Susunan Lapisan Interior Bumi

Lapisan interior bumi hingga saat inimasih menjadi misteri mengenai wujud yg sebenarnya karena belum ada alatyang mampu menembusnya. Lalu bagaimana manusia mengetahui susunan lapisanpenyusun  bumi dari atas hingga bawah?.  Jawabannya adalahmenggunakan metode Geofisika.
Ahli Geofisika menelaah bumi melaluicatatan gempa bumi, Pada peristiwa gempa bumi ada 2 macam gelombang, yaitugelombang primer (P) serta gelombang sekunder (S). Gelombang primer bergerakmenerobos bagian pada bumi, yang padat juga yg cair. Pada batuan yangterletak dekat permukaan, gelombang utama bergerak menggunakan kecepatan kurang lebih 5km/dtk serta kecepatan maksimal 14 km/dtk dalam kedalaman dua.800 km. Gelombangsekunder hanya beranjak dalam bagian bumi yg bersifat padat menggunakan kecepatan2/3 berdasarkan kecepatan gelombang primer. Kecepatan gelombang primer serta gelombangsekunder bervariasi sinkron menggunakan dalamnya bagian bumi yg pada laluinya.variasi kecepatan ini oleh para Seismolog dijadikan dasar buat menggambarkanbagian-bagian bumi. Dengan catatan serta perhitungan gelombang gempa ini paraahli membagi secara vertikal susunan bumi berdasarkan bagian atas ke bagian terdalamterdiri dari 3 lapisan yaitu Kerak Bumi (Crust), Selimut (Mantle),dan Inti (Core).


Kerak Bumi (Crust)
Kerak bumi adalahbagian yg paling terluar menurut bumi. Kerak ini bersifat padat serta relatiftipis, serta terdiri atas massa daratan serta massa lautan. Bagian daratan permukaanbumi disebut kerak benua dengan ketebalan antara 15 – 75 km. Keraksamudera lebih tipis menurut kerak benua dengan ketebalan antara lima – 10 km. Keraksamudera serta kerak benua memiliki komposisi yg tidak sama. Kerak samuderaterbentuk oleh batuan padat serta gelap, misalnya basalt serta gabro.berbeda menggunakan kerak benua yang terbentuk oleh batuan yg lebih cerah danlebih padat, misalnya granit serta diorit. Pada kerakbenua termasuk juga batuan metamorfosa serta batuan sedimen yangtidak terdapat pada kerak samudera. Kerakbenua mempunyai berat jenis rata-rata 2,8 gr/cm3. sedangkan kerak samudera mempunyaiberat jenis rata 2,9 gr/cm3.terhadap lapisan di bawahnya, kerakbumi dibatasi oleh bidang batas yang disebut Mohorovicic Discontinuity”dan biasa jua dingkat “Moho”. Mohorovicic ditemukansebagai batas pada tahun 1909 oleh Andrija Mohorovicic (geolog Croasia). Elemen-elemen yang ringan, seperti silicon, aluminium, kalsium, potassium,sodium, serta oksigen membentukkerak bumibagian luar.

Mantel (Mantle)
Selimut (mantle),wilayah bagian dalam bumi yang terletak antara kerak bumi serta inti bumi.selimut merupakan wilayah paling besar dari wilayah-wilayah lainnya.dibandingkan dengan kerak bumi, mantel lebih tebal yaitu sampai sekitar 2.900km. Suhu di sini tinggi, mencapai sekitar 3700oC. Tekanan padaselimut juga tinggi, mencapai sekitar 137 gigapascal (1,37 juta atmosfer).
Mantel terdiridari mantel atas serta mantel bawah. Bagian atas mantel yang bersifat padat danbersama kerak bumi membentuk lithosfer. Ketebalan Lithosfer ± 65– 100 km serta menyelubungi asthenosfer yang mempunyai ketebalan ±100 – 350 km. Asthenosfer mengandung material batuan yang halus serta lebih kakudibandingkan dengan material lithosfer. Hal ini karena dipengaruhi olehtingginya tekanan serta suhu sebagai penyebab batuan menjadi cair serta halus. Mesosferadalah lapisan ketiga berdasarkan mantel yg terletak pada bawah astenosfer denganketebalan antara dua.400 km – 2.750 km. Materi mesosfer bersifat padat , sehinggagelombang primer kecepatannya meningkat, yaitu mencapai 13 km/dtk.diduga materi penyusun mesosfer jauh lebih padat berupa mineral Peridotitdan Pallasit (campuran mineral batuan basa serta besi).
Ukuran relatifdari mantel dapat diumpamakan pada penampang melintang dari telur rebus. Kulittelur mewakili bagian yang tipis, yaitu kerak bumi, yang hanya membandingkankira-kirasatu setengah atau satu persenmassa bumi.bagian putih telur mewakilimantel yang lem-but, yang terdiri dari hampir 2/3 massa bumi serta hampir 5/6volume bumi. Kuning telur mewakili inti bumi.

Mantel dipisahkandari kerak bumi sang batas yang tegas yaitu Mohorovicic discontinuityatau Moho. Ia dipisahkan dari inti bumi dengan batas yang tegasjuga yaitu Gutenberg discontinuity. Kedua batas ini menjadi namakehormatan orang yg menemukan, yaitu Andrija Mohorovicic seismologdari Croasia serta Berno Gutenberg seismolog Jerman yang lahir pada Amerika.
Mohorovicicdiscontinuity terletak dalam kedalaman kira-kira 8 km pada bawah samuderadan kedalaman rata-homogen kurang lebih 35 km di bawah benua, tetapi mampu mencapaisedalam 80 km di bawah rangkaian pegunungan tinggi. Gutenberg discontinuityterletak dalam kedalaman sekitar 2900 km. Kedua penemu batas menggunakan faktabahwa waktu gempabumi, atau seismic, jangkauan gelombang membuat batas yangtegasantara 2 material yg berbedaberat jenisnya, atau bersifat kenyal.
Mantel secara kimiawi berbeda dengankerak bumi serta inti bumi. Terutama disusun oleh batuan peridotit, yang padaprinsipnya terdiri dari mineral-mineral olivin, piroksin, serta amphibol. Kerakbumi disusun oleh material-material yang cerah serta inti bumi disusun oleh besidan nikel.

Inti (Core)
Inti (core) adalahbagian paling dalam dari bumi. Radius inti bumi ± 3.500 km. Radius ini lebihbesar dari planet Mares. Bentuk inti bumi ± 1/3 dari total massa serta sekitar1/6 dari volumenya. Tekanan pada inti bumi jutaan kali lebih besar serta suhuribuan derajat lebih tinggi dari permukaan bumi. Suhu inti bumi berkisar dari4000oC – 5000o C. Ilmuwan tidak dapat mendapatkan sampelmaterial dari inti bumi karena sangat tingginya tekanan serta suhu. Tetapiilmuwan mempercayai bahwa penyusun utama inti bumi adalah elemen-elemen berat,seperti besi serta nikel. Komposisi inti bumi dipercayai sama dengan batumeteorit.
Kajian seismikmengindikasikan bahwa inti bumi terdiri menurut dua bagian, yaitu inti pada yangbersifat solid serta inti luar yang bersifat molten. Ilmuwanmenges-timasikan bahwa berat jenis inti bumi sangat ekstrim, sekitar 13,5 kaliberat jenis air. Konsentrasi yg tinggi berdasarkan besi pada inti bumi dipercayaisebagai penyebab tingginya berat jenis ini.
Ilmuwan telahmempelajari tentang inti bumi melalui pengukuran gelombang seismik. Gelombangseismik berasal dari gempabumi. Ilmuwan telah mencatat data dari ribuan stasionperekam gempabumi. Data seismik yang terekam ini dianalisis serta dikombinasikanoleh kom-puter untuk mendapatkan gambaran dari bagian dalam bumi.
Inti luarmemanjang menurut lebih kurang 2.900 – 5.200 km di bawah permu-kaan. Inti dalammemanjang berdasarkan kurang lebih 5.200 km hingga ke pusat bumi, pada kedalaman sekitar6.400 km.
Pada tahun 1936geolog telah menemukan batas yang lain. Batas kedua yang memisahkan inti luaryang cair dari inti dalam yang solid. Ilmuwan mempercayai bahwa inti dalammempunyai radius sekitar 1.220 km serta terbentuk oleh material yang solid.inti bumi merupakan sumber magnet bumi. Banyak ilmuwan percaya bahwaberbagai gerakan convection pada molten, besi– material yang banyak dari pada inti luar yang menentukan magnet bumi.convection cells juga mengefektifkan bumi berotasi pada sumbunya.gerakan-gerakan besi pada convention cells,berinteraksi dengan magnet bumi.

Sumber serta Gambar:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru