Wilayah dan Pewilayahan Kaitannya Dengan Pembangunan

Konsep daerah dan pewilayahan sangat
penting pada geografi buat mengkaji kondisi keruangan suatu daerah sehingga pembangunan dapat berjalan lancar. Wilayah serta pewilayahan mempunyai arti tidak sinkron. 

a. Pengertian Wilayah
Wilayah adalah bagian dari permukaan bumi yang memiliki ciri eksklusif serta dapat dibedakan menggunakan wilayah lain. Secara subjektif, wilayah merupakan output pemikiran manusia. Secara objektif, wilayah bersifat nyata dan terlihat mata tanpa memasak pikiran. Wilayah terbagi menjadi daerah formal dan fungsional.

Wilayah formal dicirikan menggunakan adanya atribut menurut suatu yang melekat pada insan dan alam secara generik model budaya, iklim, mata pencaharian atau bentuk lahan. Contoh daerah formal merupakan daerah pertanian, wilayah gurun, daerah tropis dll. Wilayah fungsional didasarkan aras konsep heterogentitas dna lebih bergerak maju dibanding daerah formal. Wilayah fungsional lebih menekankan pada aspek penggunaan atau perkembangan suatu daerah. Dalam daerah fungsional terjadi interaksi antara batas wilayah yang intens.

b. Pengertian Pewilayahan
Pewilayahan atau regionalisasi aalah proses penentuan suatu daerah dari kriteria kualitas serta kuantitas kombinasi beberapa daerah. Pewilayahan jua terdiri berdasarkan pewilayah formal serta fungsional. Pewilayahan formal dapat dipengaruhi dari batas-batas pada permukaan bumi buat tujuan tertentu berdasarkan kriteria administrasi, fisik, sosial, ekonomi serta lainnya. Tujuan pewilayahan formal adalah mengelompokkan unit-unit lokal yg memiliki keseragaman ciri eksklusif. Pewilayahan fungsional ditentukan dari hubungan titik-titik pertumbuhan pada suatu wilayah dengan sentra pertumbuhan. Pewilayahan fungsional lebih memfokuskan dalam hubungannya menggunakan wilayah sentra pertumbuhan

c. Tujuan Pewilayahan
Pewilayahan pada Indoneisa memiliki tujuan menjadi berikut:
a. Memetakan potensi pembanguan pada tiap daerah
b. Memeratakan pembangunan sesuai dengan potensinya
c. Membuat zonasi rapikan ruang tertentu 
d. Menyusun rencana kerja dan aturan pembangunan wilayah

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI