Sifat Sifat Unsur Senyawa dan Campuran Beserta Contoh Lengkap Terbaru

Sifat Sifat Unsur, Senyawa dan Campuran Beserta Contoh Lengkap - Dalam ilmu ekamatra terdapat bentuk materi zat yang mempunyai pengertian yaitu segala hal yg mempunyai massa serta menempati ruang. Salah satu contoh berdasarkan bentuk materi ini ialah alam semesta yang terdiri berdasarkan udara, meja, kursi dan sebagainya. Materi zat bisa dibagi menjadi 2 bentuk yakni zat murni dan campuran. Zat murni merupakan zat kimia yang terdiri berdasarkan bagian bagian yang seluruhnya bersifat seragam serta permanen, contohnya karbondioksida, air, udara, dan nitrogen. Sedangkan zat adonan merupakan zat yg tersusun dari beberapa bentuk zat. Untuk zat murni bisa dibagi sebagai unsur dan senyawa. Maka menurut itu masih ada sifat unsur, contoh unsur, sifat senyawa, contoh senyawa, sifat adonan dan contoh campuran.
Lalu apa itu unsur? Apa itu senyawa? Apa itu campuran? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sifat sifat unsur, model unsur, sifat sifat senyawa, model senyawa, sifat sifat campuran serta model campuran. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Sifat Sifat Unsur, Senyawa dan Campuran Beserta Contoh Lengkap

Secara garis akbar materi dapat dibagi menjadi tiga jenis yakni unsur, senyawa serta campuran. Dibawah ini masih ada penerangan mengenai sifat sifat unsur, sifat sifat senyawa, serta sifat sifat campuran lengkap dengan contoh unsur, contoh senyawa serta contoh adonan.
Baca pula : Penjelasan Konfigurasi Elektron Lengkap

Unsur

Unsur merupakan zat tunggal yang tidak mengalami reaksi kimia sehingga nir dapat diuraikan lagi sebagai sebuah zat baru yang sederhana. Unsur tersebut masih dapat dibagi lagi sebagai 2 bentuk yakni unsur non logam serta unsur logam. Setiap bentuk unsur memiliki sifat serta contohnya masing masing.

Sifat Sifat Unsur Logam
  1. Memiliki warna yg mengkilap.
  2. Penghantar listrik yg baik.
  3. Penghantar panas yg baik.
  4. Memiliki wujud berupa zat padat (kecuali raksa/merkuri).
  5. Bisa ditempa sebagai sebuah lempengan ataupun lembaran.
Contoh unsur logam meliputi emas, besi, tembaga, platina, raksa serta seng.

Sifat Sifat Unsur Non Logam
  1. Memiliki wujud padat, gas dan cair pada suhu kamar.
  2. Memiliki warna yang tidak mengkilap.
  3. Tidak bisa menghantarkan panas.
  4. Tidak dapat menghantarkan lisrik.
  5. Tidak bisa ditempa.
Contoh unsur non logam meliputi Carbon, Platinum, Oksigen, Sulfur serta sebagainya.
Baca pula : Pengertian, Teori, Sifat Asam serta Basa

Senyawa

Senyawa merupakan zat tunggal yg dibuat oleh adonan dua atau lebih atom yang mengalami reaksi kimia. Berikut sifat sifat senyawa yaitu:
  1. Dapat diuraikan sampai menjadi zat unsur/zat sederhana.
  2. Dibentuk menggunakan melalui reaksi kimia.
  3. Memiliki perbandingan yg permanen.
  4. Ketika berubah menjadi senyawa, unsur pembentuknya mempunyai sifat yang tidak sama/berubah.
  5. Termasuk zat tunggal.
Contoh senyawa meliputi garam dapur (NaCl), cuka (CH3COOH), air (H2O), dan asam sulfat (H2SO4). 

Campuran

Campuran ialah jenis materi yang terdiri menurut 2 atau lebih zat yg sifatnya berlawananan, tetapi sifat zat aslinya masih terasa dan perbandingannya tidak permanen. Berikut sifat sifat campuran yakni:
  1. Terdiri menurut 2 atau lebih jenis zat.
  2. Masih mempunyai sifat asli menurut zat sebelumnya.
  3. Memiliki perbandingan yang nir tetap atau sembarang.
  4. Secara Fisika bisa dipisahkan.
Campuran ini dapat dibagi lagi menadi dua jenis yakni adonan tidak sejenis serta adonan sejenis. Berikut penerangan mengenai masing masing jenis campuran:

Campuran Homogen
Campuran Homogen artinya adonan yang didalamnya nir bisa membedakan zat zat yang tercampur didalamnya. Contoh campuran sejenis yaitu teh anggun, udara dan sirup.
Baca pula : Pengertian, Klasifikasi, Struktur serta Sifat Polimer
Campuran Heterogen
Campuran tidak sejenis adalah jenis adonan yg zatnya nir bisa bercampur satu sama lain secara sempurna. Selain itu campuran ini masih dapat dipisahkan melalui reaksi tertentu. Contoh adonan tidak sejenis yaitu campuran pasir, air dan semen, adonan gula menggunakan kopi, adonan tanah menggunakan air. Jenis adonan tidak sejenis masih bisa dibagi lagi sebagai dua bentuk yakni koloid serta suspensi. Koloid merupakan jenis campuran heterogen yg memilili adonan zat dengan sifat sama. Misalnya campuran air menggunakan susu, campuran awan dengan udara, serta adonan air menggunakan cat. Sedangkan suspensi ialah jenis adonan heterogen yang mempunyai sifat dapat dilihat mata serta teksturnya kasar. Misalnya adonan air menggunakan minyak, adonan air sungai sehingga berwarna keruh, serta adonan air menggunakan kapur.

Demikianlah penerangan mengenai sifat sifat unsur, sifat sifat senyawa, serta sifat sifat campuran lengkap menggunakan model unsur, model senyawa serta model adonan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI