Sistem ePUPNS Akan Bongkar PNS Ijazah Bodong

Programdigitalisasi database pegawai negeri sipil yg gencar dilakukan BadanKepegawaian Negara (BKN) akan dimanfaatkan untuk membongkar mafia ijazah bodongalias palsu. Melalui e-PUPNS, BKN akan gampang mendeteki PNS yg menggunakanijazah bodong.

“BKN saat ini telahmelakukan pendataan ulang seluruh aparatur sipil di Indonesia tanpa terkecualimenggunakan sistem online  (e-PUPNS) hingga 31 Desember mendatang. Langkahini juga buat menghentikan aliran ijazah ilegal,” ungkap

Kepala BKN, Bima HariaWibowo pada kantornya di Jakarta, Jumat (4/9)
Sistem e-PUPNS akan gampangmelacak data yg mereka input. Apabila ijazah palsu akan ketahuan melaluipendataan ulang melalui sistem online.  

"Sekarang berdasarkanamanat UU wajib tulis S1-nya berdasarkan mana, apa universitasnya, tahun berapa lulus.itu wajib lengkap sehingga kita tahu ," terangnya. 

"Pertama kita memahami kompetensinya,lalu mampu men-trace (menelusuri jejak) ijazahnya ini sahih apa nggak sih?"sambungnya.

Dengan sistem ini, istilah beliau, proses pembaruan data riwayat PNS bonafide. Untukmengisi ini tidak butuh waktu usang.  PNS bersangkutan tinggal mengisisendiri data miliknya melalui gadget smartphone, laptop atau bahkan personal komputer .

Jika semua riwayatpendidikan dan pekerjaan secara lebih jelasnya sudah didapat, Bima menyebut masalahijazah palsu sanggup tidak boleh.

Bimasebelumnya membicarakan, tahun 2018 sudah ditemukan 300.000 pegawai fiktif.saat itu negara rugi sampai Rp6 triliun. Kini jumlah pegawai fiktif sudahberkurang menyisakan 10.000 pegawai. Bima berharap menggunakan sistem e-PUPNS ituoknum-oknum PNS fiktif bisa berkurang

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru