Sosok Penemu Nama Indonesia


Indonesiaberdirimenjadi sebuah negara melalui rentetan sejarah yg begitu panjang. Meski telah71 tahun merdeka, ternyata masih banyak rahasia dan sejarah yg belumterungkap ataupun hanya diketahui segelintir orang.

Sejarah namaIndonesia ditemukan oleh James Richardson Logan dan George Samuel Windson Earl.saat itu Earl mengusulkan nama Indonesia dalam tulisannya berjudul "Journal of The Indian Archipelago and EasternAsia" volume IV tahun 1850.
Sebelum bernama Indonesia, Earl memilih nama Malayunesiakarena sangat tepat untuk ras melayu. Namun, Logan memilih untuk memakainama Indunesia karena nama itu lebih sinonim untuk Indian Island atau IndianArchipelago.

Akhirnya namaIndunesia dipilih untuk menamai negara yang diapit benua Asia dan benuaAustralia tersebut. Namun, huruf 'U' diganti huruf 'O' sehingga menjadiIndonesia.

NamaIndonesiaberasal daribahasa Yunani, 'Indo' serta 'Nesie' yg artinya kepulauan Hindia. 

Segelintirorang malah mengenal Indonesia dengan sebutan Nusantara. Kata Nusantara berasaldari bahasa Jawa Kuno, yaitu nusa yang berarti pulau dan antara yang berartihubungan. Jadi Nusantara adalah rangkaian pulau-pulau.
Sumber: //www.liputan6.com

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI