Ternyata Equinox Penyebab Suhu Cuaca Panas di Indonesia maret 2018 ini

Tepatnya kemarin serta tersebut malam 20 maret 2018, pada beberapa wilayah pada indonesia suhu udara menjadi begitu panas. Tidak umumnya misalnya itu. Padahal, didaerah bandung suhu cuaca yang biasa dingin kini berubah menjadi panas misalnya di jakarta. Ada apa? Apa penyebab perubahan suhu yg sebagai begitu panas di indonesia pada pertengahan maret ini.
emak emak dikampung langsung mengaitkan fenemena panasnya cuaca ini menggunakan pertanda-tanda kiamat dan berbai mitos mistis. Namun, ternyata terdapat penjelasan yg lebih logis dan ilmiah. Indonesia akan mengalami Equinox, tepatnya dalam pertengahan maret 2018 ini. Apa itu equinox?
equinox mengakibatkan bumi panas

Dirilis detik.com, Equinox adalah salah satu fenomena astronomi saat surya melintasi garis khatulistiwa. Ini penjelasan menurut Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi serta Geofisika (BMKG), Dr. Yunus S Swarinoto.
Fenomena ini secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada lepas 21 Maret dan 23 September," kata Yunus dalam keterangannya, Minggu (20/3/2016).
Saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di semua bagian bumi hampir relatif sama, termasuk daerah yang berada di subtropis pada bagian utara maupun selatan.
"Keberadaan fenomena tadi tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, pada mana kita ketahui rata-rata suhu aporisma pada wilayah Indonesia sanggup mencapai 32-36 derajat celcius," kentara Yunus.
Memang terdapat peningkatan suhu udara ketika terjadi fenomena Equinox. Namun tidak akan hingga mencapai 40 derajat celcius misalnya gosip hoax yang beredar.
"Equinox bukan adalah fenomena seperti Heat Wave yg terjadi pada Afrika dan Timur Tengah yg bisa mengakibatkan peningkatan suhu udara secara akbar serta bertahan usang," imbuh Yunus.
So, kentara telah tabir rahasia kenapa beberapa hari ini cuaca berubah menjadi sangat panas. Bahkan, beberapa hari yg lalu, terdapat sebuah informasi heboh yang menyampaikan suhu di indonesia akan mencapai 40 derajat celcius.
Isu 40 derajat hoax
Sebuah pesan siaran beredar yang menjelaskan bahwa akan terdapat kenyataan Equinox yg melanda Singapura, Malaysia, serta Indonesia selama lima hari ke depan. Fenomena ini diklaim akan menaikkan suhu yg cukup signifikan sampai menggunakan 40 derajat celcius.
Pesan siaran itu menyarankan rakyat buat berdiam pada dalam tempat tinggal pada pukul 12.00 - 15.00 WIB pada tanggal 20 Maret 2018. Disebutkan jua bahwa Equinox bisa mengakibatkan kehilangan cairan tubuh serta heat stroke. Tautan berita pun dicantumkan dalam pesan tadi.
kucing kepanasan korban equinox masuk kulkas

Masyarakat bahkan disarankan buat meletakkan baskom yang diisi air separuhnya di ruang tamu buat menjaga kelembaban udara. Selain itu disarankan jua memasang lilin di luar tempat tinggal buat mendeteksi tingkat panas apakah hingga membuatnya meleleh. Apakah liputan soal dampak Equinox itu benar atau hoax?
Ternyat isu ini hanya hoax. Cuma memang masyrakat perlu mempertinggi kewaspadaan, karena dalam bulan maret ini sebagian akbar wilayah indonesia akan memasuki demam isu kemarau. So jangan buang api sembarangan.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI