Sirkulasi Global Yang Mempengaruhi Bumi

Sirkulasi global adalah sebuah peredaran angin menggunakan arah dan tekanan yang tetap sama arahnya selama beberapa bulan atau dalam suatu waktu tertentu. Sirkulasi global ini tersusun secara zonasi menciptakan suStu sabuk angin serta bergabung menggunakan aliran lokal. Sabuk angin ini berupa doldrums, angin animo, angin anti isu terkini, garis lintang kuda, angin barat, serta angin kutub.
Doldrums atau angin mangkat . Merupakan sabuk angin bertekanan rendah yg berada di ekuator. Doldrums terjadi lantaran udara panas di ekuator selalu naik serta dialiri dengan hembusan angin pelan-pelan yang diselingi tiupan yang berubah-ubah.
Angin Musim. Di sebelah utara serta selatan doldrums terdapat angin-angin demam isu. Angin animo bertiup menurut kutub ke ekuator. Oleh rotasi bumi, angin ini dibelokkan ke kanan pada belahan bumi utara serta dibelokkan ke arah kiri pada belahan bumi selatan.
Di belahan bumi utara, angin musim bertiup menurut timur bahari ke barat daya. Lantaran itu, angin ini dinamakan angin animo timur laut. Di belahan bumi selatan, angin trend bertiup dari tenggara ke barat bahari. Lantaran itu, angin ini dinamakan angin isu terkini tenggara.

Angin anti isu terkini. Angin ini bertiup berlawan arah dengan angin isu terkini. Angin anti-trend bertiup di lapisan atmosfer yg lebih tinggi menurut angin trend. Angin anti ekspresi dominan bertiup dari ekuator ke kutub. Di belahan bumi utara, angin antimusim bertiup berdasarkan barat daya. Di belahan bumi selatan, angin anti musim bertiup dari barat bahari.
Garis lintang kuda. Merupakan sabuk tekanan udara tinggi pada daerah subtropis. Sabuk ini berpusat dalam garis lintang 30° utara dan pada garis lintang 30° selatan. Lantaran udara turun pada daerah bertekanan tinggi ini, angin bagian atas bumi acapkali tidak bertiup. Jika bertiup, tiupannya lemah dan tidak teratur.
Angin barat. Merupakan angin yg bertiup menuju wilayah kutub kemudian berbelok lantaran rotasi bumi. Di belahan bumi utara, angin ini menjadi angin barat daya. Di belahan bumi selatan, angin ini menjadi angin barat bahari.
Angin kutub. Merupakan angin dingin yg bertiup dari daerah kutub ke ekuator, lalu berbelok lantaran rotasi bumi. Di belahan bumi utara angin ini menjadi angin timur laut. Di belahan bumi selatan angin ini menjadi angin tenggara.
Sirkulasi lokal
Sirkulasi lokal yaitu aliran dengan skala ruang serta saat yg lebih kecil berdasarkan sirkulasi dunia. Sirkulasi lokal yg dianggap jua angin lokal merupakan angin yang bertiup dampak kondisi lokal di suatu wilayah terbatas dengan luas wilayah kurang menurut 100 km persegi.
Jenis angin lokal diantaranya angin darat serta angin bahari, angin gunung serta angin lembah dan angin fohn.
Angin darat dan angin bahari merupakan sirkulasi angin yg terjadi di daerah pantai. Angin darat serta angin laut bertiup lantaran adanya perbedaan sifat termal antara permukaan daratan menggunakan bagian atas air. Akibatnya, terjadi disparitas tekanan udara antara daratan serta perairan.
Angin gunung serta angin lembah merupakan siklus angin yg terjadi lantaran perbedaan sifat termal antara lembah menggunakan punggung pegunungan. Siklus angin ini terjadi di wilayah pegunungan.

Angin fohn adalah angin yg berkembang menurut bagian bawah atau belakang pegunungan. Angin fohn terjadi karena udara yg secara mekanik dipaksa menaiki serta melintasi zenit pegunungan, kemudian berkecimpung menuruni lereng pegunungan. Udara yg turun mengalami pemanasan adiabatik serta mencapai wilayah yg lebih rendah menjadi angin panas, kering, dan kencang.contoh angin fohn pada Indonesia antara lain angin Bahorok di Deli, angin Gending pada Probolinggo, angin Brubu pada Makassar, dan angin Wambraw di P. Biak.

Gambar: disini disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru