TANYA JAWAB SEPUTAR NISN DAN VERVALPD


Tanya Jawab seputar NISN, Registrasi DISDM PDSP dan permasalahannya ini ditampilkan buat menjawab pertanyaanTeman-sahabat OP Dinas serta Sekolah, mudah-mudahanan sanggup menjawab pertanyaan yang selama ini di hadapi sahabat-teman.
*Tanya : Apakah Operator Sekolah yg akan melakukan vervalPD harus registrasi pada SDM-PDSP dengan melamapirkan SK menurut lembaga?
**Jawab : Operator Sekolah yang akan melakukan vervalPD harus registrasi di SDM-PDSP menggunakan melamapirkan SK menurut lembaga buat pada masukan datanya di database Operator pengelola data pendidikan yang di kelola oleh PDSP - Kemdikbud.

*Tanya : Mengapa operator sekolah harus pada pendaftaran ?
**Jawab : Registrasi Operator dimaksudkan buat memudahkan koordinasi dan komunikasi antara operator sebagai bagian dari pengelola data pendidikan menggunakan PDSP menjadi pengelola database pendidikan Nasional.
*Tanya : Berapa usang harus meunggu hasil pendaftaran sebagai akibatnya operator mampu login SDM-PDSP serta verval ?
**Jawab : Segera sesudah berkas pengajuan operator pada periksa oleh admin SDM-PDSP akan di approve jika berkas SK OP sesuai
ketentuan serta akan di tolak apabila berkas mewaspadai, nir lengkap atau tidak valid.
*Tanya : Operator Sekolah telah pendaftaran di SDM-PDSP dan baru melakukan VervalPD, apa yang pertama wajib di lakukan ?
**Jawab : Unduh panduan VervalPD di //sdm.data.kemdikbud.go.id pada pilihan menu Panduan.
*Tanya : Sudah pendaftaran pada SDM-PDSP dan sudah menerima email berdasarkan admin SDM-PDSP, akan tetapi nir sanggup login SDM-PDSP serta vervalPD ?
**Jawab :
*** OP Dinas atau Sekolah yg pendaftaran sebelum lepas 13 September 2018, default username serta passwordnya merupakan email yg pada tuliskan di kolom "Email Pribadi" pada ketika registrasi SDM-PDSP,
*** OP Dinas atau Sekolah yg pendaftaran sesudah lepas 13 September 2018, Username nya merupakan email yang pada tuliskan di kolom "Email Pribadi" dalam waktu registrasi SDM-PDSP serta passwordsnya sama menggunakan password yg di tuliskan pada kolom "Password" serta "Konfirmasi Password".
*Tanya : Kenapa data PD yg telah pada input melalui DAPODIKDAS harus di verifikasi dan Validay kembali ?
**Jawab : Tujuan Verifikasi dan Vaildasi data PD dimaksudkan untuk mendapatkan data pendidikan yang berkualitas, yaitu data yang valid serta benar dan akuntabel
*Tanya : Bagaimana memperbaiki data ganda pada Referensi atau pada residu ?
**Jawab : Pilih keliru satu data PD yg telah valid, dan data ganda nya yg nir valid pada unmatch(data di referensi), atau pada abaikan(data di residu).
*Tanya : Bagaimana memperbaiki data Individu PD yang keliru dalam menuliskan nama serta tanggal lahir ?
**Jawab : Perbaikan data dilakukan dalam menu Edit Data serta pengajuan perbaikan Nama dan tanggal lahir, menggunakan melampirkan berkas pendukung berupa scan berkas orisinil atau copy menurut Akta kelahiran atau Surat Kenal Lahir, atau Ijazah, atau Kartu Keluarga, atau surat kabar dari ketua desa setempat.
*Tanya : Kapan usahakan melakukan perbaikan menggunakan edit data ?
**Jawab : selesainya seluruh data di sisa pada verifikasi dan pada tabel konfirmasi di validasi sang operator Sekolah.
*Tanya : Mengapa data pada pencarian NISN tidak sinkron dengan data di tabel surat keterangan vervalPD ? Data mana yg wajib di pakai ?
**Jawab :
*** Konfirmasi data yang ada di tabel konfirmasi sampai habis
*** proses update serta sinkronisasi data antar server VervalPD serta Dapodikdas masih berlangsung
*** pakai data yg ada pada tabel referensi vervalPD, lantaran data pada tabel surat keterangan vervalPD nantinya akan men-update data :
- Pencarian NISN (//nisn.data.kemdikbud.go.id),
- Master Referensi (//surat keterangan.data.kemdikbud.go.id), dan
- DAPODIKDAS
*Tanya : Data kelas 1/murid baru yang sudah pada inputkan di dapodik belum muncul di vervalPD,
sedangkan sekolah lain sudah, padahal telah sesuai seperti yg dilakukan sang OPS lain, bagaimana solusinya ?

**Jawab : Saat ini proses update/sinkronisasi data antar server VervalPD serta Dapodikdas masih berlangsung.
*Tanya : Bagaimana mencari data PD yang sudah lulus dalam tahun ajaran sebelumnya ?
**Jawab : Masuk ke //dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
*Tanya : Operator Sekolah nir mampu login vervalPTK
**Jawab : VervalPTK, VervalSP dan Wilayah aksesnya terdapat pada Dinas Pendidikan masing-masing Wilayah, apabila Operator Sekolah menemukan data PTK, SP dan Wilayah yg tidak valid, silahkan berkordinasi dan berkomunikasi menggunakan Operator Dinas pada wilayahnya masing-masing.
*Tanya : Kapan batas akhir VervalPD ?
**Jawab : VervalPD akan berakhir bila OP Sekolah dan Orang tua/Wali Murid sudah memahami Administrasi Pendataan Peserta didik dengan baik, misalnya, Menginputkan data individu PD pada Dapodikdas sesuai menggunakan berkas yang absah berdasarkan aturan, misalnya Akta Kelahiran, Ijazah dll.

*Tanya : Saya Operator Sekolah, nir bisa login VervalPD, sebelumnya pernah berhasil login dengan login DAPODIKDAS 2.08 dan sudah melakukan vervalPD, bagaimana solusinya ?
**Jawab : Setelah lepas 28 Juli 2018, VervalPD serta SDM-PDSP tidak lagi menggunakan login DAPODIKDAS namun memakai sistem SSO(Single SignOn), serta Operator yg belum pernah mendaftar/registrasi anggota pada "//sdm.data.kemdikbud.go.id" wajib melakukan daftar/pendaftaran anggota buat bisa melakukan VervalPD, begitu jua Operator Sekolah yang akan mengganti Email/Username waktu login VervalPD.
Sumber : Taufik Lone
==========================================================
TAMBAHAN DARI SAYA SEBAGAI ADMIN BLOG
*Tanya : Setelah melakukan Verval,kemudian synch kenapa pada aplikasi Dapodiknya tetap tidak timbul NISNnya
**Jawab : Tunggu pada beberapa hari,lihat diprogres pengiriman(masukan kodereg)lihat pada peserta didik,apabila telah terdapat NISNnya lakukan synch
*Tanya :  Kenapa sampai Saat ini sulit buat Login VervalPD
**Jawab : Minta bantu lah sama sahabat yg telah mampu login pada SDM,menggunakan memberitahukan No NPSN
Sekolahnya,Email apa yg sudah terdaftar di SDM PDSP tersebut
//sdm.data.kemdikbud.go.id/forum/index.php/csebaran/index/

Kepada Saudara-saudara OPS yang masih pada kegalauan Akibat Peserta didiknya Gagal Terentri ke Verval PD meskipun sudah berulang kali melakukan sync dan "Sukses"., dibutuhkan untuk mengisi Form berikut menggunakan terlebih dahulu mengklik LINK pada bawah ini
1.syncH PD SOLLUTION 

2.form DATA NISN SISWA KELAS 6 / 9 / 12 BERMASALAH

Dibawah gambar yg aku dapatkan menurut sahabat digroup Fb,mengenai bagaimana cara melakukan vervalPD

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru