Teks Anekdot Pengertian Ciriciri Struktur Tujuan Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot Terbaru

Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-karakteristik, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot – Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas materi mengenai teks anekdot. Adapun hal-hal yang akan kita bahas mencakup pengertian, karakteristik-ciri, struktur,tujuan,dan kaidah kebahasaan berdasarkan teks anekdot. Hal-hal tadi akan tersaji pada bentuk bagian-bagian sebagai berikut: Pada bagian pertama akan dibahas tentang pengertian menurut teks anekdot, bagian ini bermanfaat supaya pembaca terlebih dahulu mengetahui serta mengenal apa itu teks anekdot sebelum dilanjutkan ke bagian selanjutnya yaitu karakteristik-karakteristik teks anekdot, struktur teks anekdot, tujuan serta terakhir merupakan kaidah kebahasaan dari teks anekdot itu sendiri.

Baca jua : Teks Ulasan, Pengertian, Struktur, Beserta Contohnya
Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot


Jika anda baru saja memeriksa teks anekdot maka anda harus memahami secara rinci apa itu teks anekdot, dan berikut merupakan Pengertian, Ciri-ciri, Struktur Tujuan, Dan Kaidah menurut teks anekdot itu sedindiri.

Pengertian Teks Anekdot
Teks anekdot merupakan sebuah karangan cerita atau kisah yg bisa jadi berdasarkan  pengalaman hidup seseorang yang ditulis secara singkat, pendek dan lucu tentang berbagai topik seperti pendidkan, politik, aturan, insinuasi, kritikan, dan sebagainya. Dalam teks anekdot itu sendiri, perlu diketahui bahwa teks anekdot tidak hanya berisikan kisah-kisah cerita lucu semata melainkan terdapat pula amanat, pesan moral, serta ungkapan mengenai suatu kebenaran secara umum.
Ciri-ciri Teks Anekdot
Setelah kita mengetahui pengertian berdasarkan teks anekdot, teks anekdot juga memiliki karakteristik-ciri yg dapat bermanfaat menjadi pembeda dari teks-teks lainya. Ciri-karakteristik tersebut dapat kalian lihat sebagai berikut:
  1. Teks anekdot bersifat humor atau lelucon, artinya teks anekdot berisikan kisah-kisah lucu atau bualan.
  2. Bersifat menggelitik, ialah teks anekdot akan menciptakan pembacanya merasa terhibur menggunakan kelucuan yang ada pada teks.
  3. Bersifat menyindir
  4. Bisa jadi tentang orang penting
  5. Memiliki tujuan tertentu
  6. Kisah cerita yang disajikan hampir menyerupai dongeng
  7. Menceritakan tentang karakter fauna serta insan tak jarang terhubung secara generik serta realistis
Artikel Terkait : Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia
Struktur Teks Anekdot
Teks anekdot pula mempunyai struktur-struktur pada pembentukannya. Struktur teks anekdot antara lain Abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, koda, dan Re-orientasi. Untuk mengetahui lebih pada tentang tiap bagain struktur kalian bisa simak yg di bawah ini:
  • Abstraksi, bagian ini terletak dalam bagian awal paragraf, pada bagian ini berisikan gamabaran awal mengenai isi menurut teks anekdot.
  • Orientasi, pada bagian ini berisikan awal mula, latar belakang terjadinya suatu insiden atau insiden yg terjadi dalam teks.
  • Event, berisikan rangkaian peristiwa yg terjadi pada teks.
  • Krisis, bagian ini berisikan tentang pemunculan perseteruan yg terjadi dalam teks anekdot.
  • Reaksi, bagian ini berisikan langkah penyelesaian masalah yg timbul dalam bagian krisis.
  • Koda, dalam bagian ini akan ada perubahan yg terjadi pada tokoh pada teks.
  • Re-orientasi, bagian ini merupakan bagian akhir berdasarkan teks sekaligus menjadi epilog dari teks itu sendiri.

Tujuan Teks Anekdot
Seperti kita ketahui teks anekdot jua memiliki tujuan yang pada tujukan buat pembaca pada setiap kisah cerita yang ditulis. Tujuan-tujuan tersebut merupakan latar belakang bagi pengarang atau penulis  buat menulis sebuah teks anekdot. Berikut pada bawah ini adalah beberapa tujuan menurut penulisan teks anekdot.
  1. Untuk membangkitkan tawa bagi pembacanya.
  2. Sebagai saran penghibur.
  3. Sebagai saran pengkritik.
Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot
Teks anekdot pula mempunyai kaidah kebahasaan tersendiri tidak sama dari teks lainnya. Kaidah kebahasaan itu sanggup kalian lihat pada bawah ini.
  • Menggunakan istilah berita ketika lampau
  • Menggunakan istilah penghubung
  • Terdapat penggunaan istilah kerja
  • Urutan peristiwa berdasarkan waktu
  • Menggunakan jenis pertanyaan retorik, yaitu kalimat pertanyaan yang nir mengharuskan untuk dijawab.
Sekian posting kali ini tentang Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-karakteristik, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks . Semoga dengan pembahasan pada posting ini bisa membantu kalian dalam pendalaman materi tadi.
Baca Juga : 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI