Sejarah Kronologi Singkat Bandung Lautan Api

Halo-halo Bandung Ibukota Priangan, sudah lama beta nir berjumpa dengan kau, kini sudah sebagai lautan barah, yuk bung rebut pulang. Petikan syair lagu nasional tadi tentu telah kita kenal dan acapkali dinyanyikan pada sekolah bukan?. Tapi bagaimana sih sejarah awal mula Bandung Lautan Api itu?. Jadi begini, ketika itu pertengahan Oktober 1945 pasukan sekutu Inggris memasuki kota Bandung. Menjelang Nopember 1945, Pasukan NICA semakin merajalela di Bandung dengan aksi terornya. Masuknya tentara sekutu dimanfaatkan NICA buat mengembalikan kekuasaannya di Indonesia. Namun semangat juang rakyat serta pemuda Bandung permanen berkobar dan akhirnya pertempuran besar dan kecil berlangsung terus di Bandung demi mempertahankan kedaulatan NKRI yang baru merdeka.
Untuk meredakan ketegangan maka diadakan perundingan antara pihak Indonesia dengan NICA. Sesuai dengan keputusan negosiasi 25 Nopember 1945 maka Bandung dibagi ke dalam dua wilayah. Pasukan sekutu menduduki Bandung utara dan Indonesia menduduki Bandung selatan. Di tengah-tengah situasi yang memanas, bendungan Sungai Cikapundung jebol dan mengakibatkan banjir akbar pada kota Bandung.

Meksi pihak Indonesia sudah mengosongkan Bandung utara tetapi sekutu menuntut pengosongan sejauh 11 km. Hal ini menyebabkan warga Bandung murka besar . Mereka lalu melancarkan aksi pertempuran dengan membumihanguskan seluruh penjuru Bandung selatan. Bandung terbakar hebar dari batas timur Cicadas hingga barat Andir. Satu juta jiwa penduduk mengungsi ke luar kota dari 23-24 Maret 1946.

Sementara itu benteng NICA di Dayeuhkolot Bandung Selatan dikepung oleh para pejuang Bandung. Di ketika itu timbul Muhammad Toha yang berani menghancurkan gudang mesiu dan membawa alat peledak. Gudang mesiu NICA musnah serta Toha gugur pada menjalankan tugasnya. Oleh sebab itu Muhammad Toha dianugerahi pahlawan Jawa Barat. Jadi itulah sejarah singkat terjadinya Bandung Lautan Api yg sebagai galat satu bagian sejarah upaya Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda. Jadi Bandung lautan barah dipicu oleh pihak sekutu yg nir patuh terhadap perjanjian yang telah dibuat pihak Indonesia dengan NICA.

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI