Sumur Artesis Itu Seperti Apa

Apakah engkau punya sumur pada tempat tinggal ?. Lalu darimana air sumur itu dari?. Mungkin Anda pernah mendengar iklan oleh perusahaan air yang ingin menjual "air minum artesis." Apakah air ini tidak sinkron dari air kemasan lain yang diambil berdasarkan mata air?. Emang pentingnya mikirin darimana asal itu air?. Ha

Air mungkin tidak tidak sama, tetapi datang ke bagian atas bumi menggunakan sedikit tidak sinkron. Air tanah di akuifer antara lapisan batuan permeabel (rapat air), seperti tanah liat atau serpih, dapat mempunyai tekanan hidrostatik. Apabila seperti akuifer terbatas disadap sang sumur, air akan naik pada atas zenit akuifer serta bahkan bisa mengalir menurut sumur ke permukaan tanah. Air yang keluar menggunakan cara tadi dikatakan berada pada bawah tekanan artesis, serta akuifernya dianggap akuifer artesis. Kata artesis berasal berdasarkan kota Artois di Perancis, kota Romawi tua Artesium, pada mana mengalir sumur artesis terkenal yang dibor pada Abad Pertengahan. Level dimana air akan memancar ke bagian atas bumi pada akuifer artesis diklaim bagian atas potensiometri. Jadi sumur artesis berada diantara 2 lapisan kedap air.
Sumur pada yg dibor ke dasar batu untuk mencapai tabel air dan jauh pada bawah batuan acapkali dianggap sumur artesis, akan tetapi ini tidak selalu benar. Sumur pada tadi mungkin hanya misalnya biasa, sumur dangkal; menggunakan menggali pada saja tidak otomatis membuat mereka diklaim sumur artesis. Kata artesis, sahih dipakai buat mengacu dalam situasi pada mana air tertekan bawah lapisan batuan yang relatif rapat. Tekanan air artesis bisa sangat kuat seperti halnya geyser.

Contoh menurut sistem akuifer menggunakan sumur artesis

Diagram pada bawah menunjukkan sistem akuifer dekat Brunswick, Georgia, misalnya sebelum pengembangan sistem Floridan akuifer di tahun 1880-an. Sistem akuifer di bawah syarat artesis dan tekanan dalam sistem akuifer relatif akbar buat mengalir pada permukaan tanah pada sebagian akbar daerah pesisir. Di beberapa daerah, tekanan air ini cukup tinggi buat mengangkat air ke bangunan bertingkat tanpa dipompa. Tingkat air artesis (permukaan potensiometri) sekitar 65 kaki di atas bagian atas laut pada Brunswick. 

Aliran air bagian atas disebar secara alami ke mata air, sungai, kolam, huma basah, dan badan-badan air permukaan lainnya sampai ke Samudera. Saat ini, pemompaan air tanah secara kontinyu telah menyebabkan taraf air di akuifer menurun sepanjang daerah pesisir, dengan hasil bahwa beberapa akuifer artesis nir lagi memiliki tekanan cukup buat mengalir secara alami ke bagian atas tanah. Penyedotan air artesis yang nir terkendali bisa menimbulkan rongga udara di dalam tanah sebagai akibatnya memicu timbulnya lubang sinkhole.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI