Teks Tanggapan Kritis Pengertian Contoh Dan Struktur Teks Tanggapan Kritis Terbaru

Pengertian Teks Tanggapan Kritis, Struktur Dan Contoh Teks Tanggapan Kritis - Teks tanggapan kritis merupakan teks yg berisi tentang sebuh tanggapan atau opini seorang mengenai sesuatu menurut perspektif (sudut pandang) tertentu. Umumnya teks tanggapan kritis dipakai buat menilai atau mengkritisi sebuah hal secara kritis serta rinci.

Dalam dunia pendidikan teks tanggapan kritis dijadikan sebagai materi pembelajaran siswa kelas 2 dan tiga Sekolah Menengah Atas yang mengacu pada kurikulum 2018. Tidak hanya dijadikan sebagai materi saja tetapi teks tanggapan kritis pula dijadikan menjadi soal ujian menggunakan kata kunci menjadi berikut: pengertian teks tanggapan kritis, ciri-ciri teks tanggapan kritis, struktur teks tanggapan kristis serta contoh teks tanggapan kritis yang nantinya akan ikut memilih faktor kelulusan siswa.


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan poin-poin krusial mengenai teks tanggapan kritis meliputi pengertian, struktur teks, dan model berdasarkan teks tadi.untuk menambah pemahaman materi ini, kalian bisa langsung membaca penjelasannya dibawah ini :


Teks Tanggapan Kritis: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Dan Contoh

Materi kali ini akan aku bagi sebagai 4 bagian yg membahas pengertian, karakteristik-ciri, struktur dan contoh teks tanggapan kritis.
Pengertian Teks Tanggapan Kritis
Teks Tanggapan kritis bisa diartikan sebagai suatu teks yang menanggapi secara kritis atau menaruh kritikan terhadap suatu hal seperti perbedaan pendapat ataupun kesalahan.pada umumnya penggunaan teks tanggapan kritis biasa dipakai pada perdebatan atau diskusi didalam organisasi atau forum-lembaga diskusi eksklusif yg didalamnya terdapat perbedaan pendapat yang dikemukakan sang anggota,disitu kita bisa buat menganalisis pendapat orang lain serta memberikan kritikan terhadap pendapat tadi dan kebalikannya kita juga harus bersiap buat mendapat kritikan juga menurut anggota lain.tanggapan kita sanggup melemahkan atau menguatkan suatu penilaian dan pendapat yang masih ada dalam teks yg kita tanggapi.tanggapan tadi perlu disertai keterangan yg seksama supaya dapat diterima orang lain.
Baca jua: Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia
Struktur Teks Tanggapan Kritis
Teks tanggapan kritis memiliki 3 bagian struktur meliputi penilaian, Deskripsi Teks, dan Penegasan Ulang,.teks tanggapan kritis memang memiliki struktur yang hampir sama menggunakan teks diskusi jadi untuk mengetahui mengenai ketiga struktur tadi lebih dalam kalian sanggup menyimak baik-baik tulisan dibawah ini:
  • Evaluasi,adalah struktur pertama dalam teks tanggapan kritis yang berisi tentang pernyataan umum yang disampaikan sang penulis tentang pertarungan yg terdapat pada teks.(Gambaran umum tentang hal yg diulas pada teks)
  • Deskripsi,adalah bagian kedua sehabis penilaian yg berisi tafsiran tentang informasi data atau  pernyataan yang bisa mendukung  pendapat  maupun melemahkan suatu pendapat atau teori.
  • Penegasan Ulang, adalah struktur terakhir teks tanggapan kritis yg berisi mengenai penekanan pendapat terhadap apa yang telah diputuskan dan lakukan dan yg telah diputuskan.
Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis
  • Berisi tanggapan mengenai suatu insiden yang terjadi di pada lingkungan lebih kurang yang disertai dengan kabar serta alasan yg bisa menguatkan tanggapan tersebut.
  • Memiliki tiga struktur mencakup Evaluasi, Deskripsi teks, serta Penegasan ulang.
  • Bahasa yang dipakai memakai kalimat kompleks, konjungsi, dan istilah acum.
Contoh Teks Tanggapan Kritis

Ugal-ugalan membawa maut
       Akhir-akhir ini seringkali diberitakan di media cetak maupun di tv mengenai kecelakaan yg melibatkan metromini.salah satu indera transportasi umum ini memang sedang sebagai sorotan pemerintah Jakarta dikarenakan poly perkara kecelakaan yg ditimbulkan indera transportasi ini.dari masalah-kasus kecelakaan  tadi terjadi karena beberapa hal, seperti sopir yang kelelahan, pengendara yg ugal-ugalan, kelalaian terhadap peraturan kemudian lintas, dan syarat mesin metro kecil yang sudah tidak layak jalan. Faktor terbesar menurut kecelakaan-kecelakaan tadi merupakan kelalaian sopir serta cara mengemudi yang ugal-ugalan.

     Kasus yg masih hangat diperbincangkan yaitu, perkara yang baru  terjadi dalam  hari Minggu, 6 Desember 2018 sekitar pukul 08.24 WIB  yaitu kecelakaan yang melibatkan sebuah metro kecil dan KRL commuter line diperlintasan angke, Jakarta Barat. Yang menjadi penyebab terbesar kecelakaan ini merupakan  kelalain sang sopir metro mini yang tetap nekat melaju tunggangan melewati pintu perlintasan kereta api yang sudah tertutup, padahal dalam saat yang sama sebuah KRL sedang melaju. Warga kurang lebih yang melihat insiden tadi sudah meneriaki sopir bila ada kereta yg melintas, namun oleh sopir tetap tidak menghiraukan warga . Akhirnya kejadiaan nahas pun terjadi waktu metromini melewati rel kereta. Mesin metromini tiba-datang mangkat waktu berada di tengah perlintasan kereta. Akhirnya tabrakan pun tak bisa dihindari, sebuah KRL menghantam sempurna di badan metromini sampai menyeretnya hingga 200 meter. Akibat kecelakaan tadi 13 orang korban termasuk sopir wajib kehilangan nyawanya. Dari perkara tersebut kesalahan terjadi ada pada pengemudi metromini yang lalai serta ugal-ugalan dalam mengendarai tunggangan.dari kasus tersebut kesadaran pengemudi memang sangat diharapkan mengingat cara mengemudi yang demikian bisa merugikan banyak pihak,kerugian-kerugian yg ditimbulkan lantaran mengemudi secara ugal-ugalan dapat dicermati di bawah ini.


       Yang pertama adalah, mengemudi ugal-ugalan dapat mencelakai diri sendiri juga orang – orang terdekat kita. Mengemudi kendaraan yg pada luar batas normal serta melanggar aturan kemudian lintas bisa menyebabkan musibah kecelakaan, sebagai akibatnya dapat melukai diri sendiri serta orang – orang terdekat yang mungkin ada bersama kita waktu insiden berlangsung. Bahkan akibatnya tidak hanya melukai, namun pula bisa merenggut nyawa korban tidak bersalah juga orang yang  mengemudi ugal-ugalan pada jalan raya. Dari data kepolisian menyatakan bahwa dari 1900 perkara kecelakaan akibat pengemudi yg ugal-ugalan, sekitar 5034 orang kehilangan nyawanya.


       Kedua, mengemudi secara ugal-ugalan bisa mencelakai orang lain, misalnya pejalan kaki. Para pengemudi yg memacu kendaraannya menggunakan kecepatan tinggi pada luar batas bisa  kehilangan kontrol atas kendaraanya, sehingga bisa menimbulkan petaka bagi para pejalan kaki. Contohnya kecelakaan  yang terjadi di Tugu Tani, Jakarta beberapa tahun lalu, dalam kasus tadi sebesar 17 orang korban wajib kehilangan nyawa mereka secara sia-sia, dan 20 korban lainya harus dilarikan ke rumah sakit lantaran  luka – luka yg diakibatkan tertabrak mobil yang dikemudikan  oleh seseorang perempuan yang datang-tiba lepas kendali serta menabrak orang-orang yang kebetulan saat itu sedang berjalan.


      Dengan demikian, mengemudi secara ugal-ugalan sangatlah berbahaya bagi pengendara itu sendiri juga orang lain yg terdapat disekitar kita.alangkah baiknya jika kita mengendarai kendaraan secara normal sinkron menggunakan aturan kemudian lintas demi keselamatan bersama pengguna jalan.


Keterangan struktur teks diatas menjadi berikut:

Evaluasi:Bagian evaluasi pada teks tadi berada pada Paragraf pertama
Deskripsi Teks,bagian deskripsi teks masih ada pada paragaraf 2 sampai menggunakan paragraf 3.
Penegasan Ulang:Terdapat pada paragraf 4 didalam teks diatas.
Sekian posting aku kali ini mengenai Teks Tanggapan Kritis, Pengertian Contoh Dan Struktur Teks Tanggapan Kritis.semoga dapat membantu kalian dalam tahu materi tersebut.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI