Wales Sebuah Wilayah Semenanjung Kecil di Britania Raya

Wales, negara mini ini kini menjadi butir bibir global karena keberhasilannya menembus semifinal Euro 2018 pada keikutsertaanya yg pertamakali. Lantas, Wales itu negara yang misalnya apa sih?. 
Wales adalah galat satu bagian dari Britania Raya atau United Kingdom (UK) dan memiliki budaya yang khas dibanding negara persemakmuran Inggris lainnya. Wales menjadi otonomi dari tahun 1999. Wilayah Wales yaitu industri berat di selatan, pertanian di daerah timur, bukit pertanian utara dan barat, serta daerah bahasa Welsh. Berikut ini profil singkat Wales:

Status: Semi-otonomi dari Britania Raya
Populasi: 2,9 juta (sensus 2018)
Ibukota: Cardiff
Luas: 20.7779 km2
Bahasa: Inggris, Welsh
Agama: Kristen
Mata uang: 1 Poundsterling = 100 pence
Produk: Elektronik, lembaran logam, suku cadang otomotif

Pemerintahan Wales waktu ini mempunyai kekuatan yg lebih besar serta sumber ekonomi mereka adalah industri ringan, pariwisata dan jasa keuangan. Tapi populasi yg sedikit serta infrastruktur transportasi yg buruk menciptakan pembangunan tidak berjalan merata.
Wales memiliki bukti diri yang khas seperti bahasa Welsh serta budayanya dan mendorong terjadinya pemisahan kekuasaan berdasarkan London kepada Majelis Nasional Welsh pada Cardiff dalam 1990an. Namun daerah pedalaman pedesaan Wales masih ditentukan oleh kaum profesional Inggris serta mengancam budaya Wales. 
Wales merupakan semenanjung akbar di Britania Raya bagian barat serta dibatasi oleh sungai akbar serta pegunungan. Kondisi iklim pada Wales hampir sama menggunakan syarat iklim di Inggris yaitu moderat.

Negara ini masih terpencil pada wilayah Britania Raya sampai abad ke 19. Industri manufaktur kemudian berkembang di daerah di selatan serta utara ke timur. Ekspor batubara serta baja memberikan dasar industri akbar di daerah ini. Pada waktu yang sama Wales mengalami kebangkitan pada hal bahasa induk mereka yaitu Welsh yang banyak diajarkan pada sekolah kepercayaan .
Kemunculan kaum buruh yg terorganisir pada akhir abad ke 19 membuat Wales menjadi daerah penting bagi gerakan perkumpulan buruh. Partai Buruh lalu berdiri dan mendominasi kehidupan politik Wales semenjak itu. Wales secara resmi didefinisikan menjadi daerah yang tidak selaras dan memiliki aturan tidak sinkron menurut Inggris dalam 1967.
pada tahun 1962 Komunitas Bahasa Welsh dibentuk buat menanggapi kekhawatiran akan perluasan media berbahasa Inggris dan depopulasi pedesaan.

Nama Wales sebenarnya asal berdasarkan bahasa Saxon tua yg adalah orang asing atau orang luar. Dalam bahasa Perancis, Wales dikenal menjadi Pays de Galle, sebuah nama yang mencerminkan akar Celtic berdasarkan warga Wales serta adanya kaitan sejarah diantara kedua negara.

Wales mempunyai panjang garis pantai lebih kurang 1.300 km mulai berdasarkan pantai berpasir datar pada utara serta selatan hingga pantai tebing terjal di barat. Snowdon merupakan gunung tertinggi (1.085 mdpl) di Wales dan ke 2 pada Britania Raya. Wales mempunyai tiga Taman Nasional yaitu Brecon Beacons National Park, the Snowdonia National Park, and the Pembrokeshire Coast National Park. 

Iklim di Wales masuk kategori sedang dengan Mei hingga Agustus umumnya sebagai bulan terpanas. Karena dekat menggunakan arus teluk menciptakan negara Gareth Bale ini sebagai negara yang permanen hangat daripada negara lain pada lintang yg sama. Wales mendapat homogen-rata 4,12 jam sinar matahari per hari menggunakan curah hujan 1.140 mm per tahun.

Ketika bangsa Celtic menetap di Wales sekitar 600 SM, mereka membawa bahasa dan budaya mereka. Welsh merupakan galat satu menurut 6 bahasa Celtic yang masih bertahan di global sampai waktu ini.

Dalam sejarahnya, Welsh selalu berada pada bawah permerintahan Inggris sampai pemilu pertama buat menciptakan Majelis Nasional Wales diadakan di tahun 1999. 60 anggota terpilih sebagai Majelis Pemerintahan Wales serta bertemu pada Cardiff buat menciptakan Undang-Undang negara.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI