Tugas Softskill Komputasi Modern Analisis Jurnal Sistem Pakar Untuk Identifikasi Bunga Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Berbasis Mobile

Tugas Sofksill

Assalamu’alaikum…

Dalampembahasan kali ini saya serta teman-teman pada tugaskan dalam mata kuliahSoftskill Komputasi Modern buat membahas tentang komputasi terkini pada bidang sains. Kami disini memakai jurnal yang berjudul “Sistem Pakar Untuk Identifikasi Bunga YangBermanfaat Bagi Kesehatan Berbasis Mobile” karya Ibrahim Soleh, oke langsung saja ya disimak :

Pendahuluan

Alammemberikan banyak sekali manfaat bagi kita, termasuk tanaman dan bunga-bunga yangterdapat padanya. Allah membentuk segala sesuatu di global ini tidak ada yangsia-sia, begitu pula dengan penciptaan bunga. Bunga, tak sekedar sebagai alatreproduksi generatif atau memperindah lingkungan saja. Lebih dari itu, bungajuga bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan, bahan makanan, produkkecantikan, pewarna serta sebagainya .

Bungamerupakan bagian menurut tumbuhan yg umumnya indah. Umumnya bunga digunakansebagai penghias laman rumah. Selain itu bunga bisa juga digunakan sebagaibahan obat-obatan atau buat kesehatan. Dengan banyaknya jenis bunga yg terdapat,tentu kita akan kesulitan mengidentifikasi jenis bunga yg berguna untukkesehatan. Berikut ini adalah kasus yg ada serta berkaitan dengan tanamanbunga, diantaranya: Bagaimana membuat aplikasi sistem ahli yang bisamendeteksi jenis bunga sebagai media pembelajaran buat menaruh kabar kemasyarakat, jenis bunga yg berguna bagi kesehatan ?

Konsep DasarKecerdasan Tiruan

ArtificialIntelligence /AI merupakan bagian tengah atau inti dari ilmu komputer danmerupakan salah satu ilmu dasar dari ilmu komputer yg harus dipahami, bilakita ingin menciptakan software dengan penerapan konsep ArtificialIntelligence pada memecahkan problem yang ada pada dunia ini, sehinggakeberadaannya absolut sine qua non. Karena kecerdasan tiruan adalah ilmu yangberdasarkan proses manusia berpikir, maka penelitian bagaimana proses manusiaberpikir adalah hal yg pokok. Hasil akbar dari semua proses berpikir tersebutdisebut tujuan (goal). Berdasarkan warta-informasi yang terdapat warta diatas, makakomputer dapat digunakan menjadi indera bantu dalam mengambil keputusan.

Sistem Pakar

Sistempakar atau sistem berbasis pengetahuan adalah yg paling banyak aplikasinyadalam membantu merampungkan perkara-kasus pada dunia nyata. Perangkat lunakini bisa sekali dijalankan oleh perangkat komputer eksklusif, sehingga untukaplikasi kecerdasan tiruan ini bisa dilakukan menggunakan gampang serta menggunakan biayayang nisbi lebih murah.

Komputeryang berbasis sistem ahli merupakan program komputer yang mempunyai pengetahuanyang dari berdasarkan insan yang berpengetahuan luas dalam suatu domain tertentu,pengetahuan di sini merupakan pengetahuan manusia yg sangat minim penyebarannya,mahal dan serta susah buat pada dapatkannya.

KomponenSistem ahli

Bilasi ahli menemukan pengetahuan dan anggaran-anggaran yang baru berdasarkan pengalamanbekerja. Sebuah sistem pakar bisa berjalan karena adanya komponen-komponenyang saling barhubungan. Tidak adanya keliru satu komponen akan menyebabkansistem pakar tidak bisa digunakan. Menurut Siswanto (2010)komponen-komponen sistem pakar tersebutadalah menjadi berikut:

1) Basis Pengetahuan (Knowledge Base), Basis pengetahuan merupakanrepresentasi dari pengetahuan (knowledge representation) berdasarkan seseorang ahli.basis pengetahuan tersusun atas informasi yg berupa obyek serta anggaran (rule).daftar warta-keterangan (facts list) berisikan hasil observasi dan sesuatu kenyataanyang diharapkan selama pengolahan. Basis pengetahuan ini merupakan inti daripemrograman sistem ahli yang menyimpan keterangan serta aturan-anggaran bagi sistempakar.

2) Mesin Inferensi (Inference Engine) yaitu Mesin inferensi merupakanbagian sistem ahli yang mengandung prosedur fungsi berpikir dan pola polapenalaran sistem yang digunakan oleh seseorang pakar. Mekanisme ini pula bergunauntuk menguji aturan pada urutan tertentu buat mencari yang sesuai dengankondisi awal atau yang sedang berjalan. Kemudian diarahkan buat mengendalikanlangkah-langkah yang diambil buat menuntaskan kasus.

TeknikPenelusuran (Searching)

a)Teknik Depth-First Search Adalah teknik penelusuran data padanode-node secara vertical dan telah terdefinisi, contohnya kiri ke kanan,keuntungan pencarian menggunakan teknik ini merupakan bahwa penelurusan masalah dapatdi gali secara mendalam sampai pada temukannya kapasitas suatu solusi yangoptimal. Kekurangan teknik penelesuran ini adalah membutuhkan waktu yg sangatlama buat ruang lingkup kasus yg besar

b)Teknik Breadth-First Search Adalah teknik penelusuran data dalam semuanode pada satu level atau salah satu tingkatan sebelum ke level atau tingkatandi bawahnya. Keuntungan pencarian daengan teknik ini adalah sama menggunakan depthfirst search, hanya saja penelusuran dengan tehnik ini memiliki nilai tambah,dimana seluruh node akan di cek secara menyeluruh pada setiap strata
node. Kekurangan teknik penelusuran ini terletak pada waktu yangdibutuhkan yang sangat usang bila solusi berada pada posisi node terakhirsehingga sebagai tidak efisien.

c)Teknik Best-First Search Adalah teknik penelusuran yg menggunakanpengetahuan akan suatu masalah untuk melakukan panduan pencarian ke arah nodetempat dimana solusi berada. Pencarian jenis ini dikenal pula sebagaiheuristic. Pendekatan yang dilakukan merupakan mencari solusi yg terbaikberdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebagai akibatnya penelusuran bisa ditentukanharus pada mulai dari mana dan bagaimana memakai proses terbaik buat mencarisolusi. Keuntungan jenis pencarian ini merupakan mengurangi beban komputasi karenahanya solusi yg memberikan asa saja yg diuji serta akan berhenti apabilasolusi telah mendekati yang terbaik. Ini merupakan model yg menyerupai caramanusia merogoh solusi yg didapatkan adalah solusi yang mutlak benar.

Analisa MasalahDan Rancangan Sistem

AnalisaMasalah Kuntum bunga banyak jenisnya, baik ciri ataupun bentuknya. Diantaranyaada bunga beragam serta tunggal. Dari bentuknya sangat majemuk, mulai ariberbentuk terompet, kecil-mini misalnya bintang serta sebagainya. Tidak kalahberagam menggunakan bentuknya, warnanya pun bermacam-macam ada hijau keunguan ataukuning muda, kuning, kunging semburat, ungu belia serta kemerahan. Hal tersebut diatas membutuhkan keahlian seorang pakar buat mengidentifikasi nama jenisbunga. Keterbatasan pengetahuan tentang jenis bunga menyebabkan sulitnyamengidentifikasi nama bunga.

RancanganSistem

Sistempakar buat diagnosa bunga yg bermanfaat buat kesehatan diusulkan ialahberbasis mobile agar dapat memudahkan penerimaan berita secara cepat. Sistemini mempunyai beberapa proses sebelum mencapai sebuah keputusan yaitu prosespertanyaan serta proses menentukan jawaban yg disediakan:

RancanganBasis Data

EntityRelationship Diagram (ERD)

Lihat Gambar:
TransformasiERD ke Logical Record Structure (LRS)

Lihat Gambar:
TransformasiERD ke Logical Record Structure (LRS)

Lihat Gambar:
SpesifikasiData

Lihat Gambar:
Rancangan LayarMenu Utama

Padalayar ini terdapat beberapa pilihan radio button, yaitu : Identifikasi,Kamus Bahasa, Admin serta About Me.

ButtonIdentifikasi untuk menuju page Identifikasi, button Kamus Bahasa untukmenuju laman Kamus Bahasa, button Admin buat menujuhalaman admin, serta button About Me untukmenuju page tentang penghasil program.

Lihat Gambar:
Flowchart LayarIdentifikasi
Flowchartini menggambarkan alur acara sistem pakaruntuk identifikasi jenis bunga yg berguna bagi kesehatan berbasis mobile.

Lihat Gambar:
AlgoritmaIdentifikasi

Menu Identifikasi
Tampikan Form Penjelasan
if
 pilih = “masuk”
Then
 Cari Pertanyaan Awal
 Tampilkan form pertanyaan
  Input pilih
 If
 pilih =”Ya”
  Cari pertanyaan di level berikutnya dalam table
jurusan
  
if
pilih =”ada”
Then
    Cek Id_pertanyaan2=Kesimpulan
    
If
pilih =“id_pertanyaan2=id_kesimpulan” Then
      Tampilkan Kesimpulan
      
if
pilih = “pulang”
then
       
Kembali Ke menu utama
      
Else
 Tampilkan Kesimpulan
     Else Kembali pada baris 8
   Else Cari menurut jawaban dari table arahan dimana
id_pertanyaan  
               = id_kesimpulan
   Tampilkan arahan kemungkinan
   
If
pilih =”pulang” then
     Kembali ke pilihan menu Utama
  
Else
tampil arahan kemungkinan
 if
pilih =”nir” then
 cek level
  
if
 pilih = “level >1” then
    tampilkan pertanyaan pada level sama
     kembali ke baris 8
   Else 
     Tampilkan pertanyaan nir dapat ditentukan
    
If
 pilih = “pulang”
then
       Kembali ke pilihan menu primer 
    
else
       tampilkan pertanyaan nir dapat dipengaruhi
else if
pilih = “pulang”
then
 
kembali ke pilihan menu primer
 else 
kembali ke baris 1
end if

Tampilan LayarAwal

Lihat Gambar:
TampilanAwal yang akan ada bila acara pertama kali dijalankan. Tampilan iniakan otomatis hilang dan diganti jika ketika telah mencapai dua detik.

Tampilan LayarformUtama

Lihat Gambar:
Tampilanmenu primer yang akan muncul jika splashscreen selesai ditampilkan olehaplikasi. Menu primer ini berfungsi buat menampilkan list menu yang terdapat didalamaplikasi sistem ahli mobile ini

Tampilan LayarFormIdentifikasi

Lihat Gambar:
Menuidentifikasi ini berfungsi untuk menampilkan pertanyaan serta lalu diolaholeh aplikasi buat mengetahui nama jenis bunga yang berguna bagi kesehatan.menu identifikasi akan menaruh pilihan jawaban Ya atau Tidak yang akandiolah sang sistem secara online.
Tampilan LayarForm Kesimpulan

Lihat Gambar:
FormKesimpulan ini berfungsi untuk menampilkan namabunga dan khasiatnya berdasarkan bunga tadi.
Tampilan LayarKamus

Lihat Gambar:
Tampilan pilihan menu kamus yg berfungsi buat mencari arti kamus kata.

Tampilan LayarProfil

Lihat Gambar:
Padatampilan profil, user dapat melihat biodata berdasarkan pembuat program sistem pakarseperti: ”Nama”, ”Nim”, ”Email”, ”Twitter” serta ”Fakultas”.
Kesimpulannya

Daripembahasan tentang sistem pakar buat identifikasi bunga yang berguna bagikesehatan, bisa dihasilkan beberapa konklusi sebagai berikut : Diharapkandengan adanya sistem pakar buat mengidentifikasi bunga, dapat membantumemberikan warta ke masyarakat mengenai jenis bunga yg bermanfaat bagikesehatan.
Sistempakar ini berguna pula bagi user yg baru mempunyai usaha dibidang pengobatanherbal, perkebunan buat mengetahui nama bunga yangbermanfaat bagi kesehatan. Sistem ahli inijuga bisa digunakan sang siapa saja yang membutuhkannya, system ini sebagaipanduan apabila ingin menentukan bunga yg bermanfaat bagi kesehatan. Tetapitidak dianjurkan buat dijadikan menjadi penentu diagnosa bunga yang bermanfaatbagi kesehatan mutlak atau konklusi akhir.

Demikiandari apa yg ada dalam jurnal karya IbrahimSoleh yang berjudul “Sistem PakarUntuk Identifikasi Bunga Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Berbasis Mobile”.kurang lebihnya mohon maaf, kurangnya berdasarkan aku lebihnya berasal dari jurnal.saya dan sahabat-teman mengucapkan terima kasih sebanyak-besarnya pada bangIbrahim Soleh buat jurnalnya.

Wassalamu’alaikum..


Download Jurnal Sistem PakarUntuk Identifikasi Bunga Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Berbasis Mobile : Disini

KelompokSoftskill (Komputasi Modern)

1. Muhammad Faris Al Fatih(54411827)
2. Mochamad Fajar Budi Utomo(54411523)
3. Muhammad Fajar R(54411822)
4. Tio Pratama Agung(57411119)
5. Masandi Darajat(54411344

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI