Tokoh Geografi Klasik

Darimana geografi ada menjadi sebuah ilmu?. Sejak zaman peradaban insan dimulai, pada dasarnya insan telah mulai bisa menangkap segala hal yg terdapat pada bumi lewat panca indera tetapi belum dituliskan pada sebuah media. Penggambaran ruang bagian atas bumi mulai poly ditemukan dalam catatan-catan bepergian yang dibuat para pelancong/penjelajah. Geografi sudah mulai dikenal sejak zaman Yunani kuni dan pengetahuan bumi masa tersebut masih dipengauhi sang Mitologi dan mulai pengaruhnya mulai hilang semenjak perkembangan ilmu alam berbasis logika ilmiah berkembang pada daerah Eropa. Berikut ini beberapa tokoh geografi era klasik atau masa-masa awal pembentukkan geografi berlangsung:
1. Amaximandaros
Ia adalah seorang Yunani yang mengeluarkan dalil bahwa bumi berbentuk silinder dan pada tahun 550 SM menciptakan peta bumi. Perbandingan silinde dan garis tengah bumi menurutnya merupakan 3 : 1. Bagian bumi yg dihuni insan menurutnya merupakan sebuah pulau berbentuk bulat yang timbul menurut laut. Lantaran pendapatnya tersebut maka peta bumi yang dibuatnya mirip menggunakan fungi.
2. Thales (640-548 SM)
Ia menganggap bumi ni berbentuk keping silinder dan terapung pada atas air menggunakan separuh bola hampa di atasnya. Pendapat ini dimentahkan seabad lalu oleh Parminedes yg beranggapan bumi ini bundar .
3. Herodotus (485-425 SM)
Ia adalah seseorang ahli geografi, filsafat serta sejarah Yunani . Ia mengemukakan bahwa ada interaksi antara perkembangan masyarakat dengan faktor-faktor geografi pada daerah yang bersnagkutan. Pada tahun 450 SM kemudian beliau menciptakan peta global dan membagi bumi menjadi tiga wilayah yaitu: Eropa, Asia serta Libia (Afrika). Peta yg ia buat sangatlah sederhana bola dibandingkan dengan peta yang kita kenal saat ini. Terkait bumi menjadi planet, Herodotus memiliki pandangan bahwa bentuk bumi merupakan bulatan yg tersusun oleh dua lapis bulatan: lapis pertama terdiri dari zat padat menggunakan air dan lapis kedua yg mengelilingi lapis pertama terdiri menurut uap dalam lapis bulatan yang pertama lantaran efek panas mentari .
4. Homerus
Ia adalah seoang penjelajah berkebangsaan Yunani yang banyak menulis tentang keadaan kurang lebih Laut Tengah menurut hasil penjelajahannya.
5. Pitheas (3340 SM)
Ia dari menurut Massilia, Perancis serta menciptakan karya berupa sebuah uraian bepergian berdasarkan pantai Eropa ke Inggris.

6. Erastothenes (276-194)
Ia merupakan peletak dasar pengetahuan mengenai bumi serta pencetus dari mula kata geografi dari output karya tulisnya berjudul "Geografika" yang berjumlah 3 jilid. Pada jilid pertama ia menguraikan perubahan - perubahan antara dataran dan samudera dan arus bahari. Jilid ke 2 menguraikan benda-benda langit dan jaring-jaring astronomis. Jilid ketiga berisi uraian tentang daerah dan penduduknya. Ia berjasa dalam melakukan pengukuran terhadap jaring-jaring derajat bumi . Berdasarkan berkas sinar surya yang jatuh ke bumi serta menurut pengukurannya jeda antara Assuan dan Alexandria merupakan 5.000 stadia atau 910 km serta keliling bumi merupakan 252.000 stadia atau 45.654 km. 

7. Strabo (64 SM -24 SM)
Ia mengemukakan tentang besarnya efek lingkungan setempat terhadap pengelompokkan kebudayaan serta pembagian pemerintahan. Strabo termasuk tokoh geografi berpaham "determinis lingkungan" bahwa geografi berkenaan menggunakan faktor lokasi, karakterstik eksklusif serta hubungan antara saru loka dengan tempat lainnya di muka bumi secara keseluruhan. Ide kesatuan tunggal yg dikemukakaknnya adalah bagian dari konsep "atribut alamiah suatu tempat" dan merupakan kerangkan relasi suatu loka menggunakan loka lain di bagian atas bumi. Konsep ini adalah keliru satu konsep menurut mekanisme geografi terkini yang selanjutnya disebut regional.
8. Claudius Ptolomeus 
Pada tahun 150 M dia menyusun peta yg mendeskripsikan benua Asia, Eropa serta Afrika. Ia juga adalah orang pertama yang memperkenalkan zonasi iklim sebagai 24 zona menurut lamanya hari yang terpanjang  dari khatulistiwa sampai kutub. Ia pula menulis kitab mengenai pengetahuan bumi serta bangsa-bangsa pada global menggunakan judul Geografice Hyphegesys pada 8 jilid. Baca pula: Kilas Perkembangan Geografi Lintas Zaman
Sumber dan gambar:
Iwan Hermawan. Geografi Sebuah Pengantar

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI