Kemerdekaan 17Agustus 1945 berisi suatu pernyataan kemerdekaan yang memberitahu kepadabangsa Indonesia sendiri dan kepada dunia luar, bahwa waktu itu bangsa Indonesiatelah merdeka, tanggal berdasarkan penjajahan. 

Kepada bangsa lain, kita beritahukan bahwakemerdekaan kita nir boleh diganggu gugat, tidak dihalang-halangi. BangsaIndonesia sahih-benar telah siap buat mempertahankan kemerdekaan yg telahdiproklamasikannya itu, demikian pula siap buat mempertahankan negara yangbaru didirikan tersebut. Hal itu ditunjukkan sang kalimat pertama dalam naskahproklamasi yang berbunyi: “Kami bangsa Indonesia, menggunakan ini menyatakankemerdekaan Indonesia”. 

Kalimat tadi merupakan pertanyaan, sedangkankalimat ke 2 adalah amanat; seperti yang dinyatakan dalam kalimat berikutyaitu bahwa: “Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan serta lain-laindiselenggarakan menggunakan cara akurat dan pada tempo yang sesingkat-singkatnya”.kalimat dalam naskah proklamasi tadi sangat singkat, hanya terdiri atasdua kalimat atau alinea, tetapi amat jelas, mengingat pembuatannya dilakukandalam suasana eksplosif serta wajib segera selesai secara cepat juga. Hal ini justrumenunjukkan kelebihan dan ketajaman pemikiran para pembuatnya pada waktuitu.

Dalam kalimat ke 2 itu dikandung maksud supaya pemindahan atau perebutankekuasaan pemerintahan, kekuasaan atas forum-forum negara, kekuasaan dibidang senjata serta lain-lain hendaknya kita lakukan menggunakan hati-hati, penuhperhitungan buat menghindarl terjadinya pertumpahan darah secara besar -besaran.namun tugas itu semua hendaknya dilakukan secepatnya sebelum tentara Sekutumendarat pada Indonesia. Makna dari Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 jugadapat ditinjau berdasarkan aneka macam segi. Apabila ditelaah, maka proklamasi kemerdekaanitu mengandung beberapa aspek: 

1. Dari sudut IImu Hukum, maka proklamasi atau pernyataan yg berisikankeputusan bangsa Indonesia telah menghapuskan tata hukum kolonial untukpada ketika itu jua digantikan menggunakan tata hukum nasional (Indonesia). 
2. Dari sudut politik-ideologis, maka proklamasi atau pernyataan yg berisikankeputusan bangsa Indonesia sudah berhasil melepaskan diri menurut segala belenggupenjajahan serta sekaligus membentuk perumahan baru, yaitu perumahan NegaraProklamasi Republik Indonesia yg bebas, merdeka dan berdaulat penuh. 

Untuk mengenang insiden Proklamasi yg bersejarah tersebut, di halamangedung Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta, dibangunlah sebuah tugu peringatanProklamasi. Jalan di depan gedung tersebut kemudian diberi nama jalan Proklamasi.di jalan tadi juga dibangun Monumen Proklamator Soekarno-Hatta.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia mempunyai makna yg luas dandalam bagi bangsa Indonesia, antara lain sebagai berikut. 
1. Merupakan titik kulminasi usaha bangsa Indonesia pada rangka mencapaikemerdekaan yang berlangsung sekitar 400 tahun. 
2. Merupakan awal terbebasnya bangsa Indonesia dari kekuasaan bangsa asingdan sebagai bangsa yang berdiri sendiri. 
3. Merupakan sumber aturan yang menegaskan mulai berdirinya negara kesatuanRI yg merdeka dan berdaulat. 
4. Merupakan momentum politik terbebasnya bangsa Indonesia dari kekuasaanbangsa lain, dan bangsa Indonesia sebagai bangsa yg sederajad menggunakan bangsalain pada global. 
5. Merupakan manifesto politik usaha dalam mewujudkan Indonesia yangmerdeka serta berdaulat.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI