Sifat Bayangan Cermin Datar Cermin Cekung dan Cermin Cembung Terbaru

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, serta Cermin Cembung - Cermin merupakan sesuatu yang mempunyai permukaan licin serta membuat pantulan bayangan benda yg paripurna. Cermin tak jarang kita jumpai pada kehidupan sehari hari bahkan cermin pula banyak dicari dalam kalangan masyarakat. Ketika kita dibangku sekolah tentunya sudah diajarkan tentang cermin serta pembentukan bayangannya. Cermin tersebut dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu cermin datar, cermin cekung dan cermin konveks. Sifat bayangan cermin datar tidak sama menggunakan sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung.
Ketiga jenis cermin ini mempunyai sifat bayangan masing masing lantaran mempunyai bagian atas yg berbeda beda. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung serta sifat bayangan cermin konveks. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak pada bawah ini.

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, serta Cermin Cembung

Dibawah ini masih ada sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin konkaf serta sifat bayangan cermin konveks. Berikut ulasan selengkapnya:
Baca pula : Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya

Cermin Datar

Cermin datar adalah jenis cermin yang memiliki permukaan yg datar serta berbentuk garis lurus. Pada cermin datar masih ada bayangan benda yg panjang serta lebarnya sama persis dengan benda aslinya. Jarak antara benda dengan cermin juga sama dengan jeda cermin menggunakan bayangannya. Kita bisa menjumpai cermin datar dikehidupan sehari hari misalnya cermin rias. 
Berikut sifat bayangan cermin datar yang mencakup :
  1. Bayangannya maya.
  2. Tinggi bayangan sama menggunakan tinggi objek.
  3. Ukuran bayangan sama dengan berukuran objek.
  4. Bersifat tegak.
  5. Sifat bayangan terbalik.
  6. Jarak benda dan jarak bayangannya sama.

Cermin Cekung

Cermin cekung adalah jenis cermin yg mempunyai permukaan berbentuk lengkungan kedalam atau konkaf. Jarak tengah cermin akan terlihat lebih jauh dari pada bagian tepi cermin. Cermin konkaf juga memiliki titik imajiner yg jaraknya sama menggunakan setiap titik dalam permukaan cermin cekung. Kita dapat menjumpai model cermin konkaf dikehidupan sehari hari misalnya pemantulan lampu kendaraan, senter, serta lampu sorot tipe tertentu. 
Baca pula : Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya
Berikut sifat bayangan cermin cekung yaitu :
  1. Bayangannya bersifat tegak, konkret, terbalik dan diperkecil apabila peletakan objek lebih besar dibandingkan titik fokus cermin konkaf.
  2. Bayangannya bersifat tegak, nyata, terbalik dan diperbesar apabila peletakan objek diantara titik  penekanan cermin cekung.

Cermin Cembung

Cermin cembung merupakan jenis cermin yg mempunyai permukaan berbentuk lengkungan keluar atau konveks. Jarak tengah cermin akan terlihat lebih dekat dari dalam bagian tepi cermin. Cermin konveks pula memiliki titik imajiner yg jaraknya sama menggunakan setiap titik dalam bagian atas cermin dan sebagai pusat kelengkungan cermin. Contoh penggunaan cermin konveks yaitu terdapat dalam kaca spion tunggangan.
Berikut sifat bayangan cermin konveks yang mencakup:
  1. Bayangannya bersifat maya.
  2. Bersifat tegak.
  3. Bayangan bersifat diperkecil.
Demikianlah penerangan tentang sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin konveks. Semoga artikel ini bisa berguna. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI