Ujian Nasional Perbaikan UNP Diselenggarakan Bulan Juli Ini Ketentuannya


Ujian Nasional Perbaikan (UNP) tahun 2018 akandiselenggarakan pada bulan Juli menggunakan 2 pilihan jadwal, yaitu padaSelasa-Kamis, 24-26 Juli 2018, atau Jumat-Minggu, 27-29 Juli 2018. UNP hanyaberlaku untuk jenjang SMA/Sekolah Menengah Kejuruan/MA/MAK, serta tidak untuk jenjang Sekolah Menengah pertama/sederajat.peserta UNP adalah peserta UN yg nilai mata pelajaran UNnya belum mencapaistandar kompetensi yg ditetapkan, yakni 55,0.

KepalaBadan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi mengatakan, BSNPtengah mempertimbangkan kemungkinan UNP juga dapat diikuti oleh anak didik yangnilainya sudah mencapai standar, namun permanen ingin memperbaikinya. Hal itudilakukan buat mengakomodasi murid yang ingin memperbaiki nilai UN karena adastandar nilai khusus menurut perguruan tinggi yg ditujunya.


“Misalnyauntuk baku perguruan tinggi seperti Akmil (Akademi Militer)  atau Akpol(Akademi Kepolisian), kita memberikan kesempatan buat siswa melakukanperbaikan berapapun nilainya,” celoteh Bambang usai Taklimat Media mengenai HasilUN Sekolah Menengah Atas/SMK Tahun 2018 pada Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (8/lima/2018).

Bambangmengatakan, setidaknya ada 2 jenis peserta UNP yg asal dari peserta UNtahun 2018, yaitu mereka belum mencapai standar (nilai), dan mereka yg sudahmencapai standar, tetapi memiliki jiwa pembelajar atau ingin belajarsungguh-sungguh, atau lantaran perguruan tinggi yg ditujunya menuntut nilaitertentu. “Akan kita pertimbangkan buat memberi kesempatan (UNP),” katanya.

UNP2018 pula bisa diikuti lulusan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Atas/MA/MAK 2 tahun terakhir, yaknilulusan tahun 2018 serta tahun 2018. UNP hanya diberlakukan buat jenjangSMA/sederajat, dan tidak buat Sekolah Menengah pertama/sederajat. Bambang berkata, pada jenjangSMP tidak terdapat UNP karena terkait menggunakan harus belajar, sehingga UN tidakmenjadi kendala wajib belajar.

“LulusanSMP disiapkan buat lanjut studi, nir buat bekerja. Sedangkan diSMA/sederajat diselenggarakan UNP karena lulusannya disiapkan buat lanjutstudi ke perguruan tinggi atau bekerja yang menuntut kompetensi eksklusif yangdibuktikan dengan capaian hasil UN,” ujar Bambang.

BerdasarkanPOS UN Tahun 2018, UNP tahun ini jua berfungsi menjadi UN Susulan bagi pesertaUN SMA/Sekolah Menengah Kejuruan/sederajat yang belum mengikuti UN pada bulan April 2018 karenaalasan tertentu dan disertai bukti yg sah. Pelaksanaan UNP akan dilakukandengan berbasis komputer (UNBK). Calon peserta UNP bisa mengakses informasitentang UNP dan melakukan registrasi pada laman //unp.kemdikbud.go.id ,yang bisa diakses menjelang registrasi dibuka.

HasilUN Perbaikan dilaporkan pada bentuk Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN).bagi peserta yg memperbaiki nilai, SHUN Perbaikan memuat nilai yg lebihtinggi berdasarkan nilai UN sebelumnya. Kemudian bagi peserta yg tidak lengkap mataujiannya (UN Susulan), SHUN hanya memuat nilai berdasarkan mata pelajaran yangdiikuti. (www.kemdikbud.go.id)

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI