Si Monster dari Monster Plastik Merubah Dunia

Si Monster dari Monster: Plastik Merubah Dunia

Efek Plastik bagiLingkungan

Indonesia PenyumbangSampah Plastik Terbesar

 

Plastik sebagai barangyang kini tidak mampu lepas berdasarkan kehidupan insan. Setiap hari kebanyakan orangpasti menyentuh atau bahkan menggunakan plastik, sebut saja saat engkau membelimakanan pasti bungkus yg digunakan plastik baik itu kantong plastik ataukemasan makanan tadi. Yakin hari ini belum menyentuh plastik? Casing hpkamu menurut kaca? Apa casing bolpen kamu dari kain? Nah memang penggunaan plastikini sulit buat dihindari.
Kenapa kok dihindari?

Sebelumnya kita kenalterlebih dahulu makna berdasarkan plastik itu apa.

“Istilah plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi sintetik. Mereka terbentuk berdasarkan kondensasi organik ataupenambahan polimer dan mampu pula terdiri dari zat lain buat meningkatkanperforma atau ekonomi.” --Wikipedia--

Kembali ke pertanyaanawal-Kenapa kok dihindari?
Plastik merupakan senyawakimia yang sulit terurai pada tanah bahkan memerlukan waktu sampai ratusan tahunagar plastik tadi sahih-sahih hancur. Coba kita pikir, bila homogen-rata umurplastik merupakan 500 tahun supaya hancur pada tanah maka itu niscaya lebih lama dariumur manusia yg homogen-homogen 79 tahun. Lalu apakah kita mau memberikanpeninggalan berupa plastik kepada anak cucu kita di 500 tahun ke-depan. Padahalnenek moyang kita meninggalkan hal-hal menakjubkan seperti candi, arca, dankarya agung lainnya.


Pada tahun 2018,masih ada kurang lebih 380 juta ton plastik yg sudah diproduksi pada global setiaptahunnya. Diperkirakan terdapat 8,3 miliar ton plastik yang sudah diproduksihingga saat ini. Dari sekian ton plastik yg sudah diproduksi tersebut hanya9% saja yang sudah didaur ulang, 12% terbakar dan 79% terkumpul pada tanah danlingkungan alam lainnya.

Dari sekian banyaksampah plastik ternyata yang paling banyak merupakan botol minuman, menggunakan sekitar480 miliar botol plastik yang sudah dijual di seluruh dunia pada tahun 2018,atau kalau dibagi permenit sebagai 1 juta botol plastik per-mnt. Lalu kemanasampah-sampah plastik itu pulang?
Selain dibakar ternyatadiperkirakan masih ada 10 juta ton plastik mengalir ke laut setiap tahunnya, halini juga diakibatkan lantaran banyak masyarakat yg membuang sampah terutama sampahplastik ke sungai serta tentu saja sungai akan bermuara ke bahari.


Dari sekian juta tonsampah plastik yg masuk ke bahari setiap tahunnya ternyata Indonesia menempatiurutan ke-2 menjadi penyumbang terbesar. Dari asal Ocean Crusaders yangpernah menciptakan daftar negara yang paling banyak menyumbang sampah plastik dilaut menempatkan China pada posisi pertama, Indonesia ke 2 sedangkan Filipinaberada pada urutan ketiga.
Dari data tersebutditemukan sebesar 3 ton metrik sampah plastik pada Indonesia tidak dikeloladengan baik setiap tahunnya.

Banyaknya sampahplastik yang terbuang pada samudera tentu saja bisa mengganggu ekosistem laut.bagi burung bahari dan satwa bahari yg besar , misalnya penyu, lumba-lumba, dananjing bahari dapat menduga plastik yang mengapung merupakan makanan mereka.hal ini tentu saja bisa  menciptakan merekaterperangkap bahkan hingga tercekik sang tas plastik.
Penyu seringkalimenganggap plastik yang mengapung adalah ubur-ubur, padahal ubur-ubur adalahmakanan mereka. Tas plastik yg masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkanpemblokiran internal yg berujung kematian.

Berikut foto-foto mengerikan yang terjadi dalam fauna lantaran plastik :




Sebuah survei baru-baruini yg dilakukan oleh Universitas Plymouth mengungkap bahwa plastik ditemukandi 1/3 ikan yg ditangkap di inggris, antara lain ikan cod, haddock,mackerel serta kerang.

Di tahun 2018, OtoritasKeamanan Pangan eropa memperingatkan peningkatan resiko kesehatan insan dankeamanan pangan dampak potensi dari polusi plastik mikro di lapisan yg bisa dimakan atau ikan yg dijual.

Tak hanya di bahari saja,plastik tentu juga sebagai pencemaran pada tanah yg pula berefek buruk padahewan-hewan darat. Seperti yang terjadi pada peternakan Mudgee, New South Walesmisalnya, ditemukan terdapat hewan ternak yg meninggal dan terdapat delapan kantongplastik pada dalam perutnya. Coba deh bayangi jika hal ini terjadi pada dirimu,engkau nggak memahami jika ternyata kamu makan plastik.
Selain bahaya plastikyang disebabkan ternyata produksi kantong plastik memakai bahan bakar yangtidak ramah lingkungan yaitu, gas, minyak serta batu bara yg dapat menghasilkangas rumah kaca yg tentu saja menyebabkan pemanasan global.

Wah ternyata plastikyang kita pakai sehari-hari memiliki impak yang sangat akbar ya bagikelestarian lingkungan. Lalu bagaimana caranya buat memulai mengurangipenggunaan plastik?
Hal pertama, kurangipenggunaan kantong plastik saat belanja atau mungkin jangan memakai kantongplastik. Kamu mampu menggunakan tas belanja yg terbuat berdasarkan kain yang tentusaja dapat dipakai berkali-kali. Atau jika masih memiliki kantong plastik dirumah, gunakan saja dan jangan dibuang dulu. Lantaran homogen-homogen orang hanyamenggunakan kantong plastik selama 15 menit saja. 15 mnt buat imbas 500tahun.

Jangan pakai sedotan.sedotan kan Cuma kecil kak? Kecil dari engkau ya. Coba deh bayangin engkau minumpake sedotan, kemudian sedotannya dibuang, sedotan temen engkau dibuang juga kan.jadi prinsipnya it is not about me but us. Kalau setiap orang di global inimembuang satu sedotan saja, maka akan terdapat miliaran sedotan yang menjadi sampah.kalau masih mau memakai sedotan, kamu mampu menggunakan sedotan yang terbuatdari bambu yang sanggup digunakan berkali-kali. 
Jadi mengurangi penggunaan plastiktidak hanya akan berdampak dalam diri sendiri tapi seluruh orang.

Jadi buat memulaimengurangi penggunaan plastik wajib dimulai berdasarkan diri sendiri yg tentu sajaakan berdampak akbar bagi lingkungan. Karena misalnya yg kita tahu, selainmerusak pemandangan, plastik juga dapat mengakibatkan fatal bagi ekosistem baikdarat maupun bahari. Jadi jangan tinggalkan plastik buat anak cucu kita karenamasa depan terdapat di tangan generasi belia.

Itu dia sedikit artikelyang bisa Agungpsp sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat danbisa dijadikan inspirasi...

Referensi :

 //id.wikipedia.org/wiki/Plastik
 //www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1049837-indonesia-negara-ke 2-pencemar-bahari-3-ton-lebih-plastik-per-tahun
//www.bbc.com/indonesia/majalah-42309772
//id.wikipedia.org/wiki/Polusi_plastik
//ahmadmanarudin45.blogspot.com/2014/11/polymer-dan-jenis-jenis-plastik.html

Referensi di atas diakses dalam tanggal 22 September 2018 pukul 12;27 WIB.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru