Tokoh Geografi Abad Pertengahan

Geografi adalah ilmu yg sudah berkembang sejak usang mulai dari zaman Yunani antik hingga sekarang. Banyak tokoh-tokoh geografi bermunculan sejalan dengan perkembangan ilmu itu sendiri. Kali ini kita akan melihat tokoh-tokoh geografi yg ada pada Abad Pertengahan. Pada akhir abad pertengahan, uraian-uraian mengenai geografi masih merupakan hasil laporan paerjalanan baik yg dilakukan pada darat maupun bahari. Perjalanan yang dilakukan sang umat insan telah menyebabkan ditemukannya daerah-wilayah baru yang sebelumnya belum pernah diketahui  insan sehingga abad pertenghan seringkali dianggap jua sebagai Revolusi Geografi. Kalau engkau kaitkan menggunakan sejarah tentu akan mengenal istilah Jalur Sutera yg menghubungkan Cina serta Timur Tengah dan menjadi jalur paling sibuk dilalui pedagang kala itu.
Pesatnya perkembangan geografi pula didorong sang keluarnya gerakan pembaharuan di bidang seni, filsafat, renaisaince serta humanisme agama sebagai akibatnya para sarjana lebih leluasa dalam mengemukakan pendapatnya mengenai syarat bumi. Pada masa ini konsep geografi yang bersifat matematis juga berkembang lebih pesat lantaran mulai longgarnya tekanan gereja terhadap sarjana yang temuannya acapkali bertentangan dengan tafsiran gereja dan buku kudus. Berikut ini para tokoh-tokoh geografi abad pertengahan.
1. Marcopolo
Ia adalah seorang petualang berasal Venesia Italia dan pada tahun 1272-1295 melakukan perjalanan menjelajahi Asia Timur dan Asia Tengah menurut Italia.


2. Bartholomeus Diaz
Ia adalah seorang pelaut Portugis dan melakukan perjalanan sampai ke Tanjung Harapan (Cape of The God Hope) di Afrika Selatan serta diteruskan dengan mengarungi Samudera Hindia ke Kalikut India dalam tahun 1486.
3. Vasco Da Gama
Ia meurpakan seseorang pelaut Portugis serta mengabdi dalam raja Portugis dan dipilih buat melakukan pelayaran mencari rute ke wilayah Timur. Ia mulai berlayar pada tahun 1497 menggunakan membawa 4 kapal kecil dan 170 awak. Dia melakukan bepergian dengan rute yang sama dengan Bartholomeus Diaz dan terus melanjutkannya hingga sampai pada Indonesia dalam 1498.
4. Cristhoper Columbus
Ia adalah seorang pelaaut dari Genoa Italia. Pelayaran pertamanya dimulai tahun 1492-1493 mengarungi Samudera Atlantik hingga sampai di Kuba serta Haiti dan menemukan benua Amerika yang tujuan sebenarnya merupakan menuju India. Dalam perjalanan yang ke 2 tahun 1493-1494 beliau sampai di Kepulauan Bahama  serta pada dalam perjalanannya yang ketiga dalam 1498 beliau hingga di pantai Venezuela dan dalam penjelajahan keempatnya pada tahun 1502-1504 ia menjelajahi daratan Amerika Tengah.
5. Amerigo Vespuci
Ia adalah seorang pelaut Itali serta memulai pelayaran dalam 1501-1502 di Samudera Atlantik melalui Tanjung Horn pada Patagonia serta menyeberangi Samudera Pasifik dan berlabuh pada Filipina.
6. Ferdinand Magelhaens
Ia melakukan perjalanan ke Amerika Selatan dalam tahun 1519 serta melanjutkan pelayarannya ke Filipina dalam 1521.
7. Nicolas Copernicus
Ia mengemukakan bahwa Bumi berbentuk bulat, bergerak dalam porosnya serta melakukan mobilitas edar mengelilingi surya. Teorinya ini dikenal menggunakan Heliosentris dan mematahkan teori yang telah lama berkembang ketika itu yaitu Geosentris. Usaha Copernicus kemudian dilanjutkan Galileo Galilei dan Johanes Kepler hingga akhirnya diketahui tentang gambaran posisi Bumi dalam Tata Surya pada Hukum Kepler.

Pengaruh penmuan Sarjana Ilmu Alam dalam abad ke 17 misalnya Newton, Boyle serta Huygins menyebabkan orang mulai menilik lebih pada tentang tanda-tanda-tanda-tanda fisis seperti gunung, bahari, angin serta sebagainya. Kondisi ini menunjukkan mulai berkembangnya geografi fisis di tengah masyarakat. Sampai abad ke 18 gegorafi sangat bekerjasama erat dengan sejarah serta astronomi kala itu. Baca jua: Update kode diskon quipper video

Sumber dan Gambar:
Geografi Sebuah Pengantar. Iwan Hermawan.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI