Uji Kompetensi Guru UKG 2018


UU Nomor 14 Tahun 2018 mengenai Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa profesiguru adalah bidang pekerjaan khusus yg dilaksanakan dari standarkompetensi sesuai bidang tugasnya serta aplikasi pengembangan keprofesianberkelanjutan sepanjang hayat. Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan,keterampilan, dan perilaku yg wajib dimiliki, dihayati, dikuasai, dandiaktualisasikan sang pengajar dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

Dari sisi hak, pada melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berhakmemperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, memperoleh pembinaan danpengembangan profesi dalam bidangnya. Dari sisi kewajiban, pengajar harus memilikikualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani danrohani, dan mempunyai kemampuan buat mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Uji Kompetensi Guru (UKG) bertujuan buat pemetaan kompetensi, menjadi dasarkegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (continuing professionaldevelopment) serta sebagai bagian berdasarkan proses evaluasi kinerja untukmendapatkan citra yg utuh terhadap aplikasi seluruh baku kompetensi.
Semoga, melalui kegiatan Uji Kompetensi Guru ini akan dapat memperkuattekad, semangat, serta usaha keras berdasarkan seluruh pihak buat mewujudkan pendidikanyang bermutu bagi Generasi Indonesia Emas.

//ukg.kemdikbud.go.id/gosip/
 

Gurupeserta UKG dapat melihat data melalui halaman resmi Direktorat Jenderal Guru danTenaga Kependidikan yaitu :
//gtk.kemdibud.go.id. 
//informasi.gtk.kemdikbud.go.id/
//223.27.144.195:8081/info
//223.27.144.195:8082/info
//223.27.144.195:8083/info
//223.27.144.195:8084/info
//223.27.144.195:8085/berita
Data guru yg ditampilkan dalamlaman tersebut merupakan:
a.nuptK/Peg.id
b.nama pengajar
c.status (PNS/Bukan PNS)
d.mata pelajaran/bidang studi yang akan diujikan
e.sekolah tempat tugas (satuan administrasi pangkal)

TujuanUji Kompetensi Guru
Secaraumum aplikasi UKG bertujuan sebagai berikut.
1.memperoleh warta mengenai citra kompetensi guru, khususnya kompetensipedagogik serta profesional sinkron menggunakan baku yang sudah ditetapkan.
2.mendapatkan peta kompetensi guru yg akan sebagai bahan pertimbangan dalammenentukan jenis pendidikan serta pembinaan yang wajib diikuti oleh guru dalamprogram pelatihan dan pengembangan profesi pengajar pada bentuk kegiatanpengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).
3.memperoleh output UKG yang merupakan bagian menurut penilaian kinerja pengajar dan akanmenjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaandan apresiasi kepada guru.

PesertaUji Kompetensi Pengajar
1.persyaratan peserta Uji Kompetensi Pengajar
a.semua pengajar baik yang telah memiliki sertifikat pendidik juga yang belummemiliki sertifikat pendidik.
b.guru PNS dan bukan PNS yang terdaftar di pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
c.memiliki NUPTK atau Peg.id
d.masih aktif mengajar mata pelajaran sinkron menggunakan bidang studi sertifikasidan/atau sesuai menggunakan kualifikasi akademik.

WaktuPelaksanaan Uji Kompetensi Pengajar
1.sistem Online
PelaksanaanUKG online tahun 2018 akan berlangsung antara lepas 9-27 November 2018 secaraserentak pada semua Indonesia. Jadwal aplikasi UKG dipengaruhi bersama olehPPPPTK/LPPKS/ LPPPTK-KPTK, beserta LPMP dan dinas pendidikan kab/kota. Durasipelaksanaan UKG dalam masing-masing kabupaten/kota akan bhineka bergantungpada jumlah Tempat Uji Kompetensi (TUK) serta jumlah peserta dalam masing-masingwilayah. Semakin poly Tempat Uji Kompetensi (TUK) semakin cepat pelaksanaanUKG.

2.sistem Offline
Waktupelaksanaan UKG Offline dilaksanakan serentak pada semua Indonesia selama 1(satu) hari, jadwal aplikasi akan ditentukan lalu diantara tanggalpelaksanaan UKG online atau setelah UKG online terselesaikan. 
Download Pedoman Pelaksanaan UKG 2018  
KISI-KISI UKG 2018 dalam situs //sergur.kemdiknas.go.id/
Ekonomi
Geografi
Ips
Matematika
PAUD
Penjaskes
PKn
Sejarah
SLB
Sekolah Dasar
TIK
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Biologi
Fisika
Seni-budaya
Ipa


Contoh Soal Uji Kompetensi Pengajar(UKG) Online(sumber //ukgonline.org/soal.html)
Database soal telahdiupdate & selalu berganti. Silahkan dicoba lagi
SD/TK
SMP
SMA
SMK

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru