WilayahWilayah Air dalam Tanah

Air tentu sanggup kita temukan dimana-mana, namun tahukah kamu bahwa ada banyak jenis-jenis wilayah air dalam tanah itu?. Apabila kamu punya sumur pada rumah, itu adalah keliru satu jenis air tanah saja. Ada poly lagi tipe air tanah di bumi ini. Berikut ulasannya:

1) Wilayah yg masih terpengaruh udara
Di bawah bagian atas bumi, terdapat akar menurut tanam-tumbuhan, terdapat lapisan tanah yg mengandung air, yang bi-asanya dimanfaatkan oleh tanaman . Jika zona ini jenuh oleh air, dikatakan tanah itu telah jenuh air atau sudah hingga dalam field capacity. Sedangkan akan berkiprah turun karena gaya berat dan sebagian ditahan oleh tanah.  Wilayah jenuh air  Wilayah ini adalah wilayah kedalaman sumur maksudnya, jika kita menggali sumur akan masih ada air yg meng-genang. Kedalaman daerah ini ber-gantungpada topografi dan jenis tanah.

2) Wilayah jenuh air
Wilayah ini merupakan daerah kedalaman sumur maksudnya, bila kita menggali sumur akan masih ada air yg meng-genang. Kedalaman daerah ini ber-gantungpada topografi dan jenis tanah.

3) Wilayah kapiler  
Di antara wilayah jenuh air dan wilayah yang masih teipengaruh udara, terdapat wilayah peralihan, di mana air terdapai lantaran kapiler.  

4) Wilayah aliran dalam batuan  
Wilayah ini berisi air yang memang masih ada dalam batu-batuan.

Menurut Letaknya Wilayah-Wiayah Air pada Tanah

Menurut letaknya air tanah dibedakan sebagai berikut.  
1) Air tanah dangkal (preatisj merupakan air tanah yang terdapat di atas lapisan yang tidak tembus air (impermeable), .letaknya dekat bagian atas-bumi.  
2) Air tanah artesis (air tanah dalam) merupakan air tanah yang masih ada pada lapisan tembus air, yg terletak pada antara 2 lapisan batuan yang tembus air. 

Sumber Artesis 

Air artesis masih ada pada lapisan sinklin serta bagian-bagian yang lebih dalam menurut lapisan-lapisan itu. Lapisan yang mengandung air pada pada sinklin serta lapisan-lapisan lain yang mengandung air itu hams terletak pada antara lapisan yang kedap air (impermeable).  Ada 2 macam timbulnya sumur artesis, yaitu secara alamiah serta pengeboran.  
1)    Secara alamiah  Apabila sumur artesis terletak relatif tinggi, maka air akan memancar menggunakan sendirinya karena tekanan hidrolik.  
2)    Secara pengeboran  Apabila letaknya cukup jauh di bawah bagian atas bumi, sumur artesis harus dibor agar air memancar ke bagian atas bumi.  
 

Sungai 

Pengertian sungai merupakan bagian menurut bagian atas bumi yang lantaran sifatnya, sebagai tempat air mengalir.  Beberapa kata yang berkaitan menggunakan sungai, antara lain menjadi berikut:

1. Alur sungai merupakan bagian muka bumi yang selalu berisi air mengalir.  

2. Daerah genre sungai (DAS) adalah-bagian berdasarkan muka bumi yang aimya mengalir ke dalam sungai yg bersang-kutan apabila jatuh hujan. Istilah asing pada daerah genre sungai biasa diklaim menggunakan drainage area atau river basin.  

3 .hilir sungai adalah bagian alur sungai yang terdekat menggunakan muara sungai.  

4. Hulu sungai merupakan bagian alur sungai yang terdekat dengan titik tertinggi berdasarkan alur sungai.  

5. Infiltrasi merupakan air berdasarkan bagian atas bumi masuk ke pada tan ah (perembesan air ke pada tanah).  

6. Mata air adalah titik loka air tanah keluar sebagai genre permukaan.  

7. Muara sungai adalah titik tempat air sungai mengalir ke laut, danau, atau sungai lain.

8. Perkolasi adalah genre air di pada tanah serta lapisan-lapisan tanah yg lebih tinggi ke lapisan tanah yang lebih rendah.  

9. Pinggir basah alur adalah bagian berdasarkan pinggiran alur sungai pada bawah bagian atas air.  

10. Pinggir kemarau alur adalah bagian dari pinggir alur sungai pada atas permukaan air.

Demikian artikel mengenai Wilayah-Wiayah Air pada Tanah. Semoga berguna.
Gambar: disini, disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI