Uji Kompetensi BAB 1 Halaman 35 Buku Paket PKN Kelas 12 Kurikulum 2018

Uji Kompetensi BAB 1 Halaman 35Buku Paket PKN Kelas 12 Kurikulum 2018

Jawablahpertanyaan-pertanyaa di bawah ini secara kentara dan seksama.
  1. Bedakanlah makna hak asasi manusia menggunakan hak rakyat Negara ?
Jawaban : Hak asasi insan bersifat universal, dimilikioleh setiap orang. Sedangkan hak warga negara dibatasi sang kewarganegaraanseseorang, hanya dimiliki oleh rakyat negara dari suatu negara yang bersangkutanatau sebagai kewarganegaraan orang tadi.

  1. Mengapa terjadi pelanggaran HAM?
Jawaban : Pelanggaran HAM terjadi lantaran kurang adanyapemahaman serta pencerahan akan HAM. Dari kurang adanya hal itu, lalu muncullah pelanggaran lantaran kurang menghargai dan menghormati.
Selainitu jua ditimbulkan sang poly faktor, beberapa faktornya merupakan rasa egoisdan rendahnya pencerahan HAM.
Yang bertanggungjawab mengatasi problem tadi merupakan kita semua, bukanhanya Komnas HAM atau pemerintah
Peran kita adalah
1. Menaati aturan, nir melanggar hak asasi orang lain
2. Memahami HAM melalui pembelajaran formal (pada sekolah)
3. Mengingatkan sahabat bila ia melanggar hak asasi orang lain


  1. Uraikanlah agunan terhadap hak asasi insan yang terdapat pada Pancasila.
Jawaban : Hak buat memeluk agama berdasarkan kepercayaanmasing-masing, hak buat diakui atas persamaan derajat sesama insan, hakuntuk membela kebenaran, hak pada hormati sang orang lain, hak buat berpendapat.

  1. Apa yg akan terjadi bila pada proses penegakan hak asasi insan, pancasila nir dijadikan dasar atau landasan?
Jawaban : Jika pancasila tidak dijadikan dasar ataulandasan maka dalam proses penegakan hak asasi manusia tidak akan berjalandengan lancar ( nir akan terdapat penegakan HAM ) lantaran tidak ada dasar ataulandasannya.

  1. Mengapa liberalisme dan sosialisme nir patut dijadikan landasan dalam proses penegakan hak asasi insan pada Indonesia?
Jawaaban : Liberalisme serta sosialisme nir cocoksebagai landasan penegakan hak asasi insan lantaran liberalisme bersifatindividual ( nir memperhatikan hak orang lain ) sedangkan sosialiesmebersifat seluruhnya diatur sang pemerintah. Sehingga tidak ada kebebasanmanusia buat beropini, berkarya, berkembang, serta jaminan keamanan, dll.sementara ittu Indonesia menyemimbangkan antara ke 2 hal tadi.

6.  Sekarang inibegitu acapkali terjadi peristiwa pelanggaran HAM pada warga , sepertipembunuhan, penculikan, penyiksaan serta sebagainya. Mengapa hal tadi dapatterjadi? Siapa yang paling bertanggung jawab buat mengatasi persoalantersebut? Apa kiprah kalian buat merampungkan dilema tadi?

Jawaban : Peristiwa pelanggaran HAM misalnya diatasseringkali terjadi karena adanya kurang pemahaman kemudian menghargai akankepentingan HAM sebagai akibatnya terjadi pelanggaran. Yang bertanggung jawab atas halini merupakan lembaga yg di bentuk oleh pemerintah supaya bisa mengurangipelanggaran HAM. Peran kami buat menyelesaikan problem tersebut adalahdengan turut membantu dan berbagi keterangan tentang HAM agar dapatmengurangi terjadinya pelanggaran HAM pada Indonesia.

Thanks to :




Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI