Sesar San Andreas Patahan Legendaris di California

Ada poly patahan pada dunia, tetapi keliru satu patahan legendaris di dunia ini merupakan San Andreas Fault pada California Amerika Serikat. 
Apa itu San Andreas Fault?
Patahan San Andreas merupakan batas geser antara Lempeng Pasifik serta Lempeng Amerika Utara.garis patahan ini membagi California menjadi dua bagian menurut Cape Mendocino ke perbatasan Meksiko. San Diego, Los Angeles dan Big Sur berada di atas Lempeng Pasifik. Sedangkan San Francisco, Sacramento serta Sierra Nevada berada di Lempeng Amerika Utara. Dan meskipun gempa legendaris melanda San Francisco tahun 1906, San Andreas Fault nir melewati kota. Tapi warga di wilayah Desert Hot Springs, San Bernardino, Wrightwood, Palmdale, Gorman, Frazier Park, Daly City, Point Reyes Station serta Bodega Bay terletak tepat batas patahan ini.

Apa Jenis Sesar  San Andreas?
Patahan San Andreas adalah tipe perbatasan lempeng transform atau pergeseran. Bayangkan anda menempatkan 2 potong pizza di atas meja dan geser mereka melewati satu sama lain di mana mereka menyentuh sepanjang tepi batas rabat pizza. Bit pepperoni dari satu sisi runtuh pada perbatasan ke sisi ikan teri. Hal yg sama terjadi dengan Sesar San Andreas, dan geologi dan bentang alam sepanjang keretakan raksasa ini sangat rumit.

Seberapa Cepat Sesar San Andreas Bergerak?
Lempengan diantara San Andreas perlahan beranjak melewati satu sama lain menggunakan kecepatan beberapa  per tahun - secepat kuku Anda tumbuh. Tapi ini bukan gerakan yang tak jarang, itu adalah gerakan homogen-rata. Selama bertahun-tahun lempengan akan terkunci tanpa gerakan sama sekali lantaran mereka mendorong terhadap satu sama lain. Tiba-datang gaya tekan tadi akan memaksa keliru satu lapisan batuan runtuh, dan lempengan tergelincir beberapa kaki sekaligus. Runtuhan batu mengirimkan gelombang ke segala arah, serta itu merupakan gelombang yg kita nikmati sebagai gempa bumi.

Apakah Sesar Terlihat di Permukaan?
Di banyak loka misalnya Carrizo Plain (San Luis Obispo County) dan Olema Trough (Marin County), garisa patahan gampang untuk dicermati sebagai rangkaian scarps/tebing dan pegunungan lipatan Di tempat lain, batas patahan lebih halus lantaran sesar tidak berkiprah dalam bertahun-tahun serta ditutupi menggunakan endapan alluvium, atau ditumbuhi menggunakan semak. Di San Bernardino serta Los Angeles Counties, poly jalan di sepanjang patahan memotong melalui pegunungan besar , dengan poly batuan yang musnah sang gerakan sesar.
Ciri menurut San Andreas Fault merupakan batu yang tidak sama di ke 2 sisi patahan. Selama 28 juta tahun, batu berdasarkan jeda yg jauh bertemu dengan batuan menurut lokasi yg sangat tidak selaras. Blok Salinian granit di California tengah serta utara asal di Southern California, serta beberapa bahkan berkata Meksiko utara. Pinnacles Monumen Nasional pada Monterey County hanya 1/2 menurut kompleks gunung berapi, bagian lain menjadi 200 mil tenggara di Los Angeles County serta dikenal sebagai Volkanik Neenach.

Mitos Patahan
Ada banyak mitos serta legenda mengenai San Andreas Fault, yang terbesar merupakan bahwa pada suatu hari akan terjadi retakan serta California akan meluncur ke laut. SALAH! Itu nir akan terjadi dan tidak bisa terjadi. Hanya di film "2012" hal itu terjadi. Dan nir terdapat hal apapun seperti fenomena keanehan dalam cuaca waktu gempa terjadi.

Patahan Terkenal di Dunia
Patahan San Andreas lebih mudah diakses daripada patahan lain pada dunia. Dengan populasi yang besar California serta iklim yang hangat, ada banyak jalan buat melihat patahan ini. California sangat hening serta hening, sempurna buat program famili. Ada lokasi berkemah berlimpah, mengamati burung, bunga-bunga liar dan satwa liar, mengumpulkan batu serta estetika alam pada sepanjang jalan. Yang dibutuhkan adalah peta yg baik, kendaraan beroda empat yg nyaman serta impian buat melihat patahan yg paling populer pada global. Baca Juga: Animasi Batas Gerakan Lempeng 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI