Sejarah Latar Belakang dan Tujuan Berdirinya ASEAN Terbaru

Sejarah, Latar Belakang serta Tujuan Berdirinya ASEAN - ASEAN (Association of Southeast Asia Nations) adalah sebuah perhimpunan atau asosiasi bangsa bangsa se-asia tenggara yang bergerak di bidang geopolitik serta ekonomi. Seperti namanya, ASEAN terdiri atas negara negara pada asia tenggara menjadi anggotanya. Dibalik namanya saat ini, ternyata tujuan berdirinya ASEAN jua memiliki latar belakang. Latar belakang berdirinya ASEAN adalah materi dasar yg wajib kita ketahui menjadi warga yang notabennya menjadi anggota asosiasi ini.
Sejarah dan Latar belakang berdirinya ASEAN pada dasarnya dilandasi atas asas persamaan nasib yg dialami oleh bangsa bangsa di Asia tenggara. Pada masa penjajahan dan kapitalisme belanda benua asia tenggara memang telah sepenuhnya dikuasai sang bangsa eropa dan portugis. Setelah menempuh perjuangan relatif usang dan berhasil merdeka akhirnya negara negara pada asia tenggara membangun sebuah asosiasi yg bertujuan buat memajukan serta mensejahterakan negara pada asia tenggara.

Selain asas persamaan nasib, keinginan buat menciptakan ekonomi juga menjadi latar belakang berdirinya ASEAN. Tujuan ASEAN menjadi sebuah perhimpunan serta asosiasi nir lain merupakan buat mensejahterakan perekonomian negara negara yg berada didalamnya. Hal ini mencakup aneka macam sektor perekonomian seperti pangan, eksport import, kelautan serta jua mengatur aturan perekonomian yg bersifat mengikat. Tujuan berdirinya ASEAN yang primer merupakan buat saling berafiliasi dan melindungi antar negara se-asia tenggara agar tercipta kemajuan beserta.

Sejarah, Latar Belakang serta Tujuan Berdirinya ASEAN

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang latar belakang, tujuan serta sejarah berdirinya ASEAN secara lengkap dan lebih detail. Materi ini sebenarnya dapat menggunakan mudah kita temukan pada pembelajaran IPS sejarah serta ekonomi di jenjang Sekolah Menengah Atas sederajat. Namun aku akan menaruh rangkuman tentang meteri tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel dibawah ini.

Sejarah Berdirinya ASEAN

Sejarah berdirinya ASEAN dalam dasarnya dapat kita pelajari menggunakan melalui banyak sekali sumber media belajar. Asosiasi ini resmi berdiri dalam lepas 8 Agustus 1967 di bunda kota negara Thailand (Bangkok). Sejarah Berdirinya ASEAN dimulai menurut deklarasi bangkok yang diprakarsai oleh 5 negara besar di asia tenggara diantaranya adalah:
  1. Indonesia.
  2. Filipina.
  3. Singapura.
  4. Malaysia.
  5. Thailand.

Masing masing berdasarkan lima negara ini mengirimkan wakil negara menggunakan tujuan untuk mengikuti deklarasi bangkok. Indonesia yang diwakili sang Adam malik, Malaysia sang Tun Abdul Razak, Thailand oleh Thanat Khoman, Singapura oleh Rajaratman, dan Filipina sang Narciso Ramos sepakat buat menandatangani isi Deklarasi Bangkok yang sebagai awal sejarah berdirinya ASEAN.
Baca jua: Hasil Sidang PPKI 1, 2, 3 (Tanggal 18, 19, 22 Agustus 1945)

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Berdasarkan penerangan pada awal artikel kita bisa menyimpulkan bahwa latar belakang berdirinya ASEAN lantaran adanya beberapa faktor. Adapun faktor faktor yang melatarbelakangi beridirnya ASEAN merupakan menjadi berikut:
  1. Persamaan geografis.
  2. Persamaan nasib yg pernah dijadikan negara jajahan serta kolinasasi.
  3. Persamaan budaya
  4. Persamaan kepentingan di aneka macam bidang.
Seperti yang kita ketahui, baik negara Indonesia, Thailand, Filipina, Singapura, dan Malaysia memang masih ada di benua yang sama yakni Asia Tenggara. Hal ini tentunya memicu persamaan geografis yg pula diikuti sang persamaan budaya yang berkembang pada warga . Selain itu persamaan kepentingan buat memajukan sektor sektor negara di berbagai bidang jua sebagai latar belakang berdirinya ASEAN.

Tujuan Berdirinya ASEAN

Untuk tahu apa tujuan ASEAN maka kita juga harus memeriksa tentang isi Deklarasi Bangkok karena isi Deklarasi bangkok yg telah ditandatangani oleh wakil wakil kelima Negara ini memuat tujuan berdirinya ASEAN.
Baca jua: Peristiwa Rengasdengklok Latar Belakang, Tujuan Kronologis Lengkapnya
Isi deklarasi bangkok mempunyai lima poin penting yg sebagai tujaun berdirinya ASEAN pada mulanya. Adapun 5 isi deklarasi bangkok adalah menjadi berikut:
  1. Mempercepat kemajuan dan pertumbuhan pada bidang ekonomi, sosial serta budaya pada tempat Asia Tenggara.
  2. Meningkatkan kerjasama antar negara se-Asia tenggara dengan cara saling membantu demi mencapai kepentingan beserta di bidang ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan serta administrasi.
  3. Meningkatkan stabilitas nasional agar tercipta perdamaian.
  4. Meningkatkan kerjasama untuk memajukan pelatihan, pendidikan dan penelitian pada Asia Tenggara.
  5. Memelihara kerjasama ditengah tengah organisasi regional maupun organisasi internasional yg terdapat.
Dalam menjalankan tujuannya, ASEAN jua mempunyai prinsip prinsip utama sebagai panduan pada berasosiasi agar tercipta kenyamanan beserta antar anggota. Adapun prinsip primer ASEAN adalah menjadi berikut:
  • Saling menghormati kedaulatan, kemerdekaan, kesamaan, integritas serta identitas nasional setiap negara yang terdapat di asia tenggara.
  • Tidak ikut campur pada urusan pada negeri sesama anggota.
  • Hak buat bebas menurut campur tangan pihak lain pada melaksanakan kepemimpinan negeri.
  • Menolak pengguunaan kekuatan yg bersifat mematikan dan merugikan.
  • Kerjasama secara efektif antara anggota.
  • Menyelesaikan perdebatan dan disparitas secara hening.
Seiring berjalannya ketika, negara negara lain di asia tenggara yang sebelumnya belum tegabung pada ASEAN akhirnya menentukan buat ikut dan andil dalam asosiasi ini. Hingga kini ini hampir semua negara di asia tenggara ikut bergabung menjadi anggota ASEAN. Adapun negara negara tersebut adalah:

  1. Indonesia (Pendiri)
  2. Filipina (Pendiri)
  3. Malaysia (Pendiri)
  4. Thailand (Pendiri)
  5. Singapura (Pendiri)
  6. Brunei Darussalam (bergabung 7 Januari 1984)
  7. Myanmar (bergabung 23 Juli 1997)
  8. Laos (bergabung 23 Juli 1997)
  9. Vietnam (bergabung 28 Juli 1995)
  10. Kamboja (bergabung 16 Desember 1998)
Secara garis besar , hampir semua negara di Asia Tenggara sudah menjadi anggota ASEAN kecuali papua newgini serta Timor Leste.
Baca jua: Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Berbagai Bidang (Militer, Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya)
Mengapa Timor Leste (Timor Timur) belum bergabung menjadi anggota ASEAN? Hal ini disebabkan lantaran dulunya timor leste adalah bagian menurut Negara Indonesia yang akhirnya memisahkan diri. Hal ini mengakibatkan timor leste mendapatkan status pemerhati sang ASEAN. Setelah banyak menerima kecaman dan protes dari berbagai anggota ASEAN yang nir mendukung timor leste buat bergabung (hal ini didasari sang rasa hormat pada Indonesia).

Semenjak restorasi kemerdekaannya, timor leste telah poly dibantu sang ASEAN. Timor leste sendiri telah diundang ke aneka macam rendezvous ASEAN. Tetapi meskipun demikian timor leste tetaplah menyandang status Observer. Berdasarkan pemantauan terakhir menandakan bahwa pada dasarnya timor leste sangat ingin menjadi anggota ASEAN. Hal ini dapat ditinjau berdasarkan upaya timor leste memalui kementerian luar negerinya yang sudah menargetkan bahwa negaranya akan bergabung sebagai anggota ASEAN secepatnya. Selain itu, pemerintahan timor leste jua sudah membuka sekretariat ASEAN pada kota DILI buat mempersiapkan tahapan tahapan menjadi anggota ASEAN.

Itulah artikel tentang Sejarah, Latar Belakang serta Tujuan Berdirinya ASEAN yang dapat saya sampaikan kali ini. Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan materi kami. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI