Traveling ke Wisata Hits Goa Pindul Jogja 2018

Halo sahabat-sahabat sekalian para traveler, kali ini saya menyebarkan pengalaman aku serta keluarga mengunjungi objek wisata Goa Pindul Jogja waktu libur lebaran kemarin. Saya akan berikan gosip harga tike masuk wisata Goa Pindul serta aktivitas-kegiatan pada dalamnya. Meskipun agak telat nulisnya lantaran faktor "m" tapi lumayan lah buat berita.

Jadi ketika libur lebaran kami pulang kampung ke Jogja serta tentunya niscaya jalan-jalan donk. Salah satu tujuan wisata kemarin merupakan Goa Pindul di Wonosari. Setelah searching lokasi di google kami berangkat hari Senin. Kenapa pilih hari senin karena waktu itu wisatawan sudah berkurang karrena sudah arus kembali, jadi gak terlalu padat pada lokasi objek wisata nya nanti. Goa Pindul adalah galat satu objek wisata hits di Jogja ketika ini.


Kami berangkat gunakan motor berdasarkan Bantul bertiga melalui Jalan Paris lalu masuk ke arah Imogiri. Lewat Imogiri jalanan relatif sepi dan pastinya teduh lantaran menyusuri pegunungan karst yg rimbun. Jika kalian lewat sini tetap harus hati-hati lantaran jalanan curam dan berkelok-kelok. Dari Imogiri ini kami terus menuju arah Mangunan serta mengikuti arah menuju Wonosari.

Setelah satu jam perjalanan kami kemudian hingga di perbatasan Wonosari dan disini ternyata telah ada pemandu wisata berdasarkan Goa Pindul yang siao menjemput pengunjung. Kami kemudian ditanya mau kemana sang seseorang bapak-bapak yg ternyata salah satu pemandu dari Goa Pindul. Setelah bebincang kemudian ia memandu kami ke lokasi dan pungkasnya perdeo (bagian paket wisata). Okelah jadi kami ikuti beliau hingga lokasi. 
Sekitar 20 mnt kemudian kami sudah tiba di wilayah Objek Wisata Goa Pindul Jogja. Di pintu masuk kami diberikan karcis masuk 25 ribu satu motor. Setelah itu kami diarahkan ke keliru satu lokasi Agen Wisata Desa Setempat. Disini memangpaket wisata telah dikelola sang rakyat desa, tinggal pilih saja. Untungnya pemandu kami tersebut mengarahkan ke lokasi agen wisata yg relatif dekat menggunakan lokasi, terdekat malahan.

Setelah sampai kami lalu melihat terdapat beberapa paket wisata pada Goa Pindul. Ada 6 rincian paket wisata yaitu menjadi berikut:


1. Paket A = Goa Pindul serta Goa Baru

2. Paket B = Goa Pindul serta Rafting Kali Oyo
3. Paket C = Goa Pindul, Rafting Kali Oyo dan Goa Baru
4. Paket D = Goa Pindul, Rafting Kali Oyo, Goa Baru, Goa Glatik, Goa Sriti
5. Paket E = Goa Pindul, Rafting Kali Oyo, Goa Glatik, Goa Baru
6. Paket F = Goa Pindul, Rafting Kali Oyo, Goa Bru, Goa Sriti

Kami lalu menentukan Paket B yg harganya 200 rbuan. Untuk paket lainnya saya lupa, yang jelas semakin banyak lokasi makin mahal. Jika kalian mau ke sini pastikan juga sedang musim kering. Setelah daftar lalu kami ganti baju dan disediakan pelampung dan ban buat rafting. Jangan risi karena kegiatan ini dipandu sang pemandu profesional.


Satu pemandu normalnya akan memandu 10 orang wisatawan. Nah jika kalian tiba pas zenit libur jangan heran apabila nanti akan poly sekali orang dan lokasi wisata begitu padat, jadi lebih baik cari saat saat arus wisatawan sudah menurun, jikalau aku pas arus balik lebaran kemarin.


Kami lalu naik kendaraan beroda empat pick up menuju lokasi pertama yaitu Goa Pindul. Dari loka agen wisata lebih kurang 1 km. Nah sesudah sampai di verbal gua kami dibriefing serta berdoa dulu. Terlihat air gua sangat jernih kehijauan dan debit air normal. Kami kemudian naik ban dan mulai masuk perlahan menuju goa. Panjang goa pindul ini lebih kurang 300 m dengan kedalaman bervariasi. Apabila ekspresi dominan penghujan tiba dan debit air naik maka wisata akan ditutup dulu.


Di pada Goa Pindul ini terdapat beberapa fenomena misalnya stalaktit, stalagmit dan pilar. Beberapa kelelawar pula sampai di atap gua. Ada tiga bagian utama goa yaitu bagian awal, bagian tengah (gelap) serta bagian akhir. DI bagian akhir ini terdapat langit gua yang membuat cahaya tembus ke dalam sebagai akibatnya terlihat seperti pita cahaya indah. Disini kami mampu berenang-renang dulu dan jumping dari batuan karst ke bawah.


Setelah keluar goa kami kemudian naik lagi menuju penjemputan serta menuju lokasi rafting Kali Oyo. Perjalanan menuju lokasi start sektiar 15 menitan. Dari lokasi start kami berjalan ke bawah menuju sungai dengan membawa ban. Disini haru shati-hati lantaran batuan dasar merupakan gamping yg tajam serta licin. Gunung Kidul populer menjadi geopark kelas dunia sebagai akibatnya pemandangan batu gamping purba ini sangat indah. 


Sampai pada sungai kami lalu pakai ban serta berjalan menysusuri sungai Kali Oyo yang jernih luar biasa menggunakan tebing-tebing karst di kanan kiri. Rafting berjarak 1 km berdasarkan start hingga akhir. Kedalaman sungai bervariasi dari dangkal sampai dalam. Pastikan pelampung terpakai dengan baik. Di tengah-tengah perjalan jua ada air terjun yang relatif tinggi serta batu jumping. Bagi yang mau loncat dari atas ke bawah, boleh mencobanya.


Setelah sektiar 45 satu jam, kami lalu sampai pada akhir bepergian serta tentunya sangat letih sekali. Kami naik ke atas sungai dan menunggu jemputan lagi. Dari lokasi akhir rafting ini kemudian kami balik ke kantor agen wisata. Ini pertamakali kami mengunjungi Wisata Goa Pindul Jogja serta kalian harus mencobanya. Foto-foto mampu cek di bawah, no edit.









Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI