Unsur Spasial Citra Inderaja

Citra inderaja merupakan produk berdasarkan output penginderaan jauh yg berupa foto udara. Untuk mengetahui objek-objek yg masih ada pada foto udara diperlukan analisa tentang karakteristik-karakteristik objek yang muncul pada gambaran tersebut.
Untuk mengetahui objek sebenarnya dalam foto udara keliru satunya diharapkan analisa ciri-karakteristik spasial yang muncul pada citra tadi. Seorang pakar interpretasi citra setidaknya wajib menguasai 8 unsur spasial gambaran inderaja berikut:
1. Rona/warna
Merupakan tingkat kecerahan suatu objek yg terekam sensor. Rona/warna sebuah sungai tentunya akan berbeda menggunakan sebuah pemukiman. Contoh lainnya merupakan rona daerah pesawahan akan cenderung hijau muda sedangkan rona pemukiman akan menunjuk ke rona hitam gelap.
2. Bentuk
Merupakan variabel kualitatif yg memperlihatkan kerangka sebuah objek. Bentuk sebuah stadion sepak bola kan berbeda dengan bentuk sekolah bila ditinjau menurut udara.
3. Ukuran
Ukuran meliputi luas, volume, tinggi, panjang dan satuan jeda lainnya. Ukuran sebuah tempat tinggal biasa akan tidak sama menggunakan gedung hotel. Ukuran lahan pertanian jagung akan lebih sempit tentunya dibanding ukuran daerah hutan hujan.
4. Tekstur
Merupakan taraf kasar/halus sebuah objek. Perbedaan tekstur bisa mencerminkan karakterstik daerah tertentu. Tekstur wilayah padang rumput akan lebih halus apabila dibandingkan dengan tekstur wilayah lereng pegunungan yang cenderung kasar.
5. Pola
Merupakan kesamaan bentuk keruangan yg dihasilkan suatu objek contohnya sungai, huma pertanian serta pola pemukiman. 
6. Bayangan
Merupakan gejala yg ada apabila objek terkena sebuah berkas sinar menurut arah yang berlawanan.
7. Situs
Merupakan kedudukan sebuah objek terhadap objek disekitarnya. Misalnya hutan bakau akan berada pada wilayah dataran pantai.
8. Asosiasi
Merupakan keterkaitan objek satu sama lain yang lebih sempit. Misalnya jika terlihat cerobong asap pada citra maka sanggup disimpulkan itu adalah sebuah pabrik.

Coba kalian interpretasikan foto udara pada bawah berikut ini







Sumber:
BSE GEOGRAFI XII
disini
disini
disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI