Teknik Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Terbaru

Teknik, Unsur serta Contoh Seni Rupa 3 Dimensi - Seni rupa adalah bagian dari seni yang mempunyai sifat bisa diraba serta dipandang sang mata. Seni rupa bisa dibagi sebagai 2 yaitu seni rupa 2 dimensi serta seni rupa tiga dimensi. Seni rupa 2 dimensi merupakan karya seni yang memiliki jangkauan panjang serta lebar. Menurut pengertiannya ialah luas yang nir memiliki ruang. Sedangkan seni rupa tiga dimensi adalah karya seni yg mempunyai jangkauan panjang, lebar serta tinggi. Pada seni rupa tiga dimensi diklaim pula volume serta mempunyai ruang. Ruang inilah yg membedakan antara seni rupa 2 dimensi menggunakan seni rupa 3 dimensi.
Pada sebuah karya seni rupa 3 dimensi terdapat beberapa simbol yg perlu diperhatikan. Simbol tadi memiliki makna masing masing baik pada bentuk objek maupun unsur seni yang terkandung. Misalnya saja patung berbentuk kuda adalah lambang kegagahan, warna merah melambangkan keberanian, patung katak melambangkan pemanggil hujan, tugu yg terdapat di Jakarta adalah lambang proklamasi serta perjuangan bangsa Indonesia, tugu katulistiwa yg terdapat di Pontianak Kalimantan Barat yang adalah lambang tempat dilaluinya garis katulistiwa, tugu yang masih ada pada Yogyakarta melambangkan  persatuan antara masyarakat menggunakan pemimpin yg bekerjasama melawan musuh pada pemerintahan.

Teknik, Unsur serta Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Baik teknik serta unsur seni Rupa tiga dimensi menurut fungsinya bisa dibagi menjadi 2 yaitu Seni Rupa Murni serta Seni Rupa Terapan. Seni Rupa Murni merupakan karya seni rupa yg mengutamakan keindahan seni dibandingkan fungsi yang terkait seni tersebut. Pada seni rupa murni umumnya mempunyai estetika yg bisa ditinjau sang mata serta hanya berfungsi menjadi pajangan saja. Sedangkan Seni Rupa Terapan adalah karya seni rupa yg dapat membantu insan serta berfungsi tidak menjadi pajangan saja. Seni rupa terapan lebih mengutamakan fungsi seni tersebut daripada keindahannya. Tetapi estetika tadi pula tidak lupa diperhatikan pula.

Unsur unsur seni rupa 3 dimensi bisa dibagi menjadi 3 yaitu :
  • Mempunyai berukuran panjang, lebar serta tinggi
  • Dapat dipandang menurut semua arah atau sudut pandang
  • Memiliki ruang

Teknik Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam pembuatan seni rupa tiga dimensi bisa memakai banyak sekali macam bahan. Setiap bahan yang digunakan memiliki teknik yg tidak sinkron beda. Adapun teknik  teknik yg dipakai aneka macam macam jenisnya. Berikut teknik teknik yang dipakai dalam seni rupa 3 dimensi:
Teknik Seni Rupa 3 Dimensi Aplikasi
Teknik Aplikasi adalah teknik seni rupa tiga dimensi yg digunakan dalam seni menjahit dengan menempelkan aneka macam macam kain yang sudah dipotong potong menggunakan aneka macam bentuk contohnya binatang, boneka, bunga, serta bentuk lain yg berfungsi menjadi hiasan buat membuat dinding sebagai lebih latif.
Baca pula :Pengertian, Unsur, Fungsi serta Jenis Jenis Seni Teater
Teknik Seni Rupa tiga Dimensi Mozaik
Teknik Mozaik adalah teknik seni rupa 3 dimensi yg dipakai dalam seni menggambar buat membuat seni sebagai bentuk yg geometris. Pada pembuatan seni menggunakan teknik ini umumnya rona diganti memakai beberapa seni gambar yg menciptakan geometris.

Teknik Seni Rupa tiga Dimensi Merakit
Teknik Merakit merupakan teknik yang menggabungkan beberapa potong bahan sebagai satu kemudian terbentuklah karya seni. Karya seni yang didapatkan dapat disebut Karya Rakitan.

Teknik Seni Rupa tiga Dimensi Pahat
Teknik Pahat merupakan teknik karya seni 3 dimensi yang dipakai pada seni patung dengan membuang bahan bahan yg tidak digunakan lagi. Dalam pembuatan seni memakai teknik ini umumnya memakai indera martil, kikir, indera pahat serta lain lain.

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi Cor atau Menuang
Teknik cor merupakan teknik menuangkan bahan bahan yang berbentuk cair kedalam sebuah cetakan. Pada teknik ini memakai bahan seperti semen, logam, karet serta bahan bahan lainnya.

Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Selain unsur unsur seni rupa yg sudah aku jelaskan diatas, terdapat unsur unsur utama pada pembuatan seni rupa 3 dimensi ini. Unsur tersebut digunakan buat mempercantik karya seni yang dihasilkan. Unsur unsur tersebut harus ada pada pembuatan karya seni rupa. Adapun penjelasan berdasarkan unsur karya seni tersebut:
Titik Sebagai Unsur Seni Rupa 3 Dimensi
Titik merupakan unsur seni rupa yang paling primer serta adalah unsur dasar dalam pembuatan karya seni yang dihasilkan. Titik tersebut mempunyai perhatian tersendiri karena memiliki bentuk yang berbeda serta warna yang tidak sama juga. Dalam titik bisa dipakai untuk mendapatkan pandangan baru baru pada menghasilkan karya seni. Biasanya titik hanya berbentuk bintik pada seni rupa. Titik tersebut pula berguna pada pembuatan garis serta ruang pada seni rupa 3 dimensi ini.
Garis Sebagai Unsur Seni Rupa tiga Dimensi 
Garis merupakan unsur seni rupa yg berupa tabrakan dalam membatasi ruang, warna, bidang, tektur serta hal lain dalam karya seni rupa. Garis mempunyai sifat pendek, panjang, horizontal, vertikal, tebal, tipis serta sifat sifat lainnya. Dalam unsur garis umumnya lebih berbentuk memanjang serta mempunyai arah eksklusif dalam tahap awal pembuatan karya seni. Garis mempunyai aneka macam bentuk yang bermacam macam yaitu ada garing sejajar, garis zig zag, garis lengkung, garis bersilang, garis mendatar, garis miring, garis tegak, garis spiral serta garis yg bergelombang. Setiap garis memiliki makna masing masing contohnya saja garis patah patah yg bermakna kaku serta garis lurus memiliki makna keras serta tegas.
Bidang Sebagai Unsur Seni Rupa tiga Dimensi
Bidang adalah karya seni yg terbentuk oleh beberapa garis yang dihubungkan. Bidang tadi tidak selaras dengan bentuk. Kalau bidang terusun oleh panjang serta lebar atau mampu disebut pipih. Sedangkan bentuk tersusun sang panjang, lebar serta tinggi atau bisa disebut sebagai volume. Bidang tadi memiliki aneka macam macam jenis. Jenis bidang tadi mencakup bidang organis, bidang geometris, bidang simetris serta lain lain.

Bentuk Sebagai Unsur Seni Rupa tiga Dimensi
Bentuk lebih dikenal menggunakan sebutan plastis atau bangun. Arti bentuk serta plastis pun tidak sama. Kalau bangun mempunyai bentuk yang polos. Sedangkan plastis mempunyai makna bentuk yg beragam serta terdapat nilai menurut karya yg didapatkan. Contohnya saja meja, selain memiliki bentuk jua dapat digunakan untuk belajar serta memberikan kitab buku pada atasnya.
Tekstur Sebagai Unsur Seni Rupa tiga Dimensi
Tekstur adalalah sifat yg dimiliki sang karya seni yang didapatkan serta umumnya dapat dicermati oleh mata serta dirasakan sang indra peraba. Sifat pada tektur ini terdapat dipermukaan benda misalnya kasar, licin, halus, berpori serta mengkilap. Tekstur bisa dibagi menjadi dua berdasarkan jenisnya yaitu tekstur konkret serta tekstur semu. Tekstur konkret memiliki nilai serta kandungan yg sama menggunakan hasil raba maupun output penglihatan. Sedangkan tekstur semu, output yg diraba serta dipandang berbeda menggunakan nilai serta kandungan yang dimiliki sang benda tersebut.

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Contoh karya seni rupa tiga dimensi dapat kita lihat sehari hari. Adapun contoh karya seni rupa 3 dimensi tersebut yaitu :
Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Seni Kriya
Seni Kriya dalah karya seni rupa yg membentuk seni yang mengutamakan bentuk fisik serta keindahan yang masih ada pada karya tersebut. Dalam pembuatan seni kriya perlu ada keterampilan tangan yg pakar atau hand skill. Karya ini tergolong menjadi karya seni terapan nusantara. Kriya tersebut mempunyai banyak sekali macam jenis seperti seni kriya batu, seni kriya logam, seni kriya keramik, serta masih banyak lagi. Seni kriya ini dapat berfungsi sebagai dekorasi yg siap gunakan misalnya furniture. Dalam pembuatan seni kriya terdapat teknik teknik yg dipakai. Setiap teknik tadi memiliki kegunaan masing masing. Adapun teknik yg dipakai merupakan:

1. Teknik Pahat atau Ukir. 
Pada teknik ini umumnya dipakai sang rakyat Bali untuk membuat seni patung atau arca yang menggunakan bahan standar batu andesit. Pada teknik ini anda jua dapat memakai bahan standar logam, kayu atau kulit hewan sebagai bahan dasar pembuatannya.

2. Teknik Bursir
Pada teknik ini menggunakan tanah liat menjadi medianya. Tanah liat tersebut mempunyai tekstur yang lunak sehingga mudah dibuat. Teknik bursir bertujuan buat menambah maupun mengurangi objek karya seni yang akan dihasilkan.

3. Teknik Batik
Di indonesia terkenal menggunakan sandang pakaian batiknya. Batik tadi nir hanya ada di jawa saja, melainkan pula terdapat pada kalimantan, sulawesi maupun pada sumatra. Setiap batik yang asal berdasarkan banyak sekali dareah tadi mempunyai corak yag tidak sinkron. Tetapi teknik pembuatannya sama yaitu bisa memakai teknik batik tulis, batik cap, juga batik lukis. 

4. Teknik Tenun
Selain batik diatas, negara Indoesia juga terkenal menggunakan kain tenunnya. Kain tenun ini pembuatannya dengan disongket atau dengan tenun ikat. Kain tenun ini bisa berbahan dasar perak, emas  bahkan benang sutra. Terdapat beberapa wilayah yang membuat tenun songket meliputi wilayah Bali, Sulteng, Sumut, Lombok serta masih banyak lagi. Pembuatan karya seni menggunakan teknik tenun ini umumnya memerlukan saat yg lama lebih kurang dua hingga 3 bulan.

5. Teknik Anyaman
Teknik Anyaman adalah teknik yg memerlukan ketelatenan karena prosesnya sangat rumit. Proses tadi misalnya teknik silang menyilang, tindih menindih, lipat melipat, serta bolak balik sinkron pola yg sudah dipengaruhi sebelumnya. Bahan yang digunakanpun bermacam macam, contohnya rotan, bambu, pandan, lontar, kertas, eceng gondok, juga tali.

6. Teknik Bordir
Teknik ini digunakan pada seni jahit yg menempatkan benang ke atas kain. Benang tadi kemudian pada sulam buat membangun pola atau hiasan supaya kain tesebut  terlihat lebih indah. Teknik bordir umumnya dipakai buat menghias tas, kerudung, baju, taplak meja serta lain lain.
Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Seni Patung
Patung merupakan model seni rupa tiga dimensi yg cukup dikenal oleh masyarakat luas. Semakin berkembangnya jaman, patung jua berkembang semakin baik serta mempunyai nilai seni yang lebih tinggi. Bahan bahan yang dapat dipakai pada seni patung ini banyak sekali macam. Misalnya saja batu, logam, kayu, serta dapat dicermati dari berbagai arah juga sudut pandang. Patung mempunyai sifat panjang, lebar serta tinggi. Seni patung ini dapat dibagi menjdi 2 yaitu Zonde Bosse serta Relief relief. Zonde Bosse adalah jenis patung yang bentuknya dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari bagian kanan maupun bagian kiri serta hanya dapat menempel pada salah satu sisi saja. Sedangkan relief relief adalah jenis patung yang memiliki makna disetiap pembuatannya bisa berupa adegan atau cerita serta biasanya menempel di permukaan dinding. Dalam relief ini juga masih dibagi lagi menjadi tiga yaitu Baserelief (bentuknya kurang menurut 1/2 aslinya), Demirelief (bentuknya setengah dari bentuk asli), serta Hautrelief (bentuk mirip dengan aslinya)
Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Seni Keramik

Seni Keramik adalah bagian dari sebuah seni yang masih bersifat tradisional namun terdapat unsur modern. Bahan yang digunakan dalam pembuatan seni keramik adalah tanah liat. Selain mudah didapat, tanah liat juga mudah untuk dibentuk. Namun dalam pembuatannya harus melewati proses butsir, plitir, pilin, pembakaran maupun proses glasir. Dalam pembuatan keramik ini memerlukan proses yang sangat rumit serta teknik yang khusus. Tidak lupa pula menggunakan cara cara yang lebih detil serta rawan mengalami kegagalan dalam produksi. Hal tersebut dapat terjadi karena tanah liat bersifat plastis. Keindahan sebuah seni keramik dinilai dari proses pembuatannya. Semakin rumit pembuatannya maka semakin indah pula keramik tersebut. Jaman sekarang semakin banyak seni keramik yang dikembangkan, mulai dengan banyak bentuk maupun harga jual yang semakin tinggi. Bahan bahan keramik pun bermacam macam. Berikut bahan bahan keramik yang sering digunakan:
  1. Bahan keramik untuk mengikat meliputi fire clay, kaolin, ball clay serta red clay
  2. Bahan keramik buat mengisi mencakup silika grog atau samot
  3. Bahan keramik yang masih mentah mencakup bahan bahan yang harus melewati proses pembakaran menggunakan suhu tertentu
  4. Bahan keramik buat melebur mencakup kapur dan felsper
  5. Bahan keramik pelengkap mencakup water glass, talk maupun pyrophilit
  6. Bahan keramik yg bersifat oksida meliputi soda abu, batu kapur serta basa posta felsper
  7. Bahan keramik buat merekatkan seperti gum
  8. Bahan keramik untuk menutup mencakup oksida seng juga oksida sirkon
Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Seni Arsitektur
Seni arsitektur adalah perpaduan dari seni rupa 3 dimensi dengan ilmu desain dalam merancang bangunan. Proses perancangan dapat terjadi secara mikro seperti merancang dekor bangunan, merancang desain produk serta sebagainya. Bisa juga berskala makro yang meliputi merancang sebuah kota, desain arsitektur lanscap serta masih banyak lagi. Pada seni arsitektur ini lebih menonjolkan keindahan serta keserasian dari karya seni yang dihasilkan. Nilai seni yang terdapat pada seni ini ilihat dari segi keindahannya.

Pada pengelompokkannya, seni rupa termasuk dalam golongan seni murni atau pure art, sedangkan arsitektur termasuk kedalam seni terpakai atau applied art. Pada dasarnya seni arsitektur berhubungan dengan perencanaan serta perancangan dalam melakukan  kegiatan yang bersifat membangun. Berbeda pula seperti seni lukis yang hasilnya berupa dua dimensi, seni patung yang hasilnya berupa karya tiga dimensi, serta arsitektur ini mempunya hasil yang berupa karya tiga dimensi serta memiliki ruang.

Dengan perkembangan teknologi, seni arsitektur mulai berkembang  dengan memakai teknologi dalam perencanaannya tetapi permanen mengutamakan keselamatan berdasarkan penggunanya. Seni arsitektur jua menggunakan seni teknik dalam membuat struktur, kontruksi, rekayasa juga teknologi dalam proses pembangunan.

Begitulah penjelasan mengenai teknik, unsur, serta contoh seni rupa 3 dimensi yang dapat saya jelaskan. Seni tidak hanya digunakan sebagai pajangan saja, melainkan dapat digunakan unruk membantu kegiatan manusia. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami apa yang dimaksud seni rupa 3 dimensi tersebut. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI