Tanya Jawab Tentang Aplikasi Dapodik Versi 2018
Aplikasi Dapodik versi 2018 yg baru ini terdapat beberapa perubahan. Dan perubahan tadi sedikit menyisakan poly pertanyaan yg dianggap jadi suatu hambatan bagi operator. Agar tidak mengalami kendala, silahkan bapak/bunda operator simak pertanyaan yang sudah dilengkapi pula menggunakan jawaban-jawabannya sebagai berikut:
Pertanyaan:Bagi Peserta Didik Kleas X, apakah diisikan secara manual atau memanfaatkanfitur Tarik Peserta Didik?
Jawaban : Pengisian Peserta Didikbaru lebih efektif memanfaatkan tarik PD menggunakan melihat kevalidan datanya (namaPD, TTL, NISN, dan nama ibu) , bila data valid lanjut tarik PD. Jika data tidakvalid dengan adanya kesalahan perbaiki datanya melalui vervalpd. Hal inipenting dilakukan agar ada transedental data siswa menurut jenjang sebelumnya. Kecualipeserta didik menurut MI/MTs harus diisikan secara manual.
Pertanyaan: Apa yang wajib dilakukan jika telah melakukan konfirmasi tarik Peserta Didik,tetapi belum pula turun ke aplikasi Lokal? Apakah harus melakukan entri manualjuga?
Jawaban: Jika telah melakukantarik Peserta Didik, tidak diperbolehkan melakukan entri manual yang berakibatdata ganda. Jika terpaksa wajib entri manual dikarenakan blm masuk ke aplikasilebih baik batalkan tarik Peserta Didik terlebih dahulu menggunakan syarat masihtampil datanya
Pertanyaan:Bagaimana solusi apabila pada ketika Tarik PD terdapat data yang hilang atau tidakmasuk ke pada aplikasi ?
Jawaban: Tarik Peserta Didik lebihbaik sedikit demi sedikit, buat menghindari data yg hilang selamasyncronisasi yang kemungkinan dikarenakan jaringan yang nir stabil. Sebelumsyncronisasi jangan lupa Klik tombol Konfirmasi terlebih dahulu. Tips nyaadalah setelah tarik Peserta Didik lakukan sync, jangan mengumpulkan hasiltarik Peserta Didik terlalu poly tapi lakukan sync sehabis tarik secarabertahap.
Pertanyaan: Bagaimana jika 1 ruang kelas dijadikan 2 rombel bahkan 3 rombel ?
Jawaban: Dalam 1 ruang kelas urutkan jam pembelajaran sinkron menggunakan urutanwaktu nya. Bisa seperti kelas pagi dan kelas siang. Misal kelas pagi berdasarkan Jampelajaran ke 1,dua…, 6 dan kelas siang jam ketujuh,8… 12. Sehingga sistem sepertikelas kombinasi pagi dan siang jangan pernah membuat data prasarana ruang kelasbaru bila memang tidak ada prasarananya.
Pertanyaan: Bagaimana bila Ruangan kelas pada bagi dua dengan sekat triplek/ nir permanen ?
Jawaban: Dalam isian prasarana R.kelas tetap di anggap 1 ruang saja. Adapununtuk jadwal dibentuk seperti pada no.1 , walaupun pada saat penyelanggaraansekolah nya di pilih “pagi”.
Pertanyaan: Mengapa dalam jadwal masih ada deteksi validasi, apabila PTK Mengajar di urutanjam pembelajaran yg sama tapi beda rombel akan ditolak pada pelaksanaan?
Jawaban: Solusi pastikan nir terdapat jam yang bentrok pada pengisian jadwal.jumlah slot jam di jadwal adalah jumlah dari jam yang pada inputkan dipembelajaran. Pastikan jam nya telah sesuai antara pembelajaran dan jadwalsudah di bagi habis serta tidak bentrok antar rombel. Definisi jadwal bentrokadalah apabila PTK yg sama mengajar pada jam pembelajaran yang sama pada hariyang sama pada prasarana rombel (ruang kelas) yang berbeda.
Pertanyaan: Dalam pengisian jadwal masih ada baris warna merah, apa penyebab dan dampaknya?
Jawaban: apabila jadwal nir urut, missal berdasarkan jam pembelajaran ke-dua loncat kejam pembelajaran ke-4 karena diselingi mapel yang terdapat pada gerombolan tambahan ygtidak masuk pada jadwal aplikasi dapodik. Maka akan terlihat tidak urut. Dampaknya telihat warna merah seperti di gambar. Dan ini TIDAK APA-APA. Tidakmenghambat sync tdk invalid. TIDAK BERMASALAH. Hanya mengingatkan jadwal tidakurut.
Pertanyaan : Lantaran kekurangan guru, maka 1 pengajar mengajarlebih berdasarkan 1 rombel. Bagaiamana cara input pada jadwal ?
Jawaban : Tidakmasalah jika memang faktanya demikian. Cara inputnya seperti angka 1, pastikantidak terdapat yang bentrok (mengajar dalam urutan jam yang sama dalam hari yangsama). Lantaran sistem validasi aplikasi tidak mendapat inputan jadwal yangbentrok.
Pertanyaan: Bagaimana buat jadwal upacara, istirahat , ekstrakurikuler ?
Jawaban: Tidak perlu diinputkan ke dalam jadwal, hanya mata pelajaran tatapmuka yg sesuai Kurikulum saja yg diinputkan. Upacara, istirahat, Ekstrakurikuler dan kegiatan kookurikuler lainnya tidak perlu diinput kejadwal.
Pertanyaan: Bagaimana cara input untuk mapel Agama yang diajar lebih dari 1 agama?
Jawaban: Sementara pilih saja kepercayaan yg lebih banyak didominasi untuk menghindari deteksijadwal bentrok.
Pertanyaan: Mengisi jam guru BK buat kurikulum 2018 dan KTSP ?
Jawaban: Jumlah jam pada pembelajaran diisi menggunakan 0 jam supaya nir munculslot jam pada pilihan menu Jadwal. Karena beban mengajar guru BK ditinjau menurut rasiomurid sejumlah 150 siswa per 1 Pengajar BK.
Pertanyaan: Mengisi jam pengajar TIK buat kurikulum 2018 ?
Jawaban: Jumlah jam pada pembelajaran diisi dengan 0 jam agar nir munculslot jam dalam pilihan menu Jadwal. Karena beban mengajar pengajar TIK dilihat darirasio murid sejumlah 150 murid per 1 Guru TIK.
Pertanyaan: Mengisi jam guru TIK buat kurikulum KTSP ?
jawaban: Untuk guru TIK yg mengajar dalam kkurikulum KTSP dikarenakan jammapel Teknologi Informasi serta Teknologi masuk pada jam wajib / wajib tambahan,maka wajib dimasukkan ke dalam menu jadwal serta mempunyai slot jam pada jadwal.
Sumber: Tim Dapodik