Tata Geografi Fisik Topologi dan Biotik

Hal paling primer dalam mengusut geografi adalah "LOKASI". Lokasi bertalian menggunakan istilah daerah, daerah, atau region. Untuk mengenali karakteristik-ciri suatu daerah maka perlu dipelajari rapikan geografi yg meliputi unsur fisik, topologi dan biotik.
a. Unsur Fisik
Unsur fisik daerah terdiri berdasarkan:
- Cuaca serta Iklim, merupakan faktor alamiah yang dapat memengaruhi jenis dan penyebaran aneka macam fenomena misalnya tanaman fauna, ras dan insan, serta budaya hayati.
- Air, merupakan unsur krusial pembentuk kehidupan. Air dipakai pada banyak sekali kebutuhan insan misalnya irigasi, perikanan, pembangkit listrik dan lainnya.
- Relief dan Tanah, sangat berpengaruh terhadap pemusatan penduduk, jaringan jalan, ongkos angkut barang, pertanian dan perkebunan.
- Bahan Galian, ada atau tidaknya output tambang memengaruhi terhadap minta manusia buat mendiami suatu wilayah.
b. Pengaruh Topologi
Unsur topologi terdiri menurut aspek berikut:
- Pengaruh letak, buat dapat mengetahui keadaan geografis suatu wilayah menggunakan baik maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi daerah itu pada permukaan bumi. Setelah lokasi atau posisi daerah tersebut teridentifikasi maka langkah selanjutnya tinggal mengusut aspek-aspek keruangan pembentuk daerah tadi sampai interaksinya dengan wilayah lain.
- Pengaruh luas serta bentuk, suatu wliayah contohnya negara tentunya akan mempunyai luas dan bentuk fisik yg berlainan. Hal tersebut akan berdampak pada kondisi sosial ekonomi masyarakatnya.
- Pengaruh batas, batas wilayah terbagi dua yaitu batas alamiah dan batas protesis. Perbatasan ini tentu sangat berdampak pada kepentingan politik negara dan pembangunan.

c. Pengaruh Biotik
Pengaruh unsur biotik terdiri atas hewan, tanaman dan insan. Semua organisme tersebut saling berinteraksi menciptakan struktur ruang masing-masing. Beruang kutub adalah pembentuk ruang kutub utara, unta berasosiasi menggunakan gurun dan lainnya.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI