Seri Batu Mulia Lapis Batuan Metamorf Berwarna Biru

Karena kini ini masih demam batu mulia atau batu akik maka pada kesempatan
ini akan dijelaskan pulang sedikit pengetahuan mengenai keliru satu batu mulia yaitu Lapis Lazuli atau Lapis. Lapis tergolong keliru satu jenis batuan metamorf berwarna biru dan sudah dipakai semenjak dahulu menjadi bahan perhiasan, bahan dasar patung serta ornamen hias lainnya. Batu Lapis terdiri atas beberapa mineral nir sama misalnya intan yg hanya memiliki satu mineral yaitu Karbon. Warna biru batu lapis dihasilkan menurut mineral lazurite yaitu mineral silikat biru menurut gerombolan sodalite dengan komposisi kimia (Na,Ca)8(AlSiO4)6(S,Cl,SO4,OH)2. 
Lapis terbentuk dekat menggunakan intrusi batuan beku dimana batu kapur atau marmer telah mengalami kontak metamorfik atau metamorfik hidrotermal. Dalam batu tersebut, mineral lazurite menggantikan bagian-bagian batuan induk sebelumnya dan berkembang secara istimewa membentuk suatu lapisan. Afganistan merupakan negara penghasil deposit Lapis terkemuka di dunia dan sudah ditambang pada sebagian akbar negara bagian. Negara lainnya merupakan Chile, Argentina, Rusia , Kanada serta Paskistan. Jadi jikalau anda ingin batu akik Lapis yang berwana Biru maka anda bisa berburu ke negara yg tersebut telah diklaim karena pada Indonesia belum ada. Selain lazurite, batu Lapis umumnya mengandung kalsit serta pirit. Sebuah batu bisa dianggap "Lapis Lazuli" apabila batu tadi berwarna biru serta mempunyai komposisi 25% lazurite. Kalsit adalah mineral kedua yg paling banyak ditemukan pada batu lapis lazuli. Kenampakannya sangat jelas berdasarkan warnanya yg putih patah-patah atau bintik-bintik.
Lapis Lazuli memiliki taraf kekerasan yang relatif rendah yaitu bernilai lima dalam skala Mohs. Dalam perhiasan, Lapis paling baik dipakai buat anting serta liontin. Apabila digunakan dalam cincin sebagai mata cincin, lapis bisa gampang rusak. Selain untuk perhiasan atau batu akik, lapis lazuli ternyata bisa dipakai jua menjadi bahan dasar cat lukis. Warna biru alami yang didapatkan lazurite ternyata dapat membuat sebuah lukisan sangat indah serta berharga mahal. Lapis lazuli digunakan sebagai bahan dasar cat biru buat lukisan kurang lebih abad ke 18 dan acapkali dipakai oleh beberapa pelukis terkenal seperti Vincent Van Gogh. Sekarang, karena porto yang mahal maka bubuk buat membentuk rona biru bahari menurut lapis lazuli semakin sporadis dan menentukan bahan sintetis pengganti lainnya. 
Bagaimana?Tertarik mempunyai batu akik biru laut ini?. Jika anda penggemar berat batu akik maka tidak salahnya buat mencoba mencarinya ke luar negeri.

Sumber serta Gambar:
diolah menurut berbagai referensi

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru