Soal Latihan UN Materi Peta dan Pemetaan

Dalam geografi, peta mempunyai peran krusial menjadi alat untuk melihat penyebaran dan menggambarkan fenomena atau tanda-tanda terjadi pada ruang bagian atas bumi. Peta telah dibentuk insan sejak zaman dahulu serta berkembang pesat di abad 15-20. Penjelajahan serta perjalanan yang dilakukan sang insan jaman dahulu menciptakan peta semakin berkembang serta menjadi petunjuk penting menemukan daerah yang baru.
Di jenjang seolah menengah atas, materi peta dan pemetaan terdapat di kelas XII. Materi peta dan pemetaan dalam pelajaran geografi SMA lebih banyak memuat teknik-teknik dasar dalam membaut peta serta komponen-komponennya. Beberapa model materi yg ada dalam bab peta serta pemetaan adalah komponen peta, memilih arah magnetic azimuth, menghitung skala peta, fungsi peta, serta pemanfaatan peta. 
Contoh soal materi peta di UN geografi tahun 2018 adalah menjadi berikut:
34. Jenis peta
- Peta kemiringan lereng
- Peta penyebaran vegetasi
- Peta curah hujan
Informasi yg bisa diperoleh berdasarkan kombinasi peta pada atas adalah....
a. daerah rawan longsor
b. penyebaran iklim
c. tata guna lahan
d. Daerah pertanian
e. Pusat industri
Jawaban yang paling sempurna tentunya merupakan a. Wilayah rawan longsor lantaran informasi kemiringan lerengan berinterelasi dengan jenis dan penyebaran vegetasi dan curah hujan dalam memilih daerah rawan longsor pada sekitarnya. 

Untuk menjawab pertanyaan di atas membutuhkan analisa yang relatif dalam bagi anak didik sebagai akibatnya tidka terjebak sang satu peta saja. Untuk latihan menjelang UN Geografi, saya berikan contoh kumpulan soal mengenai materi Peta serta Pemetaan pada bawah ini:
SOAL LATIHAN UN PETA DAN PEMETAAN

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI