Tugas Softskill Desain Permodelan Grafik Pengertian Sejarah Implementasi
Tugas Softskill
Assalamu’alaikum…
Dalam pembahasan kali ini, aku inginmenjelaskan Apa sih Desain Permodelan Grafik ? Mungkin kita seringkali mendengarpermodelan grafik, yang niscaya sih berhubungan dengan gambar atau rancangansuatu obyek. Oke eksklusif saja ya disimak.. :
Desain
Prosesuntuk mendapatkan suatu obyek baru. Desain merupakan citra atau pola yangakan mempunyai tujuan untuk menghasilkan suatu obyek. Contohnya merupakan desainsuatu iklan. Desain tersebut berbentuk pola gambar yg dibuat sang seorangdesainer.
Pemodelan
Tahapdimana akan dibuat suatu obyek. Obyek yang dibentuk akan dibuat seolah-olahmenjadi konkret. Dengan proses desain, obyek tadi akan dibentuk sebagai 2Dmaupun 3D. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan menggunakan beberapa langkahsaat pembuatannya.
Grafik (Grafis)
Grafikatau Grafis identik menggunakan suatu garis, titik, tanda, serta bentuk alfabet . Grafikmerupakan cara membangun bentuk alfabet , pertanda dan gambar menggunakan prosespencetakan. Grafik pula didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpananserta manipulasi contoh dan citra.
Lalu Apa Itu Desain Pemodelan Grafik ??
Dari seluruh penjelasan di atas dapatdi simpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akandiciptakan suatu obyek baru memakai suatu software yang melaluitahapan-tahapan yaitu menciptakan, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra.kegiatan yang umumnya berkaitan menggunakan grafik komputer merupakan pemodelangeometris, rendering, animasi, graphic library/package, application program,serta citra.
Ada Beberapa Software Yang Digunakan Dalam Desain Grafis :
Lihat Gambar:
Bentuk Implementasi Pada Desain Grafik Sendiri Seperti :
–Peta digital
–Kesehatan
–Perancangan objek
–System multimedia
–Presentasi grafik
–Presentasi saintifik
–Pemrosesan citra, dan
–Simulasi
Sejarah Desain Pemodelan Grafik
Pelacakanperjalanan sejarah desain grafis bisa ditelusuri dari jejak peninggalanmanusia dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujudgambar (pictograf) atau tulisan (ideograf).
Tulisanatau aksara adalah output konversi gambar, bentuk dan tata aturankomunikasinya lebih kompleks dibandingkan gambar. Belum ada yang memahami pastisejak kapan insan memulai memakai gambar sebagai media komunikasi.manusia primitif sudah memakai coretan gambar di dinding gua buat kegiatanberburu hewan.
Contohnya: misalnya yang ditemukan pada dinding gua Lascaux, Perancis.
Padatahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yangbisa digerakkan dengan contoh tekanan menyerupai disain yg digunakan diRhineland, Jerman, buat menghasilkan anggur.
Tahun1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantuoleh Peter Schoffer dia mencetak “Latin Bible” atau dianggap “Guterberg Bible”,“Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456.temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jermanterutama buat hiasan kitab . Pada masa itu jua berkembang corak alfabet (tipografi).
AloysSenefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesincetak Guterberg yg memanfaatkan teknik cetak tinggi, teknik cetak lithografimenggunakan teknik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antaraair menggunakan minyak. Nama lithografi tadi menurut master cetak yg menggunakanmedia batu litho. Teknik ini memungkinkan buat melakukan penggambaran secaralebih leluasa dalam bentuk blok-blok dan berukuran besar , juga memungkinkandilakukannya pemisahan warna.
Tokoh-tokohseni poster tehnik lithogafi (1836-1893) diantaranya Jules Cheret menggunakan karyabesarnya “Eldorado: Penari Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller”(1897), “Quinquina Dubonnet” (1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokohlainya antara lain Henri de Toulouse Lautrec serta Eugene Grasset.
Desaingrafis mengalami perkembangan pesat sehabis ditemukannya goresan pena dan mesincetak. Kejayaan kerajaan Romawi pada abad pertama telah membawa peradaban barudalam sejarah peradaban Barat menggunakan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian,agama, serta alfabet latin yg dibawa berdasarkan Yunani.
Padasaat ini adanya mesin cetak dan personal komputer pula merupakan 2 hal yg secarasignifikan mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis hinggaakhirnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, danlain-lain. Koran, majalah, tabloid, website yg sehari-hari kita lihat adalahproduk desain grafis.
Peralatan Untuk Para Desainer
Peralatanyang dipakai oleh desainer grafis merupakan ilham, logika, mata, tangan, alat gambartangan, dan personal komputer . Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dipercaya sebagaisebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan pada bentuk visual. Desaingrafis dengan personal komputer memungkinkan perancang buat melihat hasil menurut tataletak atau perubahan tipografi menggunakan seketika tanpa memakai tinta ataupena, atau buat mensimulasikan impak berdasarkan media tradisional tanpa perlumenuntut banyak ruang.
Seorangperancang grafis menggunakan sketsa buat mengeksplorasi ilham-inspirasi yg komplekssecara cepat, dan selanjutnya beliau memiliki kebebasan buat memilih alat untukmenyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Perbedaan Vektor & Bitmap
Lihat Gambar:
Bitmap
Lihat Gambar:
Vektor
Lihat Gambar:
Tipe-Tipe Citra
Lihat Tulisan:
1. Grafis Komputer 2D
Grafikkomputer 2Dadalah pembuatan objekgambar yang masih berbasis gambar menggunakan perspektif 2 titik, menjadi contohadalah : gambar teks, bangun 2D seperti segitiga, lingkaran dsb. Grafikkomputer 2D kebanyakan dipakai pada aplikasi yang dipakai hanya untukmencetak serta menggambar seperti tipografi, gambar, kartun, iklan, poster dll.
2. Pixel Art
Pixelart merupakan sebuah bentuk seni digital, yg diciptakan melalui penggunaanperangkat lunak grafik raster pada mana gambar akan diedit dalam tingkatpixel.pixel art dapat ditemukan padakomputer atau game-game yg nisbi tua, serta juga bisa ditemukan dalam telepongenggam.
3. Vector graphics
Berbedadengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar menggunakan berupaarray pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun serta tingkatpembesaran apapun gambar yg dihasilkan permanen (tidak blur atau pecah).
4. Grafik Komputer 3D
Grafikkomputer 3D adalah suatu grafis yg memakai 3 titik perspektif dengancara matematis pada melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihatsecara menyeluruh serta nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakanuntuk grafik personal komputer 3D ini banyak bergantung dalam aloritma-algoritma.
5. Animasi Komputer
AnimasiKomputer merupakan seni membuat gambar beranjak melalui personal komputer .biasanya ini digunakan pada film-film animasiberbudget besar . Tetapi film-film non animasi pula poly yang menggunakanteknik ini, sebut saja Lord OfThe Ring,Harry Potter, dsb.
Dalam kasus konkret desain pemodelangrafik dapat diterapkan pada banyak sekali hal, seperti galat satunya saat kitasedang foto beserta sahabat-teman serta ingin menaruh pengaruh dalam hasil fotonya,dalam hal ini niscaya dipakai aplikasi yg berbasis Bitmap. Kenapa demikian ??Dikarenakan suatu foto atau gambar bisa direpresentasikan dengan format bitmapdalam ribuan titik warna-warni yang menciptakan suatu pola.
Dengan adanya software tersebut fototersebut akan membuat misalnya yg dikehendaki menggunakan pengaruh visual yangmenarik serta nir monoton dan tentunya kebersamaan dengan temen-sahabat akanlebih terasa latif ketika foto tersebut jua indah.
Mungki itu saja pembahasan mengenaiDesain Permodelan Grafik, mohon maaf jika terdapat istilah yang salah dan kurangberkenan, yg keliru datangnya menurut penulis blog ini, serta yang benar hanyamilik ALLAH Swt dan sumber… Terima kasih… ^^
Wassalamu’alaikum…
Baca Selengkapnya :
Lihat Sumber:
//thearczoro.blogspot.com/2012/10/apa-itu-desain-pemodelan-grafik.html
//febryansyahhhydro.blogspot.com/2014/10/desain-pemodelan-grafik.html
//marhendylife.blogspot.com/2013/11/apa-itu-desain-pemodelan-grafik.html
//dyaherwiyanti.wordpress.com/2014/10/04/desain-pemodelan-grafik/
//neuroindonesian.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafik.html
//febryansyahhhydro.blogspot.com/2014/10/desain-pemodelan-grafik.html
//marhendylife.blogspot.com/2013/11/apa-itu-desain-pemodelan-grafik.html
//dyaherwiyanti.wordpress.com/2014/10/04/desain-pemodelan-grafik/
//neuroindonesian.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafik.html