Tabel Trigonometri Sudut Sudut Istimewa Terbaru

Tabel Trigonometri Sudut Sudut Istimewa - Dalam pelajaran Matematika terdapat materi tentang tabel trigonometri. Pelajaran ini tak jarang kali kita temui ketika dibangku SMP (SMP) juga di bangku SMA (Sekolah Menengah Atas). Trigonometri merupakan salah satu pelajaran Matematika yg berkaitan dengan Tangen, Sinus, serta Cosinus (fungsi trigonometri). Sebenarnya trigonometri memiliki hubungan dengan Geometri lantaran merupakan keliru satu bagiannya. Selain itu trigonometri jua berkaitan menggunakan sudut sudut istimewa misalnya 0º, 30º, 45º, 60º, dan 90º.
Sudut sudut istimewa diatas termasuk kedalam sudut Trigonometri Siku Siku. Tabel Trigonometri jua meliputi sudut istimewa satu bulat penuh yaitu 360º. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai tabel trigonometri sudut sudut istimewa. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak pada bawah ini.

Tabel Trigonometri Sudut Sudut Istimewa

Sudah saya jelaskan di atas bahwa tabel trigonometri berkaitan menggunakan Tangen, Sinus, dan Cosinus (fungsi trigonometri). Nah apa itu Sinus? Apa itu Cosinus? Serta Apa itu Tangen? Sinus (sin) ialah perbandingan pada sebuah segitiga antara sisi depan sudut dengan sisi miringnya. Namun perbandingan sinus ini hanya berlaku untuk segitiga siku siku saja ataupun segitiga yang salah satu sudutnya 90 derajat. Kemudian pengertian Cosinus (cos) adalah perbandingan pada sebuah segitiga antara sisi dalam sudut segitiga dengan sisi miringnya. Untuk perbandingan cosinus juga hanya berlaku buat segitiga siku siku ataupun segitiga yg keliru satu sudutnya 90 derajat. Sedangkan pengertian Tangen (tan) merupakan perbandingan dalam segitiga antara sisi pada depan sudut dengan sisi di pada sudut. Penggunaan perbandingan tangen juga berlaku sama seperti sin dan cos. Berikut tabel trigononetri secara umum:
Baca pula : Cara Membaca Angka Romawi (Jumlah Karakter, Cara Penulisan, serta Contoh)
Tabel trigonometri pula berlaku buat satu bundar penuh. Tetapi buat satu bundar penuh dapat dibagi menjadi 4 kuadran yaitu kuadran I (menurut sudut 0º sampai 90º), kuadran II (dari sudut 120º sampai 180º), kuadran III (menurut sudut 210º sampai 270º), dan kuadran IV (dari sudut 300º sampai 360º). Berikut tabel trigonometri masing masing kuadran:

Tabel Trigonometri Kuadran I
Tabel Trigonometri Kuadran II
Baca pula : Rumus Pythagoras Segitiga Siku Siku Beserta Contoh
Tabel Trigonometri Kuadran III
Tabel Trigonometri Kuadran IV
Demikianlah penjelasan mengenai tabel trigonometri sudut sudut istimewa. Tabel ini bermanfaat untuk memudahkan anda pada mengerjakan soal soal sinus, cosinus serta tangen yg berhubungan dengan sudut sudut istimewa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru