Teori Tektonik Lempeng dan Kaitannya dengan Persebaran Gunung Api dan Gempa Bumi

Berdasarkan uraian di ates, bisa kite simpulkan bahwa inti Teori Tektonik Lempeng adalah bahwa bumi kite yang padat hali ini sebenamya dapat terdiri ates lebih kurang selusin lempengan-lempengan tipis serta kaku. Lempengan inilah yg membalut planet kite misalnya cangkang telur rebus yg pecah-pecah. Lempengan yang dianggap litosfer ini berada pada lapisan astenosfer yang selalu bergerak. Lempeng-lempeng tersebut nantinya  juga akan mengalami sebuah perusakan dan pembangunan pulang melalui gerakan mendorong, serta bisa menggilas, menunjam, pula saling menjauh yg berlangsung secara terus menerus. 

Kecepatan mobilitas litosfer ini berkisar antara 1-10 centimeter pertahun. Lempeng litosfer tadi dapat dikelompokkan menjadi lempengan benua dan lempengan dasar samudra.  Bagaimana selanjutnya dampak serta pengaruh menurut gerakan-gerakan lempeng-lempeng litosfer tadi? Sekurang-kurangnya, ciri gerakan lempeng litosfer tadi bisa kita bedakan sebagai tiga bagian menjadi berikut.

  • Gerakan lempeng litosfer yg sating bertabrakan (convergent)  

Jika dua butir lempeng litosfer (lempeng benua serta lempeng samudra) saling bertabrakan, maka lempengan samudra yg memiliki berat jenis lebih besar akan menunjam ke dasar lempengan benua. Pada bidang batas pertemuan atau tabrakannya akan ditemui jalur palung bahari (oceanic trench) atau proses pelipatan dan sesar (fold and fault process). Di wilayah ini umumnya poly'’ditemui tanda-tanda vulkanisme serta adalah daerah rawan gempa. Misalnya, pertemuan antara lempeng Amerika Selatan dengan lempeng Nazka.


  • Gerakan lempeng litosfer yang saling menjauh (divergent)

Jika 2 buah lempeng litosfer (dasar samudra dengan dasar samudra) saling menjauh atau merekah, maka akan keluar magma yg lalu akan membeku serta menciptakan kerak bumi (litosfer) yang baru. Wilayah perekahan (zona divergensi) ini ditandai dengan adanya punggung tengah samudra (mid oceanic ridge) dan lava basalt bantal (pilloiu laua). Misalnya, perekahan lempeng samudra yg masih ada di tengah Samudra Atlantik.



⇑Rekahan lempeng samudra pada tengah Samudra Atlantik menghasilkan punggung tengah Atlantik.

  • Gerakan lempeng litosfer yg saling bergesekan
Jika 2 buah lempeng litosfer tadi nantinya akan saling bergesekan secara mendatar, maka pada bidang yang pula dalam batasnya akan ditemui patahan atau sesar mendatar (transform fault). Misalnya, sesar San Andreas yg memanjang arah barat laut - tenggara pada daerah utara mulai berdasarkan Semenanjung Kaliforhia, Amerika Serikat.
⇑Pergerakan 2 lempeng litosfer pada arah mendatar

Berdasarkan pemaparan diatas disimpulkan bahwa wilayah-wilayah yang beradi pada batas lempeng merupakan wilayah yg memiliki banyak gunung api dan wilayah rawan gempa.perhatikan peta persebaran wilayah gempa serta jalur gunung berapi pada dunia! Pada peta terlihat bahwa sebaran titik gempa serta jalur gunung barah berada dalam pertemuan batas-batas lempeng bumi.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru