Sumber Daya Alam Untuk Ketahanan Bahan Industri

Industri merupakan keliru satu kegiatan produksi yang memasak bahan mentah sebagai barang setengah jadi atau barang jadi. Ketahanan bahan standar industri menjadi penting demi keberlangsungan produksi dan memenuhi kebutuhan warga . Ketahanan bahan standar industri merupakan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri. Indonesia punya potensi asal daya alam yang sanggup dipakai buat keperluan bahan dasar industri.

1. Sumber Daya Alam Industri Pangan
Sumber daya alam yang digunakan buat industri pengolahan pangan merupakan output pertanian. Diversifikasi pangan bisa diusahakan buat menaikkan produktifitas lahan. Komoditas pangan Indonesia bermacam-maca menurut mulai padi, jagung, singkong, buah, sayuran, serta lainnya. Komoditas perkebunan akbar misalnya sawit banyak tersebar di Kalimantan serta Sumatera. 

Sistem pertanian Indonesia sudah berkembang semenjak jaman nenek moyang dahulu kala. Pertanian di Indonesia terbagi sebagai pertanian lahan basah, lahan kemarau dan huma pasang surut. Lumbung pangan Indonesia secara umum dikuasai berada pada Jawa serta Sumatera.

2. Sumber Daya Alam Industri Non Logam
Bahan baku industri non logam banyak dipakai buat bahan bangunan, kerajinan serta lainnya. Contoh pemanfaatan bahan galian non logam diantaranya merupakan:
a. Andesit, dapat ditemukan di Sumatera Barat, Jawa Barat serta Jawa Timur. Marmer ada di Sumatera Barat, Lampung serta Jawa Timur. Batu apung masih ada pada Kalimantan Barat dan Pulau Lombok.
b. Galian mineral industri yaitu bahan baku yang dipakai buat industri misalnya gamping, magnetit, batuan fospat, belerang. Batu gamping ditemukan di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa, Sumba, Sumbawa dan Papua. Magnesit ada pada Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua dan Flores. Belerang beredar di Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara.
c. Bahan galian buat kerajinan misalnya batu akik serta intan. Batu akik atau batu mulia poly ditemukan pada Aceh, Riau, Kalimantan dan Halmahera. Intan bisa ditemukan pada Martapura.

3. Sumber Daya Alam Logam
Logam merupakan bahan galian bernilai tinggi serta bisa dipakai buat keperluan industri berat seperti baja. Bijih besi adalah galat satu bahan dasar logam baja. Logam lainnya adalah timah, nikel, bauksit, pasir besi dan tembaga. Logam merupakan penghantar listrik yang baik. Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI