Tentang Shading Modelling Bab 3 Desain Pemodelan Grafik lanjutan 2.

Tugas Softskill
BAB3


APLIKASIYANG MENDUKUNG SHADING MODELLING


            Model 3D adalah galat satu blokbangunan krusial dari komputer grafis 3D. Tanpa mereka tidak akan ada  komputer animasi-tidak terdapat Toy Story, tidakada Wall-E, nir terdapat ogre hijau besar . Tidak akan terdapat game 3D, yg berartikita tidak pernah untuk mengeksplorasi Hyrule pada Ocarina of Time, serta MasterChief tidak pernah dalam Halo. Tidak akan ada film Transformers (setidaknya carakita tahu mereka hari ini), dan iklan mobil nir mungkin melihat hal sepertiini satu. Setiap objek, karakter, dan lingkungan dalam setiap film animasikomputer atau video game 3D terdiri dari contoh 3D. Jadi ya, mereka cukup pentingdalam global CG.

Apaitu Model 3D?


            Model 3D adalah perwakilan darisetiap objek 3 dimensi (konkret atau bayangan) dalam lingkungan perangkatlunak 3D. Tidak seperti gambar 2D, model 3D bisa dicermati di suite perangkatlunak spesifik berdasarkan sudut manapun, serta dapat ditingkatkan, diputar, atau secarabebas dimodifikasi. Proses menciptakan serta membentuk contoh 3D dikenal sebagaipemodelan 3d.

JenisModel 3D


            Ada 2 jenis primer menurut contoh 3Dyang dipakai dalam film & industri game, disparitas yg paling jelas beradadi jalan mereka diciptakan serta dimanipulasi (ada perbedaan dalam matematikayang mendasari juga, tapi itu kurang penting hingga akhir -pengguna).

NURBSSurface


            NURBS Surface: A Non-seragam rasionalB-spline, atau NURBS Surface merupakan model permukaan halus yg diciptakanmelalui penggunaan kurva Bezier (seperti versi 3D berdasarkan alat pena MS Paint).untuk menciptakan permukaan NURBS, artis menarik 2 atau lebih kurva dalam ruang3D, yang bisa dimanipulasi dengan menggerakkan menangani dianggap kontrol vektor(CV) sepanjang sumbu x, y, atau z
Aplikasi perangkat lunak interpolates ruangantara kurva dan membangun mesh halus antara mereka. NURBS Surface memilikitingkat tertinggi presisi matematis, dan karena itu paling acapkali digunakandalam pemodelan buat rekayasa serta desain otomotif.

PolygonalModel


            Polygonal Model: model Polygonal atau"(Meshes)/jerat"  mereka seringdisebut, merupakan bentuk paling umum dari contoh 3D ditemukan pada animasi, film,serta industri game, dan mereka akan menjadi jenis yg kita akan serius padauntuk sisa artikel.

            Model Polygonal sangat mirip denganbentuk geometris Anda mungkin pelajari di sekolah menengah. Sama seperti sebuahkubus geometris dasar, contoh poligonal 3D terdiri dari paras, tepi, serta simpul.

            Bahkan, model 3D yang paling kompleksmulai sebagai bentuk geometris sederhana, seperti kubus, bola, atau silinder.bentuk-bentuk 3D dasar disebut primitif objek. Primitif yang kemudian dapatdimodelkan, berbentuk, serta dimanipulasi menjadi apa pun objek seniman sedangmencoba untuk membuat (sebanyak yang kita ingin masuk ke lebih jelasnya, kita akanmembahas proses pemodelan 3D dalam sebuah artikel terpisah).

Komponendari model poligonal:


            Faces: Karakteristik nyata berdasarkan modelpoligonal adalah bahwa (nir misalnya NURBS Surface) adalah jerat poligonalsegi, yg berarti permukaan contoh 3D terdiri berdasarkan ratusan atau ribuan wajahgeometris. Pada pemodelan baik, poligons baik persegi empat (quad-kebiasaan dalamkarakter / contoh organik) atau 3 sisi (tris-lebih tak jarang dipakai dalampemodelan game). Pemodel baik berusaha buat efisiensi dan organisasi, mencobauntuk permanen dianggap poligon serendah mungkin buat bentuk yang diinginkan.

            Jumlah poligon pada mesh,dianggap-poli-count, sementara kepadatan poligon disebut resolusi. Model 3Dterbaik memiliki resolusi tinggi lebih detil adalah dibutuhkan-misalnya tangankarakter atau paras, dan resolusi rendah pada daerah rinci rendah mesh. Biasanya,semakin tinggi resolusi holistik model, halus itu akan timbul pada renderakhir. Jerat resolusi yg lebih rendah terlihat berbentuk kotak (jangan lupa 64Mario?).

Edge: Edge merupakan setiap titik pada permukaanmodel 3D di mana 2 wajah poligonal bertemu.

            vertices/Simpul: Titik perpotonganantara tiga atau lebih ujung disebut verteks (gb. Simpul). Manipulasi simpulpada x, y, dan z-sumbu (sayang dianggap sebagai "mendorong serta menarikverts") merupakan teknik yang paling umum buat menciptakan mesh poligonalmenjadi bentuk akhir itu dalam paket pemodelan tradisional seperti Maya, 3dsMax, dll . (Teknik sangat, sangat tidak sinkron dalam pelaksanaan mematung sepertiZBrush atau Mudbox.)

Ada satu komponen yang lebih berdasarkan model 3D yangperlu ditangani:

Teksturdan Shaders:


            Tanpa tekstur dan shader, contoh 3Dtidak akan terlihat menarik. Bahkan, Anda tidak akan dapat melihatnya samasekali. Meskipun tekstur dan shader tidak ada yg melakukan menggunakan bentukkeseluruhan model 3D, mereka mempunyai segala sesuatu yang berkaitan dengantampilan visual itu.

            Shaders: shader merupakan satu setinstruksi diterapkan dalam model 3D yang memungkinkan komputer tahu bagaimanaharus ditampilkan. Meskipun jaringan shading bisa dikodekan secara manual,paket aplikasi yang paling 3D memiliki alat yang memungkinkan senimanuntuk men-tweak parameter shader dengan sangat gampang. Menggunakan indera ini, senimandapat mengendalikan cara permukaan model berinteraksi dengan cahaya, termasukopacity, reflektifitas, sorot specular (kilau), serta puluhan lainnya.

            Tekstur: Tekstur juga berkontribusibesar terhadap tampilan visual contoh. Textures dua file gambar dimensi yangdapat dipetakan ke bagian atas 3D contoh melalui proses yang dikenal sebagaipemetaan tekstur. Textures dapat berkisar menurut yang sederhana dalamkompleksitas tekstur warna datar hingga lebih jelasnya bagian atas sahih-sahih realistis.

            Texturing dan shading merupakan aspekpenting berdasarkan pipa grafis komputer, serta menjadi pintar menulis shader-jaringanatau menyebarkan peta tekstur merupakan khusus pada dalamnya sahih sendiri.tekstur serta shader seniman hanya sebagai instrumen pada keseluruhan tampilanfilm atau gambar sebagai pemodel atau animator.

3.1PENGENALAN BLENDER DAN 3DMAX


            Blender 3D yang merupakan softwaregratis dan open source ini merupakan open source 3D paling populer di dunia.fitur Blender 3D nir kalah menggunakan perangkat lunak 3D berharga mahal seperti 3Dstudio max, maya maupun XSI. Dengan Blender 3D anda mampu menciptakan objek 3Danimasi, media 3D interaktif, contoh serta bentuk 3D profesional, membuat objekgame dan masih poly lagi ciptaan 3D lainnya. Blender 3D memberikan fitur –fitur primer menjadi berikut :

1. Interface yang user friendly serta tertata rapi.

2. Tool buat membuat objek 3D yang lengkapmeliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particledan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dangame creation.

3. Cross Platform, menggunakan uniform GUI danmendukung semua platform. Blender 3D bisa anda pakai buat semua versiwindows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yg lainnya.

4. Kualitas arsitektur 3D yg berkualitas tinggidan bisa dikerjakan menggunakan lebih cepat serta efisien.

5. Dukungan yang aktif melalui lembaga dankomunitas

6. File Berukuran mini .blender adalah perangkatlunak untuk grafis tiga dimensi yang gratis serta terkenal pada kalangan desainer.

(Perangkat lunak adalah kata generik buat datayang diformat serta disimpan secara digital, termasuk program komputer,dokumentasinya, dan aneka macam kabar yg bisa dibaca dan ditulis olehkomputer. Dengan kata lain, bagiansistem personal komputer yg nir berwujud. Istilahini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras computer).

grafis 3 dimensi (3 dimensi atau biasa disingkat3D atau dianggap ruang, adalah bentuk berdasarkan benda yang memilik ipanjang, lebar,serta tinggi. Istilah ini biasanya dipakai dalam bidang seni, animasi, komputerdan matematika. Sistem koordinat Kartesian 3 dimensi: sumbu X, Y, dan Z)

Blender dapat digunakan buat menciptakan animasi 3dimensi.

            (Animasi, atau lebih akrab disebutdengan film animasi, merupakan film yang merupakan output berdasarkan pengolahan gambartangan sebagai akibatnya sebagai gambar yg berkiprah. Pada awal penemuannya, filmanimasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudiandi-"putar" sebagai akibatnya muncul imbas gambar bergerak. Dengan bantuankomputer serta grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat gampang dancepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih poly bermunculan film animasi 3 dimensidaripada film animasi 2 dimensi.)

            Software  pengembangan animasi  dimensi  3 merupakan  software  yg poly digunakan  sang  para praktisi  pada  usaha periklanan.  Software  ini banyak ragamnya, sinkron dengan keterserdiaan fasiltas yang disediakanuntuk memudahkan pengguna. Discreet  3DSMax merupakan  aplikasi dimensi  3 yg bisa  membuat  objek dimensi  tiga  tampak realistis.  Keunggulan  yang dimiliki merupakan  kemampuannya  dalam menggabungkan  objek  image, vektor serta  3  dimensi, serta  langsung  dapat menganimasikan  objek  tadi. Animasi dimensi  tiga dapat diintegrasikan dalam page multimedia dan bisa  berdiri sendiri menjadi sebuah movie.

            Kemajuan dunia grafik khususnyaanimasi 3d telah berkembang menggunakan sangat pesat. Telah banyakkemudahan-kemudahan serta feature-feature baru yg dikeluarkan oleh pihak vendordalam upaya buat semakin memikat konsumen/user dengan produk mereka. Ini tentunyamenjadi nilai tambah bagi para konsumen dalam mengekplorasi inspirasi kreatifitasdalam berkarya. Hal ini tentunya wajib menjadi motivasi bagi siswa selaku insanyang bergelut dalam bidang multimedia buat lebih berfokus dan tekun dalammempelajari penggunaan software animasi 3d multimedia ini.

            Buku panduan ini disusun  menurut berbagai macam asal buat mempermudahsiswa dalam menyelidiki dan mengaplikasikan konsep animasi dan pemodelan 3Ddengan memakai Software 3ds max. Bahasan pada buku panduan ini mencakupdasar-dasar modeling serta animasi tiga dimensi yg sederhana sebagai dasar bagisiswa buat dapat melatih diri dalam mengeksplorasi ilham dan kreatifitas mereka

3.2SEJARAH BLENDER DAN 3DMAX


            Pada tahun 1988 Ton Roosendaalmendanai perusahaan yg berkiprah dibidang animasi yg dinamakan NeoGeo.neogeo adalah berkembang pesat sebagai akibatnya menjadi perusahaan animasi terbesar diBelanda serta galat satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaalselain bertanggung jawab menjadi art director juga bertanggung jawab ataspengembangan software internal.

            Pada tahun 1995 muncullah sebuahsoftware yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blendermemiliki potensi untuk dipakai sang seniman –seniman diluar NeoGeo. Lalu padatahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untukmengembangkan serta memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untukmenciptakan sebuah perangkat lunak animasi 3D yg padat, cross platform yang gratisdan dapat digunakan oleh warga computer yang umum.

            Sayangnya ambisi NaN nir sesuaidengan kenyataan pasar waktu itu. Tahun 2018 NaN dibuat ulang menjadiperusahaan yang lebih mini NaN lalu meluncurkan perangkat lunak komersial pertamanya,Blender Publisher. Sasaran pasar perangkat lunak ini merupakan buat web 3D interaktif.angka penjualan yg rendah serta iklim ekonomi yang nir menguntungkan saat itumengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadappengembangan Blender.

            Lantaran tidak ingin Blender hilangditelan saat begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yangbernama Blender Foundation. Tujuan primer Blender Foundation adalah tersumempromosikan serta mengembangkan Blender menjadi proyek open source. Pada tahun2002 Blender dirilis ulang dibawah kondisi – kondisi GNU General Public License..

            Produk orisinil 3D Studio diciptakanuntuk platform DOS oleh Grup Yost serta diterbitkan oleh Autodesk. Setelah 3DStudio DOS Release 4, produk tadi ditulis ulang buat platform Windows NT,serta berganti nama menjadi "3D Studio MAX." Versi ini pula awalnyadiciptakan oleh Grup Yost. Album ini dirilis oleh Kinetix, yang pada saat itudivisi Autodesk media serta hiburan. Autodesk membeli produk ini pada tanda riliskedua versi 3D Studio MAX serta pengembangan diinternalisasi seluruhnya selamadua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk diubah menjadi "3ds max"(seluruh huruf mini ) buat lebih sinkron menggunakan konvensi penamaan Discreetperusahaan, sebuah perangkat lunak berbasis di Montreal yg telah dibeliAutodesk. Pada rilis 8, produk tadi lagi dicap menggunakan logo Autodesk, dannamanya kembali diubah sebagai "3ds Max" (atas dan huruf kecil). Padarilis 2018, nama produk diubah sebagai "Autodesk 3ds Max".

3.3FITUR-FITUR BLENDER DAN 3DMAX


            Blender mempunyai fitur sama kuatmengatur pada lingkup serta kedalaman ke ujung lain tinggi 3D aplikasi sepertiSoftimage XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.

            Perangkat lunak ini berisi fitur yangmerupakan ciri khas menurut contoh software high-end. Ini adalah Open Sourceyang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan keliru satuyang paling didownload menggunakan lebih dari 200.000 download dari rilismasing-masing.

Fitur termasuk:

•          Model:Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier serta kurvaB-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh;Python Scripting
•          Rigging:Skeleton kode kreasi; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
•          Animasi:animasi editor non-linear; Vertex framing kunci buat morphing, animasiKarakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendalaanimasi
•          Rendering:raytracer inbuilt; oversampling, blor mobilitas, imbas pasca produksi, ladang,non-square pixel, lapisan Render serta melewati; Render baking ke peta UV, Efektermasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan prosespasca-defocus; Ekspor naskah buat penyaji eksternal
•          UVunwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreappingberdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
•          Shading:membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; petaRefleksi
•          Fisikadan Partikel: sistem Partikel bisa dilampirkan ke mesh objek; simulatorFluida; solver Realtime tubuh lembut
•          Imagingdan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter,warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat;Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
•          Realtime3D/Game Penciptaan: editor grafis akal; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan;jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul,beragam, dan mesh segitiga statis menggunakan mode auto penonaktifan; tabrakanDiskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung seluruh modus pencahayaanOpenGL; Python scripting; Audio
•          LintasPlatfrom dengan GUI OpenGL seragam dalam semua Platfrom ,siap untuk digunakanuntuk seluruh versi windows (98, NT, 2018, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUNdan aneka macam Sistem Oprasi lainnya .

•          Kualitastinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
•          Lebihdari 200.000 download (pengguna) menurut seluruh dunia
•          Diekseskusiberukuran mini , dan distribusi rendah


Areakerja 3DS max



1.         Menu,berisi berbagai macam perintah serta fasilitas buat memodifikasi model atauanimasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama menggunakan menu-menu yg terdapat padasoftware dalam umumnya.

2.         ToolReactor,  berisi tool-tool yg dapatdigunakan buat memasukan objek sebagai koleksi reactor.  Atau menggunakan alternatif pula kita bisa lakukandengan menekan Create > Helpers > reactor

3.         CommandPanel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan denganobjek yang kita untuk. Misalnya untuk memilih banyaknya segmen yang ada dalamsuatu objek, density, massa, pengaruh gravitasi, serta banyak lagi yg lainnya.dalam kitab pedoman ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yangberada pada bawah  biasa diklaim rollout.jadi nanti kita nir lagi galau menggunakan kata rollout.

4.         Viewport,merupakan  area atau layar tempat kitamengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang pada animasi tiga dimensi,yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan serta belakang. Berdasarkan sudut pandangtersebut, pada 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom,left, right, front, back, perspectift dan user. Viewport yg aktif ditunjukkan dengan rona kuning di pinggir viewporttersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport pada 3ds max.

5.         Maintoolbar, pada 3ds max masih ada tool yang bisa dipakai buat berbagaikeperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa maintoolbar baku misalnya tampak pada gambar di bawah ini :

Fitur-fitur3DMAX :


a.         Undoberfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b.         Redomerupakan kebalikan menurut undo
c.         Selectand link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lainsehingga terdapat sutu ikatan antara objek tersebut.
d.         Unlinkselection merupakan kebalikan dari link yaitu buat menetapkan ikatan atauhubungan tersebut.
e.         Bindto space warp merupakan fasilitas yang dipakai buat menghubungkan suatuobjek dengan impak eksklusif, contohnya kita akan menghubungkan objek pale denganefek air (Water).
f.          Selectionfilter merupakan fasilitas yang bisa dipakai buat menyaring objek apa yangakan dipilih.
g.         Selectobject digukanan buat menentukan atau menyeleksi objek.
h.         Selectby name digunakan buat menentukan objek dari nama object tersebut.
i.          Selectand move dipakai untuk menentukan serta memindahkan posisi objek.
j.          Selectand rotate digunakan buat menentukan serta memutarkan objek yg kita pilihtersebut.
k.         Selectand scale digunakan buat memilih dan mengubah berukuran objek
l.          Usecenter flyout dipakai buat memilih coordinate system yang akanmempengaruhi proses transformasi.
m.        Mirrordigunakan buat menggandakan atau mencerminkan objek
n.         Layermanager digunakan untuk mengatur layer
o.         Curveeditor digunakan buat mengatur kurva berdasarkan objek yang kita buat
p.         Materialeditor adalah fasilitas buat memberi material atau teksture dalam objek yangkita buat
q.         Renderscene obrolan digunkan buat merender animasi atau model dalam scene terpilih.

TimeSlider dan tool-tool untuk navigasi


            Selain terdapat main tool yang dapatmambantu kerja kita pada viewport masih ada jua beberapa bagian lain yangterdapat pada scene 3ds max yang perlu kita ketahui, yaitu :

TimeSlider


            Prinsipnya sama dengan Timeline yangberada dalam perangkat lunak produsen animasi yang lain, yaitu buat mengatur posisiobjek pada selang waktu eksklusif yang ditunjukkan sang keyframe. Bisa jugakita  fahami fungsinya buat melakukanperubahan animasi pada suatu objek.

3.4Kelebihan Blender dan 3DMAX


            Blender merupakan salah satu softwareopen source yg digunakan buat menciptakan konten multimedia khusunya 3Dimensi,terdapat kelemahan serta beberapa kelebihan yg dimiliki Blender dibandingkansoftware sejenis. Berikut kelebihannya :

•          OpenSource

            Blender adalah salah satu softwareopen source, dimana kita sanggup bebas memodifikasi source codenya buat keperluanpribadi juga komersial, asal nir melanggar GNU General Public License yangdigunakan Blender.

•          MultiPlatform

            Karena sifatnya yg open source,Blender tersedia buat banyak sekali macam operasi sistem misalnya Linux, Mac danWindows. Sehingga arsip yg dibuat menggunakan Blender versi Linux tidak akanberubah saat dibuka pada Blender versi Mac maupun Windows.

•          Update

            Dengan status yg Open Source,Blender bisa dikembangkan sang siapapun. Sehingga update software ini jauhlebih cepat dibandingkan perangkat lunak homogen lainnya. Bahkan dalam hitungan jam,terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tidak tersediadi situs resmi blender.org melainkan pada graphicall.org

•          Free

            Blender adalah sebuah softwareyang Gratis Blender gratis bukan karena nir laku , melainkan lantaran luarbiasanya fitur yg mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengandigratiskannya perangkat lunak ini, siapapun bisa berpartisipasi dalammengembangkannya buat sebagai lebih baik. Gratisnya Blender terkenal diseluruh dunia bukanseperti 3DMAX/ Lainnya yang pada Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayaruntuk mendapatkan cap LEGAL. Lantaran Blender GRATIS serta LEGAL

•          Lengkap

            Blender memiliki fitur yang lebihlengkap menurut perangkat lunak 3D lainnya.  Cobacari perangkat lunak 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing,Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudahinclude atau pada bundling seperti Blender.

•          Ringan

            Blender relatif ringan jikadibandingkan perangkat lunak sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untukmenjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 serta prosesor Pentium 4 / sepantarandan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik tetapi tidak bisadigunakan secara maksimal . Misal buat menciptakan highpolly akan sedikit lebihlambat.

•          KomunitasTerbuka

            Tidak perlu membayar buat bergabungdengan komunitas Blender yg sudah tersebar pada dunia. Dari yg newbie sampaiyang sudah advance terbuka buat mendapat masukan dari siapapun, selain itumereka juga saling menyebarkan tutorial dan arsip secara terbuka. Salah satu contohnyatanya merupakan OPEN MOVIE garapan Blender Institute
Tampilan Awal Pada Blender


TampilanAwal Blender



          MAXScript merupakan built-in bahasa scripting yang bisa digunakan untukmengotomatisasi tugas yang berulang, menggabungkan fungsi yang ada dengan carabaru, mengembangkan indera baru serta user interface, serta banyak lagi. Modul plugindapat dibentuk sepenuhnya dalam MAXScript.

KarakterStudio


            Karakter Studio adalah sebuah pluginyang sejak versi 4 Max sekarang terintegrasi dalam 3D Studio Max, membantupengguna untuk menghidupkan karakter virtual. Sistem ini bekerja denganmenggunakan rig karakter atau "Biped" kerangka pengaturan yangmemiliki saham yang bisa dimodifikasi dan disesuaikan menggunakan jerat karakterbugar serta kebutuhan animasi. Alat ini jua termasuk indera editing yg kuatuntuk IK / FK switching, Pose manipulasi, Layers dan workflow keyframing, danberbagi data di semua animasi kerangka Biped tidak sama. Ini "Biped"objek memiliki fitur bermanfaat lainnya yg membantu mempercepat produksi siklusberjalan dan jalur gerakan, dan gerakan sekunder.

AdeganExplorer


            Adegan Explorer, sebuah tool yangmenyediakan tampilan hierarkis adegan data serta analisis, memfasilitasi bekerjadengan adegan yang lebih kompleks. Explorer adegan mempunyai kemampuan untukmenyortir, menyaring, dan pencarian adegan sang setiap jenis objek atauproperti (termasuk metadata). Ditambahkan dalam 3ds Max 2018, itu adalahkomponen pertama buat memfasilitasi. Kode dikelola NET pada 3ds Max luarMAXScript.

            DWG Impor 3ds Max mendukung impor danmenghubungkan file DWG. Peningkatan manajemen memori dalam 3ds Max 2018memungkinkan adegan yg lebih akbar wajib diimpor menggunakan beberapa objek.

TeksturPenugasan / Edit


            3ds Max memberikan operasi untuktekstur kreatif dan pemetaan planar, termasuk ubin, mirroring, decals, sudut,memutar, blur, UV peregangan, serta relaksasi; Hapus Distorsi; Pertahankan UV,dan ekspor Template gambar UV. Alur kerja tekstur mencakup kemampuan untukmenggabungkan yang nir terbatas jumlah tekstur, browser bahan / peta dengandukungan buat drag-and-drop tugas, serta hirarki dengan thumbnail. Fitur alurkerja UV termasuk pemetaan Pelt, yang mendefinisikan lapisan adat danmemungkinkan pengguna buat terungkap Uvs menurut orang-orang lapisan; copy /paste bahan, peta serta warna, dan akses ke jenis pemetaan cepat (kotak,silinder, bola).

Umumkeyframing


            Dua keying mode - set kunci dan kunciotomatis - memberikan dukungan untuk workflow keyframing tidak sinkron. Cepat dankontrol intuitif buat keyframing - termasuk potong, salin, dan paste -membiarkan pengguna membuat animasi dengan mudah. Lintasan Animasi dapatdilihat serta diedit eksklusif pada viewport.


DibatasiAnimasi


            Objek bisa animasi sepanjang kurvadengan kontrol buat penyelarasan, perbankan, kecepatan, kelancaran, danperulangan, serta sepanjang bagian atas dengan kontrol buat penyelarasan. Beratjalur yg dikendalikan animasi antara kurva ganda, dan menghidupkan berat.objek bisa dibatasi buat menghidupkan dengan obyek lain menggunakan banyak sekali cara- termasuk melihat, orientasi dalam ruang koordinat yg tidak selaras, danmenghubungkan di banyak sekali titik pada waktu. Kendala ini juga mendukung animasipembobotan antara lebih menurut satu target. Semua animasi dibatasi dihasilkandapat jatuh ke keyframes baku untuk pengeditan lebih lanjut.

Skinning


            Entah Kulit atau pengubah Physiquedapat digunakan buat mencapai kontrol tepat deformasi tulang, sehinggakarakter deformasi lancar menjadi sendi yang berkecimpung, bahkan pada wilayah yangpaling menantang, seperti bahu. Kulit deformasi dapat dikendalikan denganmenggunakan beban zenit eksklusif, volume simpul didefinisikan oleh amplop,atau keduanya.

            Kemampuan seperti tabel berat, bobotpaintable, serta tabungan serta pemuatan bobot memperlihatkan mudah mengedit dankedekatan berbasis transfer antara model, menyediakan akurasi serta fleksibilitasyang dibutuhkan buat karakter rumit.

            Opsi mengikat kaku menguliti bergunauntuk menghidupkan rendah poligon model atau sebagai alat diagnostik untukanimasi kerangka biasa. Pengubah tambahan, seperti Kulit Bungkus dan KulitMorph, dapat dipakai buat menggerakkan jerat dengan jerat lainnya danmembuat penyesuaian bobot yang ditargetkan di daerah sulit.

Kerangkadan Invers Kinematika(IK)


            Karakter sanggup dicurangi dengankerangka kustom memakai 3ds Max tulang, pemecah IK, dan indera riggingdidukung oleh Data Motion Capture. Alat animasi Semua - termasuk aktualisasi diri,script, daftar controller, dan kabel - bisa dipakai beserta menggunakan satu setutilitas khusus untuk tulang buat membangun rig struktur apapun dan dengankontrol kustom, sehingga animator hanya melihat UI yg diharapkan untukmendapatkan karakter mereka animasi .
Empat plug-in kapal pemecah IK menggunakan 3ds Max:sejarah-independen solver, sejarah tergantung solver, pemecah anggota tubuh, danspline IK solver. Ini pemecah bertenaga mengurangi saat yang dibutuhkan untukmembuat animasi berkualitas tinggi karakter. Pemecah sejarah-independenmemberikan campuran halus antara animasi IK serta FK serta menggunakan sudut lebihsuka memberi animator kontrol lebih besar atas posisi tulang yang terkena.

            Pemecah sejarah yang bergantung bisamenyelesaikan pada batas beserta dan digunakan buat mesin seperti animasi.ekstremitas IK adalah pemecah 2-tulang ringan, dioptimalkan buat real-timeinteraktivitas, ideal buat bekerja menggunakan karakter lengan atau kaki. Spline IKsolver menyediakan sistem animasi yg fleksibel menggunakan node yang dapatdipindahkan pada mana saja dalam ruang 3D. Hal ini memungkinkan buat animasiefisien rantai tulang, seperti tulang belakang karakter atau ekor, dan termasukmudah dipakai twist serta kontrol roll.

IntegratedCloth Solver


            Selain pengubah kain reaktor, 3ds Maxsoftware mempunyai mesin kain-simulasi terpadu yang memungkinkan pengguna untukmengubah hampir seluruh objek 3D ke pakaian, pakaian atau membangun dari awal.tabrakan pemecahan cepat dan akurat bahkan dalam simulasi yang kompleks.(Image.3ds max.jpg)

            Simulasi Lokal memungkinkan senimanmenggantungkan kain secara real time buat mendirikan negara sandang awalsebelum pengaturan kunci animasi.

            Kain simulasi dapat dipakai bersamadengan lainnya 3ds Max kekuatan dinamis, misalnya Space Warps. Beberapa sistemkain independen dapat animasi menggunakan obyek mereka sendiri serta kekuatan. Datadeformasi Kain bisa di-cache ke hard drive buat memungkinkan perulangan takrusak dan untuk mempertinggi kinerja pemutaran.

Integrasidengan Autodesk Vault


            Autodesk Vault plug-in, yg kapaldengan 3ds Max, mengkonsolidasikan pengguna 3ds Max aset pada satu lokasi,memungkinkan mereka buat secara otomatis melacak file serta mengelola pekerjaanberlangsung. Pengguna bisa dengan mudah dan kondusif menyebarkan, menemukan, danmenggunakan kembali 3ds Max (serta desain) aset dalam produksi skala akbar ataulingkungan visualisasi. 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI