Seleksi CPNS Berbasis Komputer Dilaksanakan Serentak Mulai Pekan keempat Oktober 2018

Tahapseleksi CPNS 2018 berbasis personal komputer rencananya akan digelar serentak mulaipekan keempat Oktober 2018. Sedangkan range saat pelaksanaan SeleksiKompetensi Dasar (SKD) antara 26 Oktober – 17 November 2018. Sementarakepastian jadwal seleksi masing-masing instansi bisa ditinjau pelamar dalamwebsite instansi serta/atau SSCN mulai 25 Oktober 2018. Demikian disampaikanKepala Biro humas BKN Mohammad Ridwan pada Kantor Pusat BKN Jakarta, Selasa(23/10/2018) selepas program Rapat Koordinasi Persiapan serta Pelaksanaan SeleksiKomputer Dasar CPNS 2018, di Swiss-Belresidences, Kalibata.

Dalamacara yang terbagi dalam dua sesi kepesertaan itu (sesio pertama dihadiri olehperwakilan Kantor Regional BKN, sesi ke-2 dihadiri sejumlah Kepala BiroKepegawaian Kementerian/Lembaga Pemerintah), Mohammad Ridwan menjabarkan bahwapelaksanaan seleksi CPNS 2018 terdiri dari 2 jenis seleksi, yaitu SeleksiKompetensi Dasar (SKD) serta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Mohammad Ridwanmenjelaskan bahwa peserta seleksi CPNS yg telah lulus pada seleksiadministrasi berdasarkan instansi, selanjutnya akan mengikuti SKD yang meliputi: TesWawasan Kebangsaan (TWK)
Tes Intelejensia Umum (TIU) serta 
Tes KarakteristikPribadi (TKP). 
“Soal seleksi CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT)dari menurut konsorsium Perguruan Tinggi serta dienkripsi sang Badan Siber danSandi Negara (BSSN),” ujar Mohammad Ridwan.

Setelahlulus ambang batas kelulusan ( passing grade), menurut Mohammad Ridwankelulusan SKD sebanyak 3x perpaduan pada setiap jabatan yg mendapat alokasiformasi akan mengikuti SKB. Mohammad Ridwan juga memerinci proses SKB. Rinciantersebut, menurut Mohammad Ridwan, terdiri dari: materi SKB ditetapkan olehinstansi pembina Jabatan Fungsional, dalam hal instansi pembina jabatanfungsional atau instansi yg membidangi urusan jabatan belum siap menyusunmateri SKB, maka soal SKB merujuk pada rumpun jabatan, dan materi sebagaimanaSKB selanjutnya dikoordinasikan dan diintegrasikan ke pada sistem CAT BKN danCAT UNBK.

Sesuaidengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi BirokrasiRepublik Indonesia Nomor 637 Tahun 2018 mengenai penetapan instansi yangmenggunakan sistem CAT BKN serta CAT UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer),pelaksanaan seleksi CPNS dengan CAT akan berlangsung di 269 titik, denganrincian CAT BKN digunakan di 237 titik. 269 titik menggunakan CAT BKN tersebutmeliputi: 26 titik pada Kanreg BKN, UPT BKN dan Kantor Pusat BKN; 193 titik diprovinsi/kab/kota, serta 18 titik di Instansi Pusat. Sementara CAT UNBKKemendikbud akan digunakan pada 32 titik lokasi.

Sumber: bkn.go.id

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI